EVALUASI USABILITY PADA LEARNING MANAGEMENT SYSTEM PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pada era digital, penggunaan teknologi dalam pendidikan menjadi keharusan, seperti Learning Management System (LMS). Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menerapkan program Flexible Learning (FLEARN) untuk memfasilitasi pembelajaran. Penelitian ini mengevaluasi kegunaan (usability) LMS menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ). Kuesioner UEQ dengan 26 atribut dan skala penilaian 7 poin disebarkan melalui Google Form kepada mahasiswa UKSW. Data dianalisis menggunakan koefisien Cronbach Alpha dan interpretasi hasil setiap atribut. Hasil penelitian bahwa nilai rata-rata dari enam skala UEQ: daya tarik (1.442), kejelasan (1.722), efisiensi (1.838), ketepatan (1.314), stimulasi (1.209), dan kebaruan (0.856). Skala efisiensi memiliki nilai tertinggi, menunjukkan FLEARN UKSW efisien dalam pembelajaran, sedangkan kebaruan memiliki nilai terendah, menunjukkan kurangnya inovasi. Hanya skala efisiensi yang dikategorikan baik (good), sementara skala lainnya di atas rata-rata (above average), sehingga usability FLEARN UKSW baik, namun perbaikan diperlukan pada navigasi, kualitas visual, dan keterbacaan teks LMS. Hasil penelitian diharapkan menjadi referensi bagi pengembangan FLEARN UKSW ke depannya.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Lisensi Jurnal JUKANTI
JUKANTI berkomitmen untuk mempromosikan akses terbuka dan distribusi bebas pengetahuan. Kami menerapkan model lisensi berikut untuk memastikan penggunaan yang adil dan etis dari materi yang diterbitkan.
Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)
Semua artikel yang diterbitkan oleh JUKANTI dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan pengguna untuk:
- Menyalin dan Mendistribusikan: Pengguna bebas menyalin, mendistribusikan, dan menampilkan karya asli, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat kepada penulis dan sumber.
- Mengadaptasi: Pengguna dapat mengubah, mengubah, dan membangun karya asli, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat dan menunjukkan jika perubahan telah dilakukan.
- Penggunaan Komersial: Pengguna dapat menggunakan karya untuk tujuan komersial, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat.
Kewajiban Penulis
Penulis yang menerbitkan artikelnya dengan JUKANTI setuju untuk:
- Menjamin bahwa karya adalah asli dan bebas dari pelanggaran hak cipta.
- Memberikan izin kepada JUKANTI untuk menerbitkan karya di bawah lisensi CC BY 4.0.
- Menyimpan hak cipta asli atas karya mereka, dengan lisensi publikasi yang diberikan kepada JUKANTI.
Kepatuhan dengan DOAJ
JUKANTI berkomitmen untuk mematuhi pedoman dan standar yang ditetapkan oleh Directory of Open Access Journals (DOAJ). Kami berusaha untuk memastikan integritas, transparansi, dan kualitas tinggi dalam semua publikasi kami.
Untuk pertanyaan atau klarifikasi lebih lanjut mengenai lisensi ini, silakan hubungi Editor Jukanti di jukanti.ejournalcbn@gmail.com.
Referensi
A. F. UKSW, “Web FLEARN UKSW.” [Online]. Available: https://flearn.uksw.edu/
I. Salamah, L. Lindawati, M. Fadhli, and R. Kusumanto, “Evaluasi Pengukuran Website Learning Management System Polsri Dengan Metode Webqual 4.0,” Jurnal Digit, vol. 10, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.51920/jd.v10i1.151.
S. Y. R. Marpaung and N. Nuraeni, “Evaluasi User Experience Website E-Learning My-Elnusa Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” Swabumi, vol. 11, no. 1, pp. 78–84, 2023, doi: 10.31294/swabumi.v11i1.15354.
P. J. Pali’pangan and M. A. I. Pakereng, “Analysis of User Satisfaction Level In F-LEARN Using The EUCS Method,” METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, vol. 7, no. 2, 2023, doi: 10.46880/jmika.Vol7No2.pp290-294.
A. Hinderks, M. Schrepp, and J. Thomaschewski, “A benchmark for the short version of the user experience questionnaire,” WEBIST 2018 - Proceedings of the 14th International Conference on Web Information Systems and Technologies, no. Webist, pp. 373–377, 2018, doi: 10.5220/0007188303730377.
T. Parhusip, “Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi,” Penerapan Visual Novel Dari Cerita Rakyat Asal Usul Kota Pontianak, vol. 1, no. 2, pp. 1–5, 2024.
E. Kurniawati and C. Indah Ratnasari, “Pengujian Pengalaman Pengguna (User Experience) Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ): Studi Kasus Pada Website Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia,” Journal Portal - Universitas Islam Indonesia, vol. 4, pp. 63–72, 2023.
S. Putro, K. Kusrini, and M. P. Kurniawan, “Penerapan Metode UEQ dan Cooperative Evaluation untuk Mengevaluasi User Experience Lapor Bantul,” Creative Information Technology Journal, vol. 6, no. 1, p. 27, 2020, doi: 10.24076/citec.2019v6i1.242.
F. Heri Surya Ramadhani, “Analisa Website Sistem Akademik Institut Bisnis Dan Teknologi Menggunakan Metode Ueq ( User Experience Questionnaire ),” Jurnal Satya Informatika, vol. 8, no. 01, pp. 95–103, 2023, doi: 10.59134/jsk.v8i01.243.
D. Ulhaq, A. P. A. Masa, and H. J. Setyadi, “Analisis Perbandingan User Experience Aplikasi E-Commerce Shopee Dan Tokopedia Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ),” Adopsi Teknologi dan Sistem Informasi (ATASI), vol. 3, no. 1, pp. 37–44, 2024, doi: 10.30872/atasi.v3i1.1183.
M. A. Maricar, D. Pramana, and D. R. Putri, “Evaluasi Penggunaan SLiMS pada E-Library dengan Menggunakan User Experience Question (EUQ),” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 8, no. 2, p. 319, 2021, doi: 10.25126/jtiik.2021824443.
Darsanto and M. Kaiman Maulidani, “Analisis User Experience Aplikasi Regsosek Pada Badan Pusat Statistik Indramayu Menggunakan Metode User Experience Questionnaire,” Nuansa Informatika, vol. 17, no. 2, pp. 1–9, 2023, doi: 10.25134/ilkom.v17i2.8.
A. AlHafiidh and N. R. Oktadini, “Analisis User Experience (UX) Pada Aplikasi Game Clash Of Clans Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ),” INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information System, vol. 8, no. 2, p. 219, 2023, doi: 10.51211/isbi.v8i2.2694.
S. raishah Adilah, “Evaluasi User Experience Pada Aplikasi Android Honda E-Care Menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ),” vol. Vol 3, no. 4, pp. 323–331, 2022.
Luthfi Muhammad, “Perancangan User Interface Dan User Experience Aplikasi Mobile E-Letter Menggunakan Metode Goal-Directed Design,” 2023.
B. Laugwitz, T. Held, and M. Schrepp, “Construction and evaluation of a user experience questionnaire,” Lecture Notes in Computer Science (including subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), vol. 5298 LNCS, pp. 63–76, 2008, doi: 10.1007/978-3-540-89350-9_6.
M. Schrepp, A. Hinderks, and J. Thomaschewski, “Design and Evaluation of a Short Version of the User Experience Questionnaire (UEQ-S),” International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, vol. 4, no. 6, p. 103, 2017, doi: 10.9781/ijimai.2017.09.001.