PERAN GURU KELAS SEBAGAI GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR INPRES SIKUMANA 3 KOTA KUPANG
Guru Kelas, Guru Bimbingan Konseling, Karakter Siswa
Keywords:
Class Teacher, counseling teacher, student characterAbstract
Soni Sonita Nokas, 2020. Guru bimbingan konseling merupakan seorang guru yang diberikan tugas dalam suatu proses bantuan terhadap peserta didik dalam mengarahkan atau memadu untuk mengatasi masalah dan melewati masa kritis yang di alami anak didiknya sehingga tercapainya tujuan pendidikan yang diharapkan. Pendidikan karakter adalah orang yang berkarakter sebagai sifat alami seseorang dalam merespon situasi secara moral, yang di manifestasikan dalam tindakan nyata melalui tingkah laku yang baik, jujur, bertanggung jawab, dan menghormati orang tua. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran guru kelas sebagai guru bimbingan konseling dalam pembentukan pendidikan karakter siswa kelas IV di SD Inpres Sikumana 3 Kota Kupang. Jenis penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa peran guru kelas sebagai guru bimbingan konseling dalam pembentukan pendidikan karakter siswa dapat memiliki tingkat pemahaman yang sudah baik berkaitan dengan nilai-nilai karakter dalam sikap dan perilaku. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Guru Kelas Sebagai Guru Bimbingan Konseling terhadap proses pembentukan karakter siswa kelas IV di SD Inpres Sikumana 3 Kota Kupang sangat penting dengan membuktikan pendapatan nilai akfektif siswa sangat tinggi di atas kriteria ketuntasan minimal 95%.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every works in SPASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).