PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III SD INPRES LABAT
Keywords:
Motivasi, Model Numbered Heads Together, Model KenvensionalAbstract
ABSTRAK
Motivasi belajar sebagai salah satu daya dorong untuk mencapai hasil baik yang biasanya diwujudkan dalam bentuk tingkah laku belajar atau menunjukkan usaha-usaha untuk mencapai tujuan belajar. Rendahnya motivasi belajar siswa dilihat dari kurangnya penggunaan berbagai komponen pembelajaran seperti pendekatan,metode,strategi dan model disejumlah mata pelajaran khusunya yang ditawarkan peneliti yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran NumberedHeadsTogether (NHT) dalam pelajaran bahasa Indonesia dikelas III SD Inpres Labat Kota Kupang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap motivasi belajar siswa. Hasil analisis data dapatdilihat pada uji regresi linear sederhana pada tabel anovadang dengan nilai signifikansi 5% (tingkat kepercayaan 95%) nilai signifikan 0.032< 0.05 dan juga pada tingkat kecocokan Quadratic memiliki nilai signifikan 0.22 < 0.05 yang menandakan bahwa variabel X berpengaruh terhadap variabel Y jika pada uji anova Ho ditolak, maka persamaan regresinya signifikan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Numbered Heads Together berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas III SD Inpres Labat Kota Kupang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every works in SPASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).