PELATIHAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DI SABU RAIJUA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Lanny. I. D. Koroh
Kristina E. Noya Nahak
Femberianus Sunario Tanggur
Cornelia Amanda Naitili

Abstract

Abstrak
Pelatihan pengembangan kompetensi guru di Sabu Raijua perlu dilakukan karena sebagian besar guru-guru di Sabu Raijua belum memahami dengan baik proses pembelajaran yang bersifat kontekstual, assesment dan sertifikasi yang dapat menunjang potensi guru dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Dalam pelatihan ini, kampus Universitas Citra Bangsa Kota Kupang berkolaborasi dengan GAIN Global Teachers and Trainers Academy untuk melaksanakan program Pelatihan, Asesmen, dan Sertifikasi Internasional. Program ini bertujuan untuk Penguasaan Pembelajaran Kontekstual yang berpusat pada siswa, berdiferensiasi, dan berpusat pada projek yang saat ini sedang diterapkan sebagai standar pendidikan di Indonesia oleh Pemerintah melalui Kemendikbudristek Republik Indonesia. Pelatihan ini telah dilaksanakan dan memberikan hasil yang memuaskan bagi guru-guru di Sabu Raijua dalam memahami bagaimana menentukan strategi pembelajaran, materi yang digunakan, memahami karakter dari peserta didik dan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan agar menumbuhkan minat belajar guru maupun siswa.
Kata Kunci : Pelatihan, Kompetensi, Guru


Abstract
Teacher competency development training in Sabu Raijua is necessary because the majority of teachers in Sabu Raijua do not yet have a thorough understanding of contextual learning processes, assessment, and certification that can support teachers' potential in the classroom learning process. In this training, Citra Bangsa University in Kota Kupang collaborates with GAIN Global Teachers and Trainers Academy to implement an International Training, Assessment, and Certification program. This program aims to achieve mastery in student-centered, differentiated, and project-centered contextual learning, which is currently being implemented as the education standard in Indonesia by the government through the Ministry of Education and Culture of the Republic of Indonesia. The training has been conducted and has yielded satisfactory results for teachers in Sabu Raijua, enabling them to understand how to determine teaching strategies, utilize appropriate materials, comprehend the characteristics of learners, and create an enjoyable learning environment to foster the interest of both teachers and students in learning.


Keywords : Media Vocabulary board, Reading Skills

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Koroh, L. I. D., Nahak, K. E. N., Tanggur, F. S., & Naitili, C. A. (2024). PELATIHAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DI SABU RAIJUA. Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 4(1), 73–79. https://doi.org/10.37792/pemimpin.v4i1.1231

References

  1. Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/ CTL), Jakarta
  2. Mulyasa (2003) Kurikulum Berbasis Kompetensi; Konsep, Karaterisktik dan Implementsi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  3. Jejen Musfah, (2011) Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik, Jakarta: Kencana
  4. Johnson, (2002), Contextual Teaching and Learning: What it is and Why it’s Here to Stay, California: Corwin Press Inc
  5. Zamroni. (2001) “Paradigma Pendidikan Masa Depan”. Yogyakarta

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2