PENGARUH ALAT PERAGA MISTAR BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT KELAS IV SD KRISTEN CITRA BANGSA
Keywords:
Alat Peraga Mistar Bilangan, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Dominda Mea Seran, 2019, Pengaruh Alat Peraga Mistar Bilangan Terhadap Hasil Belajar Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Kelas IV SD Kristen Citra Bangsa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Citra Bangsa. Pembimbing: Vera Rosalina Bulu, S.Pd.,M.Pd danĀ Asti Yunita Benu, S.Pd.,M.Pd. Matematika adalah salah satu pelajaran yang dipelajari siswa mulai dari jenjang Sekolah Dasar sampai perguruan tinggi.karena matematika merupakan salah satu bidang studi yang mendukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh alat peraga mistar bilangan terhadap hasil belajar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas IV SD Kristen Citra Bangsa. Metode penelitian ini adalah quasi experimentaldesign jenis Nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan tes.Data hasil penelitian disajikan menggunakan teknik analisis data statistika deskriptif. Penelitian menunjukkan bahwa dari hasil perhitungan peningkatan rata-rata nilai pretest dan posttest kelas eksperimen yaitu 24,62 lebih besar dari rata-rata nilai pretest dan posttest kelas kontrol yaitu 15. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai t hitung sebesar 2,309 lebih besar dari t tabel sebesar 2,008 (2,309>2,008) dan nilai signifikansi sebesar 0, 025 lebih kecil dari 0,05 (0,025<0,05) pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil uji t tersebut menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan alat peraga mistar bilangan terhadap hasil belajar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas IV SD Kristen Citra Bangsa
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every works in SPASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).