PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKAGA BERBASIS CONSTRUT 2 MUPEL IPAS KELAS IV SDN BUTUH 1 SAWANGAN

Main Article Content

Ahmad Bagus Fernanda
Farid Ahmadi

Abstract

This study discussed the learning media in the form of TEKAGA (Tebak Kata Gambar) based on Construct 2 class IV SD science content material Indonesia Rich and Culture. The research  is Research and Development (R & D). The Steps of this research used the Borg and Gall model, which were adjusted to the development needs, time, and circumtances of the research, including potential and problems, collection of data/information, product design, design validation, revised Design small-class product trials, revise products, large-class trials. The software development method used the Multimedia Development Life Cycle or we are often familiar MDLC method. The research a instructional media that can be accessed via a smartphone or computer using Construct 2, which is based on HTML 5 to develop games.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
A. B. Fernanda and F. . Ahmadi, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKAGA BERBASIS CONSTRUT 2 MUPEL IPAS KELAS IV SDN BUTUH 1 SAWANGAN”, JUKANTI, vol. 6, no. 2, pp. 167–176, Nov. 2023.
Section
Artikel
Author Biography

Farid Ahmadi, Universitas Negeri Semarang

Nama :Farid Ahmadi, S.Kom.,M.Kom., Ph.D.

Instansi : Universitas Negeri Semarang

Jabatan : Lektor Kepala (Wakil Dekan I) FIPP Universitas Negeri Semarang

References

Tafonao T. 2018. Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan The Role Of Instructional Media To Improving. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).

Harsiwi, Udi Budi, Liss Dyah D.A,. 2020. Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 4. no.4

Kevin A.A. 2017. Aplikasi Game Edukasi Bahasa Inggris Berbasis Macromedia Falsh Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Simki-Techsain 1.7

Putri .L.I ,Basir A. 2020. Media Edukatif Pembelajaran Matematika Madrasah Ibtidaiyah. Edumatika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 33.

Lidya Dias, J.Einstein, Gerlan A.M. 2021. Perancangan Game Edukasi Sejarah Kemerdekaan Indonesia Menggunakan Aplikasi Construct 2 Berbasis Android. JUKANTI Vol (4) no (1) April 2021.

Astri Astuti, Ardana, dan Putra. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Question Card Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 219-228.

Surti W dan Jailani M. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas Dan Media Kartu Tebak Kata Pada Peserta Didik Di SDN 1 Pulau Telo Kuala Kapuas Tahun Ajaran 2016/2017. Pedagogik Jurnal Pendidikan , 12(2), 14-27.

Kurnisari R. 2016. Penggunaan Media Kartu Tebak Kata Berpasangan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jenis-Jenis Perekonomian dalam Masyarakat (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Sindang I Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. Journal of Chemical Information and Modeling, 2(9), 1689-1699.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung : Alfabeta.

Effendi H. 2016. Pengembangan Model Blended Learning Interaktif dengan Prosedur Borg and Gall. Jurnal INTERNATIONAL SEMINAR ON EDUCATION.

Muhammad Rizal M, Kamaruddin. 2019. Rancang Bangun Game Edukasi Vocabulary English

Menggunakan Metode MDLC. Jurnal Teknologi Komunikasi dan Informasi pp 75-80.

E. Pujiono. 2018. Media Pembelajaran Interaktif berbasis Construct 2 pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Materi Hindu Budha untuk SMA Negeri 1 Semarang Kelas X . JP3 (Jurnal Pendidik, dan Profesi Pendidik), Vol.3, no. 1, pp. 1-17

Nienke Nieveen. 1999. Prototyping to Reach Product Quality. In In Design Approaches and Tools in Education and Training. Springer.

Muhammad Hanif Mukhlas. 2018. Keefektifan Model Pembelajaran Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar Pada Tema 7 “Indahnya Keragaman Di Negeriku” Siswa kelas IV. Jurnal Mimbar Ilmu , Vol 23 No. 3 2018.

Ratu Atriliani, Iis Nuraisah, Dyah Lyesmana. 2019. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Model Tebak Kata Di Kelas Tinggi. Jurnal Perseda Vol 2, No. 2 Tahun 2019.