PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III SD INPRES LABAT

Authors

  • Patrianci Denimber Laisbuke PGSD

Keywords:

Motivasi, Model Numbered Heads Together, Model Kenvensional

Abstract

ABSTRAK
Motivasi belajar sebagai salah satu daya dorong untuk mencapai hasil baik yang biasanya diwujudkan dalam bentuk tingkah laku belajar atau menunjukkan usaha-usaha untuk mencapai tujuan belajar. Rendahnya motivasi belajar siswa dilihat dari kurangnya penggunaan berbagai komponen pembelajaran seperti pendekatan,metode,strategi dan model disejumlah mata pelajaran khusunya yang ditawarkan peneliti yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran NumberedHeadsTogether (NHT) dalam pelajaran bahasa Indonesia dikelas III SD Inpres Labat Kota Kupang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap motivasi belajar siswa. Hasil analisis data dapatdilihat pada uji regresi linear sederhana pada tabel anovadang dengan nilai signifikansi 5% (tingkat kepercayaan 95%) nilai signifikan 0.032< 0.05 dan juga pada tingkat kecocokan Quadratic memiliki nilai signifikan 0.22 < 0.05 yang menandakan bahwa variabel X berpengaruh terhadap variabel Y jika pada uji anova Ho ditolak, maka persamaan regresinya signifikan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Numbered Heads Together berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas III SD Inpres Labat Kota Kupang.

 

Downloads

Published

2021-07-25