PENERAPAN METODE HEURISTIC EVALUATION UNTUK EVALUASI USER INTERFACE APLIKASI LAZADA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan riset adalah menerapkan metode heuristic evaluation pada evaluasi user interface aplikasi Lazada. Metode heuristic evaluation diterapkan karena dapat menghasilkan umpan balik dari desain perangkat lunak lebih akurat, cepat dan murah, sehingga masalah desain menjadi lebih cepat ditangani. User interface juga perlu dievaluasi secara berkala, karena user interface yang rumit membuat pengguna tidak puas dan tidak menggunakan aplikasi. Ada 10 penerapan prinsip heuristic yang dinilai dalam aplikasi Lazada. Total sampel adalah 100 orang pengguna Lazada. Hasil riset menemukan bahwa prinsip visibility of system status mendapatkan 1,21, prinsip match between system and the real world mendapatkan 1,11, prinsip user control and freedom mendapatkan 1,27, prinsip consistency and standards mendapatkan 1,19, prinsip error prevention mendapatkan 1,20, prinsip recognition rather than recall mendapatkan 1,37, prinsip flexibility and efficiency of use mendapatkan 1,37, prinsip aesthetic and minimalist design mendapatkan 1,33, prinsip help users recognize, diagnose, and recover from errors mendapatkan 1,30, prinsip help and documentation 1,12. Jadi, 10 prinsip heuristic dari user interface Lazada berada di kelas 1, yaitu cosmetic problem. Ini artinya, menurut pengguna tidak terdapat adanya masalah yang serius pada user interface Lazada saat digunakan. Namun demikian, pihak manajemen perlu terus melakukan upaya perbaikan terhadap aplikasi secara berkala.
ABSTRACT
The research objective is to apply the heuristic evaluation method to evaluate the user interface of the Lazada application. The heuristic evaluation method is used because it can produce feedback from software design more accurately, quickly, and cheaply so that design problems can be handled more quickly. The user interface also needs to be evaluated regularly because a complicated user interface makes users dissatisfied and unable to use the application. There are ten applications of heuristic principles assessed in the Lazada application. The total sample is 100 Lazada users. The research results found that the principle of visibility of system status got 1.21, the principle of match between system and the real world got 1.11, the principle of user control and freedom got 1.27, the principle of consistency and standards got 1.19, the principle of error prevention got 1.20, the principle of recognition rather than recall gets 1.37, the principle of flexibility and efficiency of use gets 1.37, the principle of aesthetic and minimalist design gets 1.33, the principle of helping users recognize, diagnose, and recover from errors gets 1.30, help and documentation principle 1.12. So, the ten heuristic principles of the Lazada user interface are in class 1, namely cosmetic problems. According to users, it means there are no severe problems with the Lazada user interface. However, management needs to continue to make efforts to improve the application periodically.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Lisensi Jurnal JUKANTI
JUKANTI berkomitmen untuk mempromosikan akses terbuka dan distribusi bebas pengetahuan. Kami menerapkan model lisensi berikut untuk memastikan penggunaan yang adil dan etis dari materi yang diterbitkan.
Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)
Semua artikel yang diterbitkan oleh JUKANTI dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan pengguna untuk:
- Menyalin dan Mendistribusikan: Pengguna bebas menyalin, mendistribusikan, dan menampilkan karya asli, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat kepada penulis dan sumber.
- Mengadaptasi: Pengguna dapat mengubah, mengubah, dan membangun karya asli, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat dan menunjukkan jika perubahan telah dilakukan.
- Penggunaan Komersial: Pengguna dapat menggunakan karya untuk tujuan komersial, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat.
Kewajiban Penulis
Penulis yang menerbitkan artikelnya dengan JUKANTI setuju untuk:
- Menjamin bahwa karya adalah asli dan bebas dari pelanggaran hak cipta.
- Memberikan izin kepada JUKANTI untuk menerbitkan karya di bawah lisensi CC BY 4.0.
- Menyimpan hak cipta asli atas karya mereka, dengan lisensi publikasi yang diberikan kepada JUKANTI.
Kepatuhan dengan DOAJ
JUKANTI berkomitmen untuk mematuhi pedoman dan standar yang ditetapkan oleh Directory of Open Access Journals (DOAJ). Kami berusaha untuk memastikan integritas, transparansi, dan kualitas tinggi dalam semua publikasi kami.
Untuk pertanyaan atau klarifikasi lebih lanjut mengenai lisensi ini, silakan hubungi Editor Jukanti di jukanti.ejournalcbn@gmail.com.
Referensi
R. Hanny, A. Syah, and D. Novita, “Analisis Penggunaan E-Commerce terhadap Peningkatan Pendapatan UMKM Kuliner Kecamatan Sawangan, Depok,” Excellent, vol. 7, no. 1, pp. 56–68, 2020, doi: 10.36587/exc.v7i1.626.
P. Rahayu and S. Rangkuti, “Analisis Manajemen Risiko Penggunaan Aplikasi E-Commerce dalam Transaksi Penjualan CV. Roti Aroma Bakery dan Cake Shop Medan,” Bisnis-Net J. Ekon. dan Bisnis, vol. 5, no. 1, pp. 55–68, 2022, doi: https://doi.org/10.46576/bn.v5i1.2155.
U. B. Hairudin and M. S. Alie, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung,” J. Ekon., vol. 22, no. 1, pp. 101–118, 2020.
A. Hidayat, “5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal 1 2023,” databoks.katadata.co.id, 2023.
C. M. Annur, “Survei: Shopee Jadi Platform E-commerce yang Paling Banyak Digunakan Saat Harbolnas,” databoks.katadata.co.id, 2022.
B. R. Da Silva, M. Mangantar, and M. V. . Tielung, “Pengaruh Kualitas Produk, Potongan Harga dan User Interface Terhadap Kepuasan Pelanggan Marketplace Lazada Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsrat,” J. EMBA, vol. 10, no. 4, pp. 1653–1662, 2022.
D. Ariska and S. Nurlela, “Analisis dan Perancangan UI/UX Aplikasi Lazada menggunakan Metode Design Thinking,” J. Infortech, vol. 4, no. 2, pp. 86–91, 2022.
A. Oktafina, F. Arifatul Jannah, M. Fahrur Rizky, M. Verrel Ferly, Y. Dharma Tangtobing, and S. Rahayu Natasia, “Evaluasi Usability Website Menggunakan Metode Heuristic Evaluation Studi Kasus: (Website Dinas Pekerjaan Umum Kota Xyz),” Antivirus J. Ilm. Tek. Inform., vol. 15, no. 2, pp. 134–146, 2021, doi: 10.35457/antivirus.v15i2.1553.
R. Harrison, D. Flood, and D. Duce, “Usability of mobile applications: literature review and rationale for a new usability model,” J. Interact. Sci., vol. 1, no. 1, p. 1, 2013, doi: 10.1186/2194-0827-1-1.
M. Subhan and A. D. Indriyanti, “Penggunaan Metode Heuristic Evaluation sebagai Analisis Evaluasi User Interface dan User Experience pada Aplikasi BCA Mobile,” J. Emerg. Inf. …, vol. 02, no. 03, pp. 30–37, 2021.
I. Septianie and M. T. Wiyata, “Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan Terhadap Niat Pembelian Secara Online pada Platform E-Commerce Lazada Indonesia,” Winter J. Imwi Student Res. J., vol. 1, no. 1, pp. 73–83, 2020, doi: 10.52851/wt.v1i1.8.
H. Mayasari, “Pengaruh Perceived Risk dan Customer Experience terhadap Purchase Intention pada Apliksi Lazada Di Kota Padang,” J. Manaj. dan Kewirausahaan, vol. 12, no. 3, pp. 1–13, 2021.
T. N. Halomoan and N. Jamiat, “Pengaruh E-Service Quality terhadap Kepuasan Pengguna E-Commerce Lazada di Kota Bandung,” e-Proceeding Manag., vol. 9, no. 1, pp. 18–23, 2022.
A. Fergina et al., “Menganalisis User Interface pada Aplikasi Ecommerce Lazada Menggunakan Metode Heuristic,” in SENTIMETER (Seminar Nasional Teknologi Informasi, Mekatronika dan Ilmu Komputer), 2023, vol. 1, pp. 1–18.
J. Nielsen and R. Molich, “Heuristic Evaluation of UserInterfaces,” in Conference on Human Factors in Computing Systems - Proceedings, 1990, no. April, pp. 249–256. doi: 10.1145/97243.97281.
J. Nielsen, “How to Conduct a Heuristic Evaluation,” Useitcom, pp. 1–11, 2002.
C. B. Romansya, H. M. Az-Zahra, and R. I. Rokhmawati, “Evaluasi User Experience Aplikasi Perangkat Bergerak Ruang Guru dengan Metode Heuristic Evaluation,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. e-ISSN, vol. 2548, no. 9, p. 964X, 2019.
E. P. B. Pangaribuan, K. P. Utomo, I. Mas’ud, and D. B. Tandirau, “Analisis User Interface pada Situs Web Dinas Ketenagakerjaan Kota XYZ dengan Metode Heuristic Evaluation,” SPECTA J. Technol., vol. 4, no. 2, pp. 63–74, 2020, doi: 10.35718/specta.v4i2.213.
R. Auliya, S. R. Natasia, I. W. Nur Rachma, M. I. Ma’arif, M. Faizah, and M. F. Ibnu Azmi, “Analisis User Interface Terhadap Website Badan Pusat Statistik Kota Balikpapan dengan menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” J. Softw. Eng. Inf. Commun. Technol., vol. 2, no. 1, pp. 1–16, 2022, doi: 10.17509/seict.v2i1.34214.
Y. M. Geasela, P.- Ranting, and J. F. Andry, “Analisis User Interface terhadap Website Berbasis E-Learning dengan Metode Heuristic Evaluation,” J. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 270–277, 2018, doi: 10.31311/ji.v5i2.3741.
M. Dandi and A. Linda, “Analisis User Interface Dengan menggunakan Metode Heuristic Evaluation terhadap Academic Management System Poltekkes Kemenkes Palembang,” J. Mantik, vol. 6, no. 3, pp. 3216–3225, 2022.
R. F. A. Aziza, “Analisa Usability Desain User Interface pada Website Tokopedia menggunakan Metode Heuristics Evaluation,” J. Tekno Kompak, vol. 13, no. 1, pp. 7–11, 2019, doi: 10.33365/jtk.v13i1.265.
T. M. Girdayanto, J. F. Andry, I. I. Limawal, F. Debby, and J. Jubiko, “Analisis User Interface Pada Website Bukalapak Dengan Metode Heuristic,” Narada J. Desain dan Seni, vol. 9, no. 1, pp. 37–52, 2022, doi: 10.22441/narada.2022.v9.i1.003.
S. Auliaddina, A. A. Puteri, and I. F. Anshori, “Perbandingan Analisa Usability Desain User Interface pada Website Shopee dan Bukalapak menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” Technol. J. Ilm., vol. 12, no. 3, pp. 188–192, 2021, doi: 10.31602/tji.v12i3.5183.
D. T. Kumoro and U. Hasanah, “Tinjauan Desain Interface Website E-Commerce Wisata Mototravel.id menggunakan Evaluasi Heuristik,” JTIM J. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 2, no. 1, pp. 43–49, 2020, doi: 10.35746/jtim.v2i1.84.
O. Agustiranda and M. F. A. Nasrullah, “Analisis Usability dengan Metode Heuristic Evaluation pada Web IFBT People Dashboard,” J. Appl. Multimed. Netw., vol. 6, no. 1, pp. 71–78, 2022, doi: 10.30871/jamn.v6i1.4066.