PENGGUNAAN KOSAKATA SEBAGAI METODE MEMBACA CEPAT PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA GUA MENGEMBANGKAN KECEPATaN MEMBACA SISWA KELS 3 SDI BAKUNASE I KOTA KUPANG
Keywords:
Kecepatan Membaca, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Siswa Membaca CepatAbstract
Kresensiani Purnama Wati, 2020, Penggunaan Kosakata Sebagai Metode Membaca Cepat Pembelajaran Bahasa Indonesia Guna Mengembangkan Kecepatan Membaca Siswa Kelas 3 SD Inpres Bakunase I Kota Kupang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Citra Bangsa. Membaca merupakan aktifitas yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan untuk mendapatkan informasi atau pesan. Untuk mendapatkan informasi tersebut diperlukan ketrampilan membaca dan kecepatan membaca yang baik dengan memperhatikan tanda baca yang benar . Salah satu metode membaca cepat adalah dengan menggunakan kosakata sebagai salah satu metode membaca cepat yang baik. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kreatifitas guru menggunakan kosakata sebagai metode membaca cepat pembelajaran Bahasa Indonesia guna mengembangkan kecepatan membaca siswa kelas 3 SD Inpres Bakunase I Kota Kupang Penelitian adalah ini penelitian kualitatif dengan mengunakan metode deskripsi analisis yang dilakukan dengan cara observasi dan wawancara dengan guru wali kelas 3. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru memiliki kreatifitas dalam menggunakan kosakata sebagai metode membaca guna mengembangkan kecepatan membaca yaitu guru membiasakan siswa untuk belajar kosakata dengan bantuan media kartu huruf, mengingatkan siswa agar pada saat membaca usahakan gerakan anak mata secara vertikal atau ke bawah bukan ke samping, menyisipkan waktu pada saat pembelajaran berlangsung untuk melatih siswa membaca serta membagi siswa dalam bentuk kelompok dan setiap kelompok ada siswa yang kecepatan membacanya sudah baik agar bisa membantu teman yang kecepatan membacanya belum lancar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every works in SPASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).