PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR INPRES SIKUMANA 3 KOTA KUPANG
Keywords:
Media Lingkungan, Sumber Belajar, Hasil Belajar IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media lingkungan sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPA di SD Inpres Sikumana 3 Kupang. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimental nonequivalen control grup. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data tes, studi dokumentasi, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 53 siswa dengan rincian 27 untuk kelas eksperimen dan 26 siswa untuk kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan perhitungan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 77,41 lebih tinggi dari rata-rata kelas kontrol sebesar 60,38, hasil analisis data menunjukkan nilai t hitung 2, 643 > t tabel 2,007, artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas eksperimen yang menggunakan media lingkungan dan kelas kontrol yang tidak menggunakan media lingkungan, dapat dimaknaiĀ pembelajaran menggunakan media lingkungan memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media lingkungan, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media lingkungan sebagai sumber belajar yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPA di Sekolah Dasar Inpres Sikuman 3 Kota Kupang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every works in SPASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).