PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD INPRES SIKUMANA 3KOTA KUPANG
Keywords:
Media Diorama, Motivasi BelajarAbstract
ABSTRAK
Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran IPS adalah rendahnya motivasi belajar pada siswa kelas III dalam mengikuti pembelajaran yang disebabkan oleh pembelajaran yang bersifat klasikal dan kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran IPS. Dari permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan media pembelajaran diorama dengan tujuan mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa melalui penggunaan media diorama pada mata pelajaran IPS kelas III SD Inpres Sikumana 3 Kota Kupang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan studi dokumen. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas uji linearitas dan uji hipotesis dengan menggunakan analisis uji independent sample t-test. Hasil analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 3. 153 dan nilai ttabel sebesar 0.936 atau thitung 3.153>ttabel 0.936 dan nilai sig. (2-tailed) 0,003 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media diorama yang signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS di SD Inpres Sikumana 3 Kota Kupang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every works in SPASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).