PERAN GURU KELAS SEBAGAI GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR INPRES SIKUMANA 3 KOTA KUPANG

Guru Kelas, Guru Bimbingan Konseling, Karakter Siswa

Authors

  • Soni Sonita Nokas Prodi S-1 PGSD Universitas Citra Bangsa

Keywords:

Class Teacher, counseling teacher, student character

Abstract

Soni Sonita Nokas, 2020. Guru bimbingan konseling merupakan seorang guru yang diberikan tugas dalam suatu proses bantuan terhadap peserta didik dalam mengarahkan atau memadu untuk mengatasi masalah dan melewati masa kritis yang di alami anak didiknya sehingga tercapainya tujuan pendidikan  yang diharapkan. Pendidikan karakter adalah orang yang berkarakter sebagai sifat alami seseorang dalam merespon situasi secara moral, yang di manifestasikan dalam tindakan nyata melalui tingkah laku yang baik, jujur, bertanggung jawab, dan  menghormati orang tua. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran guru kelas sebagai guru bimbingan konseling dalam pembentukan pendidikan karakter siswa kelas IV di SD Inpres Sikumana 3 Kota Kupang.  Jenis penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa peran guru kelas sebagai guru bimbingan konseling dalam pembentukan pendidikan karakter siswa dapat memiliki tingkat pemahaman yang sudah baik  berkaitan dengan nilai-nilai karakter dalam sikap dan perilaku. Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwa Peran Guru Kelas Sebagai Guru Bimbingan Konseling terhadap proses pembentukan karakter siswa kelas IV di SD Inpres Sikumana 3 Kota Kupang sangat penting dengan membuktikan pendapatan nilai akfektif siswa sangat tinggi di atas kriteria ketuntasan minimal 95%.

Downloads

Published

2021-07-25