ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA PERMULAAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR INPRES BERTINGKAT OEBOBO 2 KUPANG.

Authors

  • esi agodi koilmo program studi PGSD universitas Citra Bangsa

Keywords:

Media flashcard dan Motivasi Membaca Permulaan.

Abstract

ABSTRAK

Koilmo, Agodi Bakle Esi, 2019,(“Analisis Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Permulaan Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Inpres Bertingkat Oebobo 2 Kupang”). Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Citra Bangsa. Pembimbing: (Heryon B. Mbuik, S.PAK.,M.Pd dan Yulsy M . Nitte S.H., M.Pd). 

Media flashcardmerupakan media berbentuk kartu bergambar yang menarik perhatian siswa dengan mempunyai dua sisi yang disesuaikan dengan besar kecilnya ruang kelas yang digunakan sebagai alat perantara atau pengatar dalam proses pembelajaran sehingga tercapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mencari tahu bagaimana penggunaan media flashcard dalam meningkatkan motivasi membaca permulaan kelas 1 Sekolah Dasar Inpres Betingkat Oebbob 2 Kupang.

 Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Objek yang diteliti adalah siswa kelas I SD Inpres Bertingkat Oebobo 2 Kupang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, studi dokemen dan metode pengumpulan data lainnya. Data dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi. Hasil Penelitian dilapangan menunjukkan bahwa (1. Motivasi membaca permulaan siswa kelas 1 Sekolah Dasar Bertingkat Oebobo 2 Kupang masih rendah dan terdapat beberapa siswa yang membutuhkan bimbingan guru dalam membaca, 2. 

Media yang digunakan dalam meningkatkan motivasi membaca permulaan siswa adalah media flashcard, 3. Dampak penggunaan Media flashcard pembelajaran membaca permulaa yakni dapat meningkatkan motivasi membaca perluaan yang ditandai dengan ada ketertarikan siswa dengan media flascard dapat membaca dengan baik.

Downloads

Published

2021-07-24