HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT TERHADAP PEMANFAATAN MOBILE JKN DI DESA TUMPANG KABUPATEN MALANG

Main Article Content

Irma Cyan Ningrum Cyan Ningrum
A.A. Istri Citra Dewiyani
Anggi Ardhiasti

Abstract

Penduduk Indonesia yang terdaftara sebagai peserta JKN yaitu sejumlah 241,79 juta jiwa dan dari jumlah tersebut hanya 4,15 yang mengunduh aplikasi Mobile JKN di ponselnya. Berdasarkan hasil survei pendahuluan peneliti di Desa Tumpang Kabupaten Malang sebesar 29,79 masyarakatnya belum mengetahui aplikasi Mobile JKN. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan tingkat pengetahuan masyarakat terhadap pemanfaatan aplikasi Mobile JKN di Desa Tumpang Kabupaten Malang. Metode penelitian ini menggunakan metode analitik kuantitatif. Objek penelitian berupa 100 responden dari peserta JKN yang berdomisili di Desa Tumpang Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data dengan cara mengisi kuesioner dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan masyarakat dengan pemanfaatan aplikasi Mobile JKN di Desa Tumpang Kabupaten Malang dengan hasil( P- Value 0,026), tingkat pengetahuan masyarakat Desa Tumpang terhadap aplikasi Mobile JKN 88% berpengetahuan baik, dan presentase masyarakat dalam memanfaatkan aplikasi 61% belum memanfaaatkan. Kesimpulan ada hubungan antara tingkat pengetahuan dengan pemanfatan Mobile JKN, sebagian besar masyarakat Desa Tumpang sudah berpengetahuan baik terhadap aplikasi, dan mayoritas penduduk Desa Tumpang belum memanfaatkan aplikasi Mobile JKN.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
I. C. N. Cyan Ningrum, A. I. C. . Dewiyani, and A. Ardhiasti, “HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT TERHADAP PEMANFAATAN MOBILE JKN DI DESA TUMPANG KABUPATEN MALANG”, JUKANTI, vol. 6, no. 2, pp. 78–86, Nov. 2023.
Section
Artikel

References

Aisyah, N., 2021. Detikedu. [Online]

Asih Pratiwi, B. B. R., 2017. Pemanfaatan Pusat Layanan Kesehatan (Puslakes)Universitas Negeri Semarang. Higeia Journal Of Public Health Research And Development, Volume 4, p. 55.

Emny Harna Yossy, S. M. (2020, Juni 15). Binus Online Learnig. Retrieved From Pengetahuan / Knowledge: Https://Onlinelearning.Binus.Ac.Id/Computer-Science/Post/Pengetahuan-Knowledge

Herlinawati, L. B., 2021. Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pendaftaran Online Pada Aplikasi Mobile Jkn. P. 82.

Krisdayanti, W., 2021. Pemanfaatan Aplikasi Mobile Jaminankesehatan Nasional (Jkn) Untuk Meningkatkan Efektivitas Pelayananbpjs Kesehatan Di Kota Medan, Sumatera Utara: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Kurniawan, Y. T., Kanto, S., & Mardiyono, M. (2015). Strategi Optimalisasi Implementasi Jaminan Kesehatan Nasional Untuk Keluarga Miskin Di Puskesmas Kedamean. Wacana, Jurnal Sosial Dan Humaniora, 18(02), 80–89. Https://Doi.Org/10.21776/Ub.Wacana.2015.018.02.2

Oktarianita, A. S. N. W. F., 2021. Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan KesehatanPada Masa Pandemi Covid-19 Di Puskesmas Lingkar Barat. Volume 4, p. 1375.

Putra Agina Widyaswara Suwaryo, p. Y., 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat PengetahuanMasyarakat dalam Mitigasi Bencana Alam Tanah Longsor. p. 309.

Ratriani, V. (2022, Oktober 18). Keuangan. Diambil Kembali Dari Kontan.Co.Id News Data Financial Tools: Https://Keuangan.Kontan.Co.Id/News/Rincian-Iuran-Bpjs-Kesehatan-Yang-Berlaku-Saat-Ini-September-2022

Wahyuni, F. (2021). Efektivitas Pelayanan Jaminan Kesehatan Berbasis Teknologi Mobile Jkn Di Bpjs Kesehatan Cabang Bandar. Birokrasi,Kebijakan, Dan Pelayanan Publik, 388.

Wulandari, A. (2019). Inovasi Bpjs Kesehatan Dalam Pemeberian Layanan Kepada Masyarakat: Aplikasi Mobile Jkn. Public Policy, 101.