PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GARUKA BERBASIS SMART APPS CREATOR MAPEL IPAS KELAS V SDN SADENG 2 KOTA SEMARANG

Main Article Content

Nur Fadillah Bakti Utomo
Tri Astuti

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini membahas pengembangan media pembelajaran GARUKA (Galeri Kerusakan Lingkungan) berbasis Smart Apps Creator Mata Pelajaran IPAS Kelas V Fase C Materi Perubahan Bumi yang Disebabkan oleh Manusia. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development), model Borg and Gall. Hasil Pengembangan Media Pembelajaran Galeri Kerusakan Lingkungan Mata Pelajaran IPAS Kelas V Fase C Materi Perubahan Bumi yang Disebabkan oleh Manusia menunjukkan bahwa media GARUKA layak berdasarkan validasi ahli media sebesar 95% dan validasi ahli materi sebesar 92,5% , Galeri Kerusakan Lingkungan juga praktis ketika digunakan hal ini dibuktikan dari respon yang diberikan peserta didik sebesar 91,2% dan mendapatkan persentase N-gain sebesar 68,8% yang berarti media Galeri Kerusakan Lingkungan cukup efektif. Media Pembelajaran GARUKA (Galeri Kerusakan Lingkungan) dapat diakses menggunakan komputer maupun smartphone dengan menggunakan Smart Apps Creator berbasis HTML5.


ABSTRACT 

This research discusses the development of GARUKA (Environmental Damage Gallery) learning media based on Smart Apps Creator, Science Class V Phase C Lesson Content, Material on Earth Changes Caused by Humans. This research uses the R&D (Research and Development) method, the Borg and Gall model. The results of the development of learning media for the Environmental Damage Gallery. Social Science Class V Phase C lesson content: Earth Changes Caused by Humans, show that the GARUKA media is feasible based on media expert validation of 95% and material expert validation of 92.5%. The Environmental Damage Gallery is also practical when used. This is proven by the response given by students of 91.2% and getting an N-gain percentage of 68.8%, which means that the Environmental Damage Gallery media is quite effective. GARUKA Learning Media (Environmental Damage Gallery) can be accessed using a computer or smartphone using the HTML5-based Smart Apps Creator.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
N. F. B. Utomo and T. . Astuti, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GARUKA BERBASIS SMART APPS CREATOR MAPEL IPAS KELAS V SDN SADENG 2 KOTA SEMARANG”, JUKANTI, vol. 7, no. 1, pp. 161–173, Apr. 2024.
Section
Artikel

References

Ade Vidianti, S. K. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Smart Apps Creator Pada Mata Pelajaran IPS.Jurnal Ilmiah Betrik, 290-297. https://ejournal.pppmitpa.or.id/index.php/betrik/article/view/77/79

Agil Aryanto, S. (2023). Pengembangan Media Interaktif Berbasis HTML5 Digital Story Pocketbook Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV. JURNAL PERSEDA, 152-161. https://www.jurnal.ummi.ac.id/index.php/perseda/article/view/2111

Ahmad Bagus Fernanda, F. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran TEKAGA Berbasis Construct 2 Mupel IPAS Kelas IV SDN Butuh 1 Sawangan. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 167-176. https://ojs.cbn.ac.id/index.php/jukanti/article/view/953

Alam, A. (2022). Employing Adaptive Learning and Intelligent Tutoring Robots for Virtual Classrooms and Smart Campuses: Reforming Education in the Age of Artificial Intelligence. Singapore: Springer. https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-981-19-2980-9_32

Dela Elviana, J. (2022). Pengembangan Media Smart Apps Creator (SAC) Berbasis Android Pada Materi Suhu Dan Kalor Mata Pelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 746-760. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/46270

Eneng Diana Putri Latipah, E. A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pembelajaran CTL dan RME. Jurnal Matematika , 1-12. https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/matematika/article/view/3691

Febblina Daryanes, D. D. (2023) The Development Of Articulate Storyline Interactive Learning Media Based On Case Methods To Train Student’s Problem-Solving Ability. Heliyon , 1-14. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e15082.

Fikri Arnandi, N. S. (2022). Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Smart Apps Creator pada Materi Bilangan Bulat di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 345-356.

Huda, I. A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap. JURNAL PENDIDIKAN dan KONSELING, 121-125. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/622

Jenny Ramadona Putri Ardi Yudha, S. S. (2021). Manfaat Media Pembelajaran Youtube Terhadap Capaian Kompetensi Mahasiswa. Journal of Telenursing, 538-545. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOTING/article/view/2561

Khasanah, R. (2021). Development of Learning Media Based on Smart Apps Creator . Jurnal Pendidikan, 1006-1016. https://journal.staihubbulwathan.id/index.php/alishlah/article/view/549

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam , 94-100. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/459

Mudinillah, A. (2021 ). Software untuk Media Pembelajaran (Dilengkapi dengan Link Download Aplikasi). Yogyakarta : Bintang Pustaka Madani.

Muhammad Riyanto, U. J. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Videoscribe Pada Mata Pelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 1-11. https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/article/view/6419

Nabil Fikri Adam, P. K. (2023). Development Of Interactive Learning Media Articulate Storyline Of Indonesian Language Learning in Fourth Grade Elementary School. Journal of Education, Teaching, and Learning, 274-281. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JETL/article/view/4854

Pebria Dheni Purnasari, Y. D. (2021). Strategi Pembelajaran Pendidikan Dasar di Perbatasan pada Era Digital. Jurnal Basicedu, 3089-3100. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1218

Qoulan Syadida, Y. E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Smart Apps Creator pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Practice Learning and Educational Development, 17-25. https://digitalpress.gaes-edu.com/index.php/jpled/article/view/31

Sesmiyanti, R. A. (2019). N-Gain Algorithm for Analysis of Basic Reading. EUDL Journal, 1-9. https://eudl.eu/doi/10.4108/eai.19-7-2019.2289527

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta.

Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 103-114. https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/113