PENGARUH KEDISIPLINAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SD INPRES PERUMNAS 2 KOTA KUPANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Kedisiplinan Guru, Motivasi Belajar Siswa, pelajaran PPKN.
Keywords:
Teacher Discipline, Student Motivation, PPKN lessons.Abstract
Selviana Amu, 2020. Judul: Pengaruh Kedisiplinan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V pada mata pelajaran PPKn di SD Inpres Perumnas 2 Kota Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Citra Bangsa. Pembimbing I: Yulsy M. Nitte, Pembimbing II: Haryon B. Mbuik.
Proses pembelajaran ada banyak faktor yang mempengaruhi antara lain faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal mencakup faktor pembawaan, kesadaran, minat dan motivasi, dan pengaruh pola pikir. Sedangkan faktor eksternal mencakup faktor teladan, nasihat, latihan, lingkungan, dan pengaruh kelompok. Maka dari itu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang berkaitan dengan faktor eksternal salah satunya kedisiplinan guru. Untuk mengukur sejauh mana siswa memiliki motivasi belajar dalam proses pembelajaran PPKn, serta memperbaiki proses pendidikan pada tahap selanjutnya. Berdasarkan hasil pra observasi yang telah dilakukan oleh peneliti pada siswa kelas V di SD Inpres Perumnas 2 Kota Kupang, ditemukan sejumlah fakta antara lain : pertama , masih terdapat beberapa siswa yang terlambat masuk sekolah bahkan merasa biasa jika terlambat masuk kelas; kedua, guru tidak tepat waktu dalam mengajar; ketiga, guru kurang tegas dalam melaksanakan pembelajaran; keempat, siswa tidak menyimak pelajaran dengan biak melainkan mengganggu teman pada waktu proses pembelajaran berlangsung; kelima, belum adanya penegakan disiplin yang kuat saat melanggar peraturan yang ada di sekolah maupun di kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui besarnya pengaruh kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PPKn di SD Inpres Perumnas 2 Kota Kupang.
Jenis penelitian berupa penelitian kuantitatif. Responden penelitian ini adalah siswa kelas V 26 orang yang terdiri dari 6 perempuan dan 20 laki-laki. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar Observasi dan angket. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari 1 variabel bebas, yaitu Kedisplinan Guru (X) dan 1 Variabel Terikat, Hasil Belajar Siswa (Y).
Hasil Penelitian menyimpulkan ada pengaruh antara kedisiplinan guru mengajar terhadap motivasi belajar siswa di kelas V SDI Perumnas 2 Kupang, dengan nilai sebesar 0,019 < 0,05. di simpulkan bahwa adanya pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y pada mata pelajaran PPKn kelas V di SDI Perumnas 2 Kota Kupang Tahun Ajaran 2019/2020.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every works in SPASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).