PENGARUH METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN GARIS BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR PENAFSIRAN PADA PERKALIAN DAN PEMBAGIAN SISWA KELAS IV SD INPRES BAKUNASE 1 KOTA KUPANG

Authors

  • Leonardus Kia Bakior UNIVERSITAS CITRA BANGSA

Keywords:

Metode Demonstrasi, Garis Bilangan, Hasil Belajar, Demonstration Method, Number Line, Learning Outcomes

Abstract

ABSTRAK
Pembelajaran matematika adalah suatu proses belajar mengajar yang dibangun oleh guru
untuk mengembangkaan kreativitas berpikir siswa yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir
siswa serta dapat meningkatkan kemampuan mengkontruksi pengetahuan baru sebagai upaya
meningkatkan penguasa yang baik terhadap materi matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh metode demonstrasi berbantuan garis bilangan terhadap hasil belajar
penafsiran pada perkalian dan pembagian siswa kelas IV SD Inpres Bakunase 1 Kota Kupang. Jenis
penelitian eksperimen dalam penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design bentuk
Nonequivalent Control Group Design dengan membuat kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 50 siswa dan sampel yang digunakan
adalah siswa kelas IV A berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV B berjumlah
25 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi obesrvasi, wawancara, tes dan
dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas dan uji
hipotesis. Hasil Uji t-test memperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 82, 88 dan nilai ratarata kelas kontrol sebesar 63,04 yang menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05
maka tolak H0 sehingga simpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode demonstrasi
berbantuan garis bilangan terhadap hasil belajar penafsiran pada perkalian dan pembagian kelas IV
SD Inpres Bakunase 1 Kota Kupang.

ABSTRACT
Mathematics learning is a teaching and learning process that is built by the teacher to develop
students 'thinking creativity that can improve students' thinking abilities and can improve their
ability to construct new knowledge in an effort to increase good authority on mathematical material.
The purpose of this study was to determine the effect of the number line assisted demonstration
method on interpretive learning outcomes in the multiplication and division of grade IV students SD
Inpres Bakunase 1 Kota Kupang. This type of experimental research in this study uses Quasi
Experimental Design in the form of Nonequivalent Control Group Design by making the
experimental class and the control class. The population in this study were grade IV students totaling
50 students and the sample used was grade IV A students totaling 25 students as the experimental
class and class IV B students totaling 25 students as the control class. Data collection techniques
include observation, interviews, tests and documentation. Data analysis techniques include normality
test, homogeneity test, linearity test and hypothesis test. The results showed that the T-test test
obtained an average value of the experimental class of 82, 88 and an average value of the control class
of 63.04 which indicates that the value of sig. (2-tailed) of 0,000 <0.05 then reject H0 so that it
concludes that there is a significant effect of the number line assisted demonstration method on the interpretation of learning outcomes in multiplication and division of class IV SD Inpres Bakunase 1
Kota Kupang.

Downloads

Published

2021-07-24