PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA DI KELAS 2A SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KOTA SORONG

Main Article Content

Sahiruddin Sahiruddin
Matahari Matahari
Dayany Pasha Mony

Abstract

ABSTRAK

Metode pembelajaran di kelas SD Negeri 2 Remu Kota Sorong khususnya kelas 2 A masih menggunakan buku cetak namun minim contoh gambar sehingga menyebabkan kurangnya semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Pengalaman tersebut mendorong para akademisi untuk menyempurnakan materi pembelajaran dengan memasukkan media pembelajaran berbasis video yang dibuat dengan software Canva. Paradigma pengembangan ADDIE yang digunakan dalam penelitian ini memuat lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Lembar validasi, ahli media, ahli materi, dan survei respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis video termasuk alat yang digunakan untuk mengukur minat terhadap media pembelajaran. Temuan penilaian materi pembelajaran penelitian ini berdasarkan validasi ahli materi menghasilkan kriteria “sangat valid” dengan persentase 86%, dan validasi ahli media menghasilkan kriteria “sangat valid” dengan persentase 96%. Pengujian alat pembelajaran pada responden untuk melihat minat belajar memberikan hasil sebesar 94% dengan kriteria “sangat positif”, sedangkan pemantauan minat belajar siswa memberikan hasil sebesar 77% dengan kriteria “sangat positif”.


ABSTRACT   

The learning method in classes at SD Negeri 2 Remu, Sorong City, especially class 2 A, still uses printed books but there are minimal examples of pictures, which causes a lack of enthusiasm for students in participating in learning. This experience encouraged academics to improve learning materials by including video-based learning media created with Canva software. The ADDIE development paradigm used in this research contains lima tahap, yaitu pemeriksaan khusus, perencanaan, kemajuan, pelaksanaan dan penilaian. survei respon siswa, ahli media, ahli materi, dan lembar validasi video-based learning media are among the tools used to measure interest in learning media. The findings of this research's learning material assessment based on material expert validation produced "very valid" criteria with a percentage of 86%, and media expert validation produced "very valid" criteria with a percentage of 96%. Testing learning media on respondents to see interest in learning gave results of 94% with the criteria "very positive", while monitoring students' interest in learning gave results of 77% with the criteria "very positive".

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Sahiruddin, M. Matahari, and D. P. Mony, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA DI KELAS 2A SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KOTA SORONG ”, JUKANTI, vol. 7, no. 1, pp. 22–30, Apr. 2024.
Section
Artikel

References

Rahmatina, Kenedi, A. K., Eliyasni, R., & Fransyaigu, R. (2019). Jigsaw using Animation Media for Elementary School. Journal of Physics: Conference Series, 1424(1).

Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103.

PERMENDIKNAS RI Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, 7(2).

Ali Kasri, M., Sahiruddin & Arbin, L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Tik Menggunakan Aplikasi Canva Berbasis Video. Jurnal Petisi, 04(02).

Ramadhani, I. A., Sahiruddin & Pramugari, I. Y. (2022) Pengembangan Website Ikatan Keluarga Sunda Jawa Madura kota Sorong Berbasis CMS Wordpress. Jurnal PETISI 04(2).