PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON PADA PENGENALAN HURUF ABJAD DI R.A. ROUDHOTUL KHUFFADZ

Main Article Content

Matahari Matahari
Sahiruddin Sahiruddin
Nitya Ratna Kumala

Abstract

ABSTRAK


Sekolah R.A. Roudlotul Khuffadz pada kelas B mempunyai permasalahan bahan ajar yang digunakan masih menggunakan buku pelajaran sehingga masih kurang penggunaan media elektronik dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media  pembelajaran yang mudah dan layak digunakan. Metode penelitiannya yang digunakan ialah metode R&D dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki beberapa tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Pengamatan yang telah dilaksanakan mewujudkan hasil berbentuk media pembelajaran berbasis video animasi menggunakan Powtoon yang meliputi pembukaan, isi pembelajaran dan refleksi pembelajaran, berdasarkan perolehan penilaian kelayakan  validator media meraih nilai persentase setiap aspek adalah 88% “sangat valid”, dan hasil dari validasi materi mendapatkan nilai persentase setiap aspek adalah 87% “sangat valid”, kemudian hasil tanggapan peserta didik di peroleh nilai persentase seluruh indikator adalah  99% “sangat layak”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis video animasi menggunakan Powtoon sangat layak untuk dipercobakan saat proses belajar mengajar di R.A Roudhotul Khuffadz. Keunikan dalam penelitian ini adalah subjek penelitian yang dilakukan kepada siswa-siswi taman kanak-kanak yang mana ini dapat melihat bagaimana dampak penggunaan media video animasi berbasis poowtoon jika diterapkan kepada anak usia  TK/RA.


ABSTRACT


 


R.A. Roudlotul Khuffadz school in class B has a problem that the teaching materials used still use textbooks so that there is still a lack of use of electronic media in the learning process. The purpose of this research is to produce learning media that is easy and feasible to use. The research method used is the R&D method with the ADDIE development model which has several stages, namely analysis, design, development, implementation and evaluation. Observations that have been carried out realize the results in the form of animated video-based learning media using Powtoon which includes opening, learning content and learning reflection, based on the acquisition of a media validator's feasibility assessment, the percentage value of each aspect is 88% "very valid", and the results of material validation get a percentage value of each aspect is 87% "very valid", then the results of student responses obtained the percentage value of all indicators is 99% "very feasible". The conclusion of this study is that animated video-based learning media using Powtoon is very feasible to be tried during the teaching and learning process at R.A Roudhotul Khuffadz. The uniqueness of this research is that the subject of the research was carried out on kindergarten students, which can see how the impact of using poowtoon-based animated video media if applied to TK/RA children.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Matahari, S. Sahiruddin, and N. R. Kumala, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON PADA PENGENALAN HURUF ABJAD DI R.A. ROUDHOTUL KHUFFADZ”, JUKANTI, vol. 7, no. 1, pp. 1–8, Apr. 2024.
Section
Artikel

References

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Firman, Matahari, Bassay, P. P., (2023). Pembuatan Website Sekolah Sebagai Media Informasi Pada SD Negeri 42 Kota Sorong Menggunakan Wordpress. Jurnal Petisi.

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada

Kasri, M. A., Novan, Y., Ramadhani, I. A., Pendidikan, U., Sorong, M., & Uleo, U. H. (2021). Penerapan Model Design Thinking Pada Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macro Media Flash. 2(2).

Sahirudin, Kasri, M. A., Febriyanti, K., (2022). Perancangan Aplikasi E-JK (Electronic Jadwal Kuliah) Berbasis Android pada Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi UNIMUDA Sorong. Jurnal PETISI.

Puspitarini1, Y. D., Akhyar, M., Djono. (2019). Development of Video Media Based on Powtoon in Social Sciences. International Journal of Educational Research Review

Sukarini1, K., Manuaba, I. B. S. (2021). Video Animasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha

Sidqi, N. (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasos Powtoon Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas IV MI. Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani.

Winarni, E. W. (2018). Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (Ptk) Research And Development (R&D) (R. A. Kusumaningtyas, Ed.). Bumi Aksara

Maituman, E. M., Ramadhani, I. A.,, Matahari. (2022). Perancangan Sitem Informasi Penjualan Pada Toko Tembok Production Berbasis Web. Jurnal Petisi

Junaedi, D. (2019). Desain Pembelajaran Model ADDIE (pp. 1–14).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Qurrotaini, L., Sari, T. W., Sundi, V. H., Nurmalia, L., Guru, P., Dasar, S., Pendidikan, I., & Ahmad, J. K. (N.D.-A). Seminar Nasional Penelitian Lppm Umj Website:Http://Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/Semnaslit E-Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon Dalam PembelajaranDaring. Http://Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/Semnaslit.

Prasetya, W. A., Suwatra, I. I. W., Mahadewi, P. P. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan.

Jannah, M., & Julianto, J. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Digestive System Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 124–134.