REDESIGN UI/UX APLIKASI SH-UPI MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA DESIGN THINKING
Isi Artikel Utama
Abstrak
Dewasa ini, teknologi Smart Home telah beredar sangat luas ditengah-tengah masyarakat dan hampir menjangkau seluruh kalangan mulai kelas atas hingga menengah, dengan beragam brands dan beragam produk dengan segala fiturnya Smart Home Universitas Pendidikan Indonesia (SH-UPI) merupakan sebuah platform rumah cerdas komersil yang merupakan pemain baru di bisnis teknologi ini. Platform SH-UPI dikembangkan oleh Akademisi UPI dengan produk unggulannya berupa bohlam lampu pintar (Smart LED Bulb) RGB. Produk tersebut dikendalikan oleh aplikasi Android khusus, yaitu SH-UPI Apps yang dapat diunduh di Playstore atau website resminya. Namun, berdasarkan informasi dari pengembang bahwa aplikasi ini belum memperhatikan aspek UI/UX yang baik dalam perancangan sehingga dirasa perlu dilakukan redesain aplikasi SH-UPI. Upaya ini sangat urgen agar aplikasi lebih memberikan kesan kenyamanan kepada pengguna (user friendly) dan memiliki daya saing terhadap kompetitor produk Smart Home lainnya. Aplikasi SH-UPI di desain ulang menggunakan Design Thinking sebagai kerangka kerjanya. Metode ini memuat lima tahapan utama: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Penelitian ini merupakan penelitian awal, yang berfokus pada tahap Empathize, Define, Ideate, dan Prototype. Hasil menunjukkan bahwa proses Emphatize telah dilakukan dengan baik yang menyimpulkan aplikasi perlu dilakukan redesain untuk meningkatkan kualitas pengalaman ke pengguna. Pada proses Define hingga Ideate, telah dihasilkan mock-up untuk aplikasi SH-UPI yang merupakan redesain dari versi sebelumnya. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai landasan pengembangan UI/UX dari aplikasi SH-UPI yang lebih baik dan dilanjutkan dengan proses Test.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Lisensi Jurnal JUKANTI
JUKANTI berkomitmen untuk mempromosikan akses terbuka dan distribusi bebas pengetahuan. Kami menerapkan model lisensi berikut untuk memastikan penggunaan yang adil dan etis dari materi yang diterbitkan.
Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)
Semua artikel yang diterbitkan oleh JUKANTI dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan pengguna untuk:
- Menyalin dan Mendistribusikan: Pengguna bebas menyalin, mendistribusikan, dan menampilkan karya asli, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat kepada penulis dan sumber.
- Mengadaptasi: Pengguna dapat mengubah, mengubah, dan membangun karya asli, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat dan menunjukkan jika perubahan telah dilakukan.
- Penggunaan Komersial: Pengguna dapat menggunakan karya untuk tujuan komersial, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat.
Kewajiban Penulis
Penulis yang menerbitkan artikelnya dengan JUKANTI setuju untuk:
- Menjamin bahwa karya adalah asli dan bebas dari pelanggaran hak cipta.
- Memberikan izin kepada JUKANTI untuk menerbitkan karya di bawah lisensi CC BY 4.0.
- Menyimpan hak cipta asli atas karya mereka, dengan lisensi publikasi yang diberikan kepada JUKANTI.
Kepatuhan dengan DOAJ
JUKANTI berkomitmen untuk mematuhi pedoman dan standar yang ditetapkan oleh Directory of Open Access Journals (DOAJ). Kami berusaha untuk memastikan integritas, transparansi, dan kualitas tinggi dalam semua publikasi kami.
Untuk pertanyaan atau klarifikasi lebih lanjut mengenai lisensi ini, silakan hubungi Editor Jukanti di jukanti.ejournalcbn@gmail.com.
Referensi
S. Fuada and H. Hendriyana, “Development of Scalable IoT-Based Smart Home Infrastructure Using ESP-Mesh,” jcm, vol. 17, no. 5, pp. 373–385, 2022, doi: 10.12720/jcm.17.5.373-385.
S. Fuada and H. Hendriyana, “UPISmartHome V.2.0 – A Consumer Product of Smart Home System with an ESP8266 as the Basis,” jcm, vol. 17, pp. 541–552, 2022, doi: 10.12720/jcm.17.7.541-552.
Y. A. S. Pratama and S. Suprihadi, “Pengembangan UI/UX Berbasis Metode Design Thinking Fitur Send Your Waste Perusahaan Waste4change,” JUKANTI, vol. 5, no. 2, pp. 99–110, Nov. 2022, doi: 10.37792/jukanti.v5i2.554.
H. Xu, L. König, D. Cáliz, and H. Schmeck, “A generic user interface for energy management in smart homes,” Energy Inform, vol. 1, no. 55, pp. 1–63, Dec. 2018, doi: 10.1186/s42162-018-0060-0.
T. D. Krismanda and N. Setiyawati, “Perancangan User Interface dan User Experience Fitur Digital Banking Jago Last Wish Menggunakan Design Thinking,” JUKANTI, vol. 5, no. 2, pp. 126–135, Nov. 2022, doi: 10.37792/jukanti.v5i2.561.
D. Nugraheny, “Analisis User Interface dan User Experience pada Website Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto Yogyakarta.,” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Kedirgantaraan (SENATIK), vol. 2, pp. 183–187, Nov. 2016.
E. A. Rahmasari and D. H. Yanuarsari, “Kajian Usability Dalam Konsep Dasar User Experience Pada Game ‘ABC Kids-Tracing and Phonics’ Sebagai Media Edukasi Universal untuk Anak,” Demandia, vol. 02, no. 01, pp. 49–71, 2017.
A. A. Razi and I. R. Mutiaz, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan UI/UX Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan dan Temuan Barang Tercecer,” Demandia, vol. 3, no. 2, pp. 75–93, 2018.
C. Z. Alrazi and A. Rachman, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Animasi Periklanan Digital Pencegahan Covid-19,” ULTIMART, vol. 14, no. 2, pp. 190–202, Dec. 2021, doi: 10.31937/ultimart.v14i2.2247.
H. Y. Madawara, P. F. Tanaem, and D. H. Bangkalang, “Perancangan UI/UX Aplikasi KTM Multifungsi Menggunakan Metode Design Thinking,” JUKANTI, vol. 5, no. 2, pp. 111–125, Nov. 2022, doi: 10.37792/jukanti.v5i2.560.
E. Ulfada, N. Nurfiana, and R. D. Handayani, “Perancangan DesaiN UI/UX Pada Implementasi Sistem Kontrol Smart Farming Berbasis Internet of Things (IoT),” Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 2022, pp. 145–155, 2022.
K. Angelina, E. Sutomo, and V. Nurcahyawati, “Desain UI UX Aplikasi Penjualan dengan Menyelaraskan Kebutuhan Bisnis menggunakan Pendekatan Design Thinking,” vol. 9, no. 1, pp. 70–78, 2022.
J. R. Lewis, “The System Usability Scale: Past, Present, and Future,” International Journal of Human–Computer Interaction, vol. 34, no. 7, pp. 577–590, Jul. 2018, doi: 10.1080/10447318.2018.1455307.
M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “Perancangan UI/UX Aplikasi My CIC Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma,” JD, vol. 10, no. 2, pp. 208–219, Dec. 2020, doi: 10.51920/jd.v10i2.171.
S. Andysa, “Mengenal System Usability Scale,” Binus University School of Information System, Feb. 07, 2022. https://sis.binus.ac.id/2022/02/07/mengenal-system-usability-scale/ (accessed Dec. 31, 2022).
D. P. Kesuma, “Penggunaan Metode System Usability Scale Untuk Mengukur Aspek Usability Pada Media Pembelajaran Daring di Universitas XYZ,” JATISI, vol. 8, no. 3, pp. 1615–1626, Sep. 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i3.1356.
M. Rifaldi, “Penerapan Internet of Things pada Prototype Smart Home Menggunakan Pola Suara dengan Mikrokontroler NodeMCU,” Universitas Islam Riau, Pekanbaru, 2021. Accessed: Oct. 13, 2022. [Online]. Available: https://repository.uir.ac.id/10607/
T. S. Gunawan et al., “Prototype Design of Smart Home System using Internet of Things,” IJEECS, vol. 7, no. 1, pp. 107–115, Jul. 2017, doi: 10.11591/ijeecs.v7.i1.pp107-115.
H. Awal, “Perancangan Prototype Smart Home Dengan Konsep Internet of Thing ( IoT) Berbasis Web Server,” jmi, vol. 26, no. 2, pp. 65–79, Dec. 2019, doi: 10.35134/jmi.v26i2.53.