PENGEMBANGAN MEDIA MENGGUNAKAN GOOGLE SITES DALAM KURSUS DESIGN THINKING
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan (1) untuk mengetahui kevalidan, (2) kepraktisan media pembelajaran google sites pada mata kuliah Design Thinking semester IV Prodi Bisnis Digital. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada model pengembangan 4D. Subjek penelitian ini satu orang ahli media, satu orang ahli materi, dosen mata kuliah, dan tiga puluh dua mahasiswa. Model pengembangan 4D, yang memiliki empat tahapan, diantaranya: Define (pendefinisian) terdiri dari analisis awal atau analisis kebutuhan, mahasiswa, dan konsep; Design (perancangan) terdiri dari pengumpulan data, desain media pembelajaran, desain instrumen penelitian; Develop (pengembangan) yang meliputi langkah pembuatan media pembelajaran google sites, penilaian ahli validator, uji coba pengembangan, dan revisi produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif; Disseminate (penyebaran) meliputi penyebaran media. Hasil penilaian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran google sites dinilai valid dilihat dari hasil validasi ahli materi pada aspek pembelajaran mendapatkan nilai rata rata 4,5 dapat dikategorikan sangat valid dan pada aspek isi dari 10 indikator, mendapatkan rata-rata 4,6 yang di kategorikan sangat valid sedangkan hasil validasi ahli media pada aspek tampilan mendapatkan hasil rata-rata 4,5 dari 9 indikator dikategorikan sangat valid dan pada aspek pemrograman dari 11 indikator penilaian, mendapatkan rata-rata hasil penilaian ahli materi 4,4 di kategorikan sangat valid. Hasil tersebut diperoleh dari dua validasi ahli yaitu ahli materi dan ahli media.
ABSTRACT
This research is a development research that aims (1) to determine the validity, (2) practicality of google sites learning media in the Design Thinking course in the fourth semester of the Digital Business Study Program. This research is a development research (Research and Development) with reference to the 4D development model. The subjects of this study were one media expert, one material expert, course lecturer, and thirty-two students. The 4D development model, which has four stages, including: Define consists of initial analysis or analysis of needs, students, and concepts; Design consists of data collection, learning media design, research instrument design; Develop which includes steps to create Google Sites learning media, validator expert assessment, development trials, and product revisions. The data collection techniques used are observation, interviews, questionnaires then analyzed descriptively quantitatively; Disseminate (dissemination) includes the dissemination of media. The assessment results show that the development of Google Sites learning media is considered valid judging from the results of material expert validation on the learning aspect getting an average value of 4.5 can be categorized as very valid and in the content aspect of 10 indicators, getting an average of 4.6 which is categorized as very valid while the results of media expert validation on the display aspect get an average result of 4.5 out of 9 indicators categorized as very valid and on the programming aspect of 11 indicators The assessment, getting an average of 4.4 material expert assessment results is categorized as very valid. The results were obtained from two expert validations, namely material experts and media experts.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Lisensi Jurnal JUKANTI
JUKANTI berkomitmen untuk mempromosikan akses terbuka dan distribusi bebas pengetahuan. Kami menerapkan model lisensi berikut untuk memastikan penggunaan yang adil dan etis dari materi yang diterbitkan.
Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)
Semua artikel yang diterbitkan oleh JUKANTI dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan pengguna untuk:
- Menyalin dan Mendistribusikan: Pengguna bebas menyalin, mendistribusikan, dan menampilkan karya asli, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat kepada penulis dan sumber.
- Mengadaptasi: Pengguna dapat mengubah, mengubah, dan membangun karya asli, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat dan menunjukkan jika perubahan telah dilakukan.
- Penggunaan Komersial: Pengguna dapat menggunakan karya untuk tujuan komersial, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat.
Kewajiban Penulis
Penulis yang menerbitkan artikelnya dengan JUKANTI setuju untuk:
- Menjamin bahwa karya adalah asli dan bebas dari pelanggaran hak cipta.
- Memberikan izin kepada JUKANTI untuk menerbitkan karya di bawah lisensi CC BY 4.0.
- Menyimpan hak cipta asli atas karya mereka, dengan lisensi publikasi yang diberikan kepada JUKANTI.
Kepatuhan dengan DOAJ
JUKANTI berkomitmen untuk mematuhi pedoman dan standar yang ditetapkan oleh Directory of Open Access Journals (DOAJ). Kami berusaha untuk memastikan integritas, transparansi, dan kualitas tinggi dalam semua publikasi kami.
Untuk pertanyaan atau klarifikasi lebih lanjut mengenai lisensi ini, silakan hubungi Editor Jukanti di jukanti.ejournalcbn@gmail.com.
Referensi
UUD RI, “UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL,” Sist. Pendidik. Nas., vol. 8, pp. 26–49, 2003.
H. H. Akbulut, “PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 17 TAHUN 2010 TENTANG PENGELOLAAN DAN PENYELENGGARAN PENDIDIKAN,” Το Βημα Του Ασκληπιου, vol. 9, no. 1, pp. 76–99, 2010.
BSNP, “Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI,” Paradig. Pendidik. Nas. Abad XXI, pp. 1–59, 2010.
“UUD RI No. 14 Tahun 2005,” Tentang Guru dan Dosen.
Amalia Yunia Rahmawati, Inovasi Pembelajarajan Berbasis Digital Abad 21, no. July. Yayasan Kita Menulis, 2020.
N, Zulkifli, MONOGRAF KONSEP DAN PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN KOMPUTER GRAFIS, 1st ed., . 1st ed., Purbalingga: EUREKA MEDIA AKSARA, 2022.
B. Abiyoga and R. Rahmiati, “Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Perawatan Wajah, Badan (Body Massage) dan Waxing di SMK,” J. Edutech Undiksha, vol. 9, no. 2, p. 284, 2021, doi: 10.23887/jeu.v9i2.41038.
H.MUTADI, GOOGLE SITES. 2021.
B. Lund, “The fourth industrial revolution,” Inf. Technol. Libr., vol. 40, no. 1, 2021, doi: 10.6017/ITAL.V40I1.13193.
T. Legiowati, N. C. P, I. A. I. Al, and Q. Jember, “PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO YOUTUBE UNTUK KELAS I SD / MI,” pp. 148–158.
N. Ayu Annisa, I. Rusdiyani, and L. Nulhakim, “Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Melalui Aplikasi Game Edukasi Berbasis Android,” Akademika, vol. 11, no. 01, pp. 201–213, 2022, doi: 10.34005/akademika.v11i01.1939.
W. C. Setyawan, Sulthoni, and S. Ulfa, “Pengembangan Multimedia Game Edukasi Ipa Lapisan Bumi Untuk Mts,” Jktp J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 2, no. 1, pp. 30–36, 2019, [Online]. Available: http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/index
V.A.R.Barao, R.C.Coata, J.A.Shibli, M.Bertolini, and J.G.S.Souza, “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI SMART APPS CREATOR (SAC) DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII DI SMPN 1 SUNGGUMINASA KAB. GOWA,” Braz Dent J., vol. 33, no. 1, pp. 1–12, 2022.
I. Kristanto and D. S. N. Afifah, “SIJAMET (Sijago Matematika): Media Pembelajaran Berbasis Google Sites pada Materi Peluang,” JKPM (Jurnal Kaji. Pendidik. Mat., vol. 8, no. 1, p. 63, 2022, doi: 10.30998/jkpm.v8i1.14076.
I. M. T. Irwan. F, I W. Santyasa, “Pengembangan multimedia interaktif berbasis,” vol. 4, 2014.
D. Brigenta, J. Handhika, and M. Sasono, “SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA III 2017 Pengembangan modul berbasis discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep,” Proc. SNPF (Seminar ..., pp. 167–173, 2017, [Online]. Available: http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/snpf/article/view/1671
A. Triana, “Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis Contextual Learning Kelas IV SD/MI,” Skripsi, p. 1, 2020.
A. D. Fitria, M. K. Mustami, and A. U. Taufiq, “Pengembangan Media Gambar Berbasis Potensi Lokal Pada Pembelajaran Materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X di SMA 1 Pitu Riase Kab. Sidrap,” Jllurnal Pendidik. Dasar Islam, vol. 4, no. 2, pp. 14–28, 2017, [Online]. Available: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/download/5176/4669