PENGARUH KEDISIPLINAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SD INPRES PERUMNAS 2 KOTA KUPANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Kedisiplinan Guru, Motivasi Belajar Siswa, pelajaran PPKN.

Authors

  • Selvi Selviana Amu Prodi S-1 PGSD Universitas Citra Bangsa

Keywords:

Teacher Discipline, Student Motivation, PPKN lessons.

Abstract

Selviana Amu, 2020. Judul: Pengaruh Kedisiplinan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V pada mata pelajaran PPKn di SD Inpres Perumnas 2 Kota Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar  Universitas Citra Bangsa. Pembimbing I: Yulsy M. Nitte, Pembimbing II: Haryon B. Mbuik.

Proses pembelajaran ada banyak faktor yang mempengaruhi antara lain faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal mencakup faktor pembawaan, kesadaran, minat dan motivasi, dan pengaruh pola pikir. Sedangkan faktor eksternal mencakup faktor teladan, nasihat, latihan, lingkungan, dan pengaruh kelompok. Maka dari itu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang berkaitan dengan faktor eksternal salah satunya kedisiplinan guru. Untuk mengukur sejauh mana siswa memiliki motivasi belajar dalam proses pembelajaran PPKn, serta memperbaiki proses pendidikan pada tahap selanjutnya. Berdasarkan hasil pra observasi yang telah dilakukan oleh peneliti pada siswa kelas V di SD Inpres Perumnas 2 Kota Kupang, ditemukan sejumlah fakta antara lain :  pertama , masih terdapat beberapa siswa yang terlambat masuk sekolah bahkan merasa biasa jika terlambat masuk kelas; kedua, guru tidak tepat waktu  dalam mengajar; ketiga,  guru kurang tegas dalam melaksanakan pembelajaran; keempat, siswa tidak menyimak pelajaran dengan biak melainkan mengganggu teman pada waktu proses pembelajaran berlangsung; kelima, belum adanya penegakan disiplin yang kuat saat melanggar peraturan yang ada di sekolah maupun di kelas.

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui besarnya pengaruh kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar siswa  kelas V pada mata pelajaran PPKn  di SD Inpres  Perumnas 2 Kota Kupang.

Jenis penelitian berupa penelitian kuantitatif. Responden penelitian ini adalah siswa kelas V 26 orang yang terdiri dari 6 perempuan dan 20 laki-laki.  Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar Observasi dan angket. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari 1 variabel bebas, yaitu Kedisplinan Guru (X) dan 1 Variabel Terikat, Hasil Belajar Siswa (Y).

Hasil Penelitian menyimpulkan ada pengaruh antara kedisiplinan guru mengajar terhadap motivasi belajar siswa di kelas V SDI Perumnas 2 Kupang, dengan nilai sebesar 0,019 < 0,05. di simpulkan bahwa adanya pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y pada mata pelajaran PPKn kelas V di SDI Perumnas 2 Kota Kupang Tahun Ajaran 2019/2020.

 

 

Downloads

Published

2021-07-25