HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT TERHADAP PEMANFAATAN MOBILE JKN DI DESA TUMPANG KABUPATEN MALANG
Isi Artikel Utama
Abstrak
The number of Indonesians who have registered as JKN actors is241.79 million people and of this number only4.15 have downloaded the Mobile JKN operation on their cell phones. Grounded on the results of a primary check of experimenters in Tumpang Village, Malang Regency,29.79 of the people didn't know about the Mobile JKN operation. Purpose to determine the relationship between the position of public knowledge and the application of the Mobile JKN operation in Tumpang Village, Malang Regency. styles this study uses quantitative logical styles. The object of this study were 100 repliers from National Health Insurance actors who live in Tumpang Village, Malang Regency. Data collection ways by filling out questionnaires and observation wastes. Results this study shows that there's a relation between the position of public knowledge and the use of the Mobile JKN operation in Tumpang Village, Malang Regency with the results( P- Value0.026), the position of knowledge of the people of Tumpang Village regarding the Mobile JKN operation 88% have good knowledge, and the chance of people who use 61% operation has not employed. Conclusion there's a relationship between the position of knowledge and the use of Mobile JKN, utmost of the people in Tumpang Village have good knowledge of the operation, and the maturity of the people in Tumpang Village haven't used the Mobile JKN operation.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Lisensi Jurnal JUKANTI
JUKANTI berkomitmen untuk mempromosikan akses terbuka dan distribusi bebas pengetahuan. Kami menerapkan model lisensi berikut untuk memastikan penggunaan yang adil dan etis dari materi yang diterbitkan.
Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)
Semua artikel yang diterbitkan oleh JUKANTI dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan pengguna untuk:
- Menyalin dan Mendistribusikan: Pengguna bebas menyalin, mendistribusikan, dan menampilkan karya asli, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat kepada penulis dan sumber.
- Mengadaptasi: Pengguna dapat mengubah, mengubah, dan membangun karya asli, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat dan menunjukkan jika perubahan telah dilakukan.
- Penggunaan Komersial: Pengguna dapat menggunakan karya untuk tujuan komersial, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat.
Kewajiban Penulis
Penulis yang menerbitkan artikelnya dengan JUKANTI setuju untuk:
- Menjamin bahwa karya adalah asli dan bebas dari pelanggaran hak cipta.
- Memberikan izin kepada JUKANTI untuk menerbitkan karya di bawah lisensi CC BY 4.0.
- Menyimpan hak cipta asli atas karya mereka, dengan lisensi publikasi yang diberikan kepada JUKANTI.
Kepatuhan dengan DOAJ
JUKANTI berkomitmen untuk mematuhi pedoman dan standar yang ditetapkan oleh Directory of Open Access Journals (DOAJ). Kami berusaha untuk memastikan integritas, transparansi, dan kualitas tinggi dalam semua publikasi kami.
Untuk pertanyaan atau klarifikasi lebih lanjut mengenai lisensi ini, silakan hubungi Editor Jukanti di jukanti.ejournalcbn@gmail.com.
Referensi
Aisyah, N., 2021. Detikedu. [Online]
Asih Pratiwi, B. B. R., 2017. Pemanfaatan Pusat Layanan Kesehatan (Puslakes)Universitas Negeri Semarang. Higeia Journal Of Public Health Research And Development, Volume 4, p. 55.
Emny Harna Yossy, S. M. (2020, Juni 15). Binus Online Learnig. Retrieved From Pengetahuan / Knowledge: Https://Onlinelearning.Binus.Ac.Id/Computer-Science/Post/Pengetahuan-Knowledge
Herlinawati, L. B., 2021. Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pendaftaran Online Pada Aplikasi Mobile Jkn. P. 82.
Krisdayanti, W., 2021. Pemanfaatan Aplikasi Mobile Jaminankesehatan Nasional (Jkn) Untuk Meningkatkan Efektivitas Pelayananbpjs Kesehatan Di Kota Medan, Sumatera Utara: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Kurniawan, Y. T., Kanto, S., & Mardiyono, M. (2015). Strategi Optimalisasi Implementasi Jaminan Kesehatan Nasional Untuk Keluarga Miskin Di Puskesmas Kedamean. Wacana, Jurnal Sosial Dan Humaniora, 18(02), 80–89. Https://Doi.Org/10.21776/Ub.Wacana.2015.018.02.2
Oktarianita, A. S. N. W. F., 2021. Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan KesehatanPada Masa Pandemi Covid-19 Di Puskesmas Lingkar Barat. Volume 4, p. 1375.
Putra Agina Widyaswara Suwaryo, p. Y., 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat PengetahuanMasyarakat dalam Mitigasi Bencana Alam Tanah Longsor. p. 309.
Ratriani, V. (2022, Oktober 18). Keuangan. Diambil Kembali Dari Kontan.Co.Id News Data Financial Tools: Https://Keuangan.Kontan.Co.Id/News/Rincian-Iuran-Bpjs-Kesehatan-Yang-Berlaku-Saat-Ini-September-2022
Wahyuni, F. (2021). Efektivitas Pelayanan Jaminan Kesehatan Berbasis Teknologi Mobile Jkn Di Bpjs Kesehatan Cabang Bandar. Birokrasi,Kebijakan, Dan Pelayanan Publik, 388.
Wulandari, A. (2019). Inovasi Bpjs Kesehatan Dalam Pemeberian Layanan Kepada Masyarakat: Aplikasi Mobile Jkn. Public Policy, 101.