ANALISIS PENERAPAN AUGEMENTED REALITY PADA PEMBELAJARAN ALAT MUSIK PIANO MENGGUNAKAN UEQ

Isi Artikel Utama

Victoria Angela Sugianto
Suyoto Suyoto

Abstrak

Umumnya pembelajaran alat musik dilakukan dengan cara tatap muka, dengan seorang guru yang memberikan contoh dan instruksi kemudian dari siswa mengikuti. Banyak orang ingin mempelajari piano karena piano mampu mengekspresikan diri, salah satunya untuk paduan suara ataupun kesenangan pribadi. Saat seseorang bermain piano tanpa adanya instruksi dari guru atau seseorang yang ahli dalam bermain piano mereka cenderung akan menggunakan teknik dan postur yang salah dalam bermain alat musik. Teknologi Augmented Reality (AR) telah banyak digunakan untuk memfasilitasi pembelajaran keterampilan baru. Pada penelitian ini, mengusulkan adanya analisis perbandingan terhadap aplikasi – aplikasi yang telah menerapkan teknologi Augmented Reality dengan menggunakan skenario testing dan menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ). Pada penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan membandingkan aplikasi Perfect Piano dan aplikasi Skoove: Learn Piano menggunakan kuesioner. Kuesioner dibagikan secara offline dengan sasaran responden yang berjumlah 10 orang kemudian dibagi menjadi 2 kelompok berdasarkan aplikasi yang akan diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi Perfect Piano memiliki nilai 5,43 yang dimana lebih tinggi dibandingkan dengan aplikasi Skoove: Learn Piano. Hal tersebut menjukkan bahwa aplikasi Perfect Piano lebih mudah digunakan seseorang untuk mempelajari piano. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk memudahkan penelitian yang akan mendatang khususnya untuk membuat suatu aplikasi yang lebih interaktif dan dapat digunakan sebagai sarana untuk memudahkan suatu pembelajaran alat musik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
V. A. Sugianto dan S. Suyoto, “ANALISIS PENERAPAN AUGEMENTED REALITY PADA PEMBELAJARAN ALAT MUSIK PIANO MENGGUNAKAN UEQ”, JUKANTI, vol. 6, no. 2, hlm. 177–187, Nov 2023.
Bagian
Articles

Referensi

J. Martin-Gutierrez, M. S. Del Rio Guerra, V. Lopez-Chao, R. H. S. Gastelum, and J. F. V. Bojórquez, “Augmented reality to facilitate learning of the acoustic guitar,” Applied Sciences (Switzerland), vol. 10, no. 7, Apr. 2020, doi: 10.3390/app10072425.

M. S. Del Rio-Guerra, J. Martin-Gutierrez, V. A. Lopez-Chao, R. F. Parra, and M. A. Ramirez Sosa, “AR Graphic representation of musical notes for self-learning on guitar,” Applied Sciences (Switzerland), vol. 9, no. 21, Nov. 2019, doi: 10.3390/app9214527.

N. Klanjscek, L. David, and M. Frank, “Evaluation of an E-Learning Tool for Augmented Acoustics in Music Education,” Music Sci (Lond), vol. 4, 2021, doi: 10.1177/20592043211037511.

B. Mei and S. Yang, “Chinese Pre-service Music Teachers’ Perceptions of Augmented Reality-Assisted Musical Instrument Learning,” Front Psychol, vol. 12, Feb. 2021, doi: 10.3389/fpsyg.2021.609028.

A. Birhanu and S. Rank, “KeynVision: Exploring piano pedagogy in mixed reality,” in CHI PLAY 2017 Extended Abstracts - Extended Abstracts Publication of the Annual Symposium on Computer-Human Interaction in Play, Association for Computing Machinery, Inc, Oct. 2017, pp. 299–304. doi: 10.1145/3130859.3131336.

M. Längler, M. Nivala, and H. Gruber, “Peers, parents and teachers: A case study on how popular music guitarists perceive support for expertise development from ‘persons in the shadows,’” Musicae Scientiae, vol. 22, no. 2, pp. 224–243, Jun. 2018, doi: 10.1177/1029864916684376.

M. Cai, T. Abe, M. A. Amrizal, and T. Suganuma, Design and Implementation of AR- Supported System for Piano Learning, IEEE. 2019.

E. D. Innocenti et al., “Mobile virtual reality for musical genre learning in primary education,” Comput Educ, vol. 139, pp. 102–117, Oct. 2019, doi: 10.1016/j.compedu.2019.04.010.

A. Simion, A. Iftene, and D. Gîfu, “An Augmented Reality Piano Learning Tool,” in RoCHI - International Conference on Human-Computer Interaction, MATRIX ROM, 2021, pp. 134–141. doi: 10.37789/rochi.2021.1.1.21.

L. Rigby, B. C. Wünsche, and A. Shaw, “PiARno-An Augmented Reality Piano Tutor,” in ACM International Conference Proceeding Series, Association for Computing Machinery, Dec. 2020, pp. 481–491. doi: 10.1145/3441000.3441039.

D. Molero, S. Schez-Sobrino, D. Vallejo, C. Glez-Morcillo, and J. Albusac, “A novel approach to learning music and piano based on mixed reality and gamification,” Multimed Tools Appl, vol. 80, no. 1, pp. 165–186, Jan. 2021, doi: 10.1007/s11042-020-09678-9.

H. Zeng, X. He, and H. Pan, “FunPianoAR: A Novel AR Application for Piano Learning Considering Paired Play Based on Multi-Marker Tracking,” in Journal of Physics: Conference Series, Institute of Physics Publishing, May 2019. doi: 10.1088/1742-6596/1229/1/012072.

I. Putu and A. Subagya Putra, “Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Card Traspostasi Berbasis Android,” INFORMATION SYSTEM FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS, vol. 7, no. 1, pp. 31–40, 2022.

F. Fontana, R. Paisa, R. Ranon, and S. Serafin, “Multisensory plucked instrumentmodeling in unity3D: FromKeytar to accurate string prototyping,” Applied Sciences (Switzerland), vol. 10, no. 4, Feb. 2020, doi: 10.3390/app10041452.

F. Permana, H. Tolle, F. Utaminingrum, and R. Dermawi, “Development of augmented reality (AR) based gamelan simulation with leap motion control,” International Journal of Interactive Mobile Technologies, no. 12, pp. 120–135, 2019, doi: 10.3991/ijim.v13i12.9270.

R. R. Hariadi and I. Kuswardayan, Design and Implementation of Virtual Indonesian Musical Instrument (VIMi) Application Using Leap Motion Controller. IEEE, 2016.

F. P. Juniawan and D. Y. Sylfania, “Augmented Reality as Learning Medium for Preservation of Traditional Musical Instruments in Bangka,” EMITTER International Journal of Engineering Technology, vol. 7, no. 2, Dec. 2019, doi: 10.24003/emitter.v7i2.416.

R. Yuwono, A. Wibowo, S. Hadi Wijoyo, and R. I. Rokhmawati, “Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile Banking di Indonesia Dengan Menggunakan Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi pada JakOne Mobile dan BCA Mobile),” 2019. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

T. Junita Maulani and A. Reza Perdanakusuma, “Evaluasi User Experience Menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus: Website Superprof.co.id dan Zonaprivat.com),” 2021. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

R. Firmansyah AMIK BSI Bandung Jl Sekolah Internasional No and A. Bandung, “Usability Testing Dengan Use Questionnaire Pada Aplikasi SIPOLIN Provinsi Jawa Barat” JURNAL SWABUMI, vol. 6, no. 1, 2018.