ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA PERMULAAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR INPRES BERTINGKAT OEBOBO 2 KUPANG.
Keywords:
Media flashcard dan Motivasi Membaca Permulaan.Abstract
ABSTRAK
Koilmo, Agodi Bakle Esi, 2019,(“Analisis Penggunaan Media Flashcard Dalam Meningkatkan Motivasi Membaca Permulaan Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Inpres Bertingkat Oebobo 2 Kupang”). Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Citra Bangsa. Pembimbing: (Heryon B. Mbuik, S.PAK.,M.Pd dan Yulsy M . Nitte S.H., M.Pd).
Media flashcardmerupakan media berbentuk kartu bergambar yang menarik perhatian siswa dengan mempunyai dua sisi yang disesuaikan dengan besar kecilnya ruang kelas yang digunakan sebagai alat perantara atau pengatar dalam proses pembelajaran sehingga tercapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mencari tahu bagaimana penggunaan media flashcard dalam meningkatkan motivasi membaca permulaan kelas 1 Sekolah Dasar Inpres Betingkat Oebbob 2 Kupang.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Objek yang diteliti adalah siswa kelas I SD Inpres Bertingkat Oebobo 2 Kupang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, studi dokemen dan metode pengumpulan data lainnya. Data dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi. Hasil Penelitian dilapangan menunjukkan bahwa (1. Motivasi membaca permulaan siswa kelas 1 Sekolah Dasar Bertingkat Oebobo 2 Kupang masih rendah dan terdapat beberapa siswa yang membutuhkan bimbingan guru dalam membaca, 2.
Media yang digunakan dalam meningkatkan motivasi membaca permulaan siswa adalah media flashcard, 3. Dampak penggunaan Media flashcard pembelajaran membaca permulaa yakni dapat meningkatkan motivasi membaca perluaan yang ditandai dengan ada ketertarikan siswa dengan media flascard dapat membaca dengan baik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every works in SPASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).