HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT TERHADAP PEMANFAATAN MOBILE JKN DI DESA TUMPANG KABUPATEN MALANG
Main Article Content
Abstract
Penduduk Indonesia yang terdaftara sebagai peserta JKN yaitu sejumlah 241,79 juta jiwa dan dari jumlah tersebut hanya 4,15 yang mengunduh aplikasi Mobile JKN di ponselnya. Berdasarkan hasil survei pendahuluan peneliti di Desa Tumpang Kabupaten Malang sebesar 29,79 masyarakatnya belum mengetahui aplikasi Mobile JKN. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan tingkat pengetahuan masyarakat terhadap pemanfaatan aplikasi Mobile JKN di Desa Tumpang Kabupaten Malang. Metode penelitian ini menggunakan metode analitik kuantitatif. Objek penelitian berupa 100 responden dari peserta JKN yang berdomisili di Desa Tumpang Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data dengan cara mengisi kuesioner dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan masyarakat dengan pemanfaatan aplikasi Mobile JKN di Desa Tumpang Kabupaten Malang dengan hasil( P- Value 0,026), tingkat pengetahuan masyarakat Desa Tumpang terhadap aplikasi Mobile JKN 88% berpengetahuan baik, dan presentase masyarakat dalam memanfaatkan aplikasi 61% belum memanfaaatkan. Kesimpulan ada hubungan antara tingkat pengetahuan dengan pemanfatan Mobile JKN, sebagian besar masyarakat Desa Tumpang sudah berpengetahuan baik terhadap aplikasi, dan mayoritas penduduk Desa Tumpang belum memanfaatkan aplikasi Mobile JKN.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JUKANTI Journal License
JUKANTI is committed to promoting open access and the free distribution of knowledge. We implement the following license model to ensure fair and ethical use of the materials published.
Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0)
All articles published by JUKANTI are licensed under the Creative Commons Attribution 4.0 International License. This license allows users to:
- Copy and Distribute: Users are free to copy, distribute, and display the original work, provided they give appropriate credit to the authors and the source.
- Adapt: Users can modify, change, and build upon the original work, provided they give appropriate credit and indicate if changes were made.
- Commercial Use: Users can use the work for commercial purposes, provided they give appropriate credit.
Author Obligations
Authors publishing their articles with JUKANTI agree to:
- Guarantee that the work is original and free from copyright infringement.
- Grant permission to JUKANTI to publish the work under the CC BY 4.0 license.
- Retain the original copyright of their work, with the publication license granted to JUKANTI.
Compliance with DOAJ
JUKANTI is committed to complying with the guidelines and standards set by the Directory of Open Access Journals (DOAJ). We strive to ensure integrity, transparency, and high quality in all our publications.
For further questions or clarifications regarding this license, please contact Jukanti Editor at jukanti.ejournalcbn@gmail.com.
References
Aisyah, N., 2021. Detikedu. [Online]
Asih Pratiwi, B. B. R., 2017. Pemanfaatan Pusat Layanan Kesehatan (Puslakes)Universitas Negeri Semarang. Higeia Journal Of Public Health Research And Development, Volume 4, p. 55.
Emny Harna Yossy, S. M. (2020, Juni 15). Binus Online Learnig. Retrieved From Pengetahuan / Knowledge: Https://Onlinelearning.Binus.Ac.Id/Computer-Science/Post/Pengetahuan-Knowledge
Herlinawati, L. B., 2021. Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pendaftaran Online Pada Aplikasi Mobile Jkn. P. 82.
Krisdayanti, W., 2021. Pemanfaatan Aplikasi Mobile Jaminankesehatan Nasional (Jkn) Untuk Meningkatkan Efektivitas Pelayananbpjs Kesehatan Di Kota Medan, Sumatera Utara: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Kurniawan, Y. T., Kanto, S., & Mardiyono, M. (2015). Strategi Optimalisasi Implementasi Jaminan Kesehatan Nasional Untuk Keluarga Miskin Di Puskesmas Kedamean. Wacana, Jurnal Sosial Dan Humaniora, 18(02), 80–89. Https://Doi.Org/10.21776/Ub.Wacana.2015.018.02.2
Oktarianita, A. S. N. W. F., 2021. Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemanfaatan Pelayanan KesehatanPada Masa Pandemi Covid-19 Di Puskesmas Lingkar Barat. Volume 4, p. 1375.
Putra Agina Widyaswara Suwaryo, p. Y., 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat PengetahuanMasyarakat dalam Mitigasi Bencana Alam Tanah Longsor. p. 309.
Ratriani, V. (2022, Oktober 18). Keuangan. Diambil Kembali Dari Kontan.Co.Id News Data Financial Tools: Https://Keuangan.Kontan.Co.Id/News/Rincian-Iuran-Bpjs-Kesehatan-Yang-Berlaku-Saat-Ini-September-2022
Wahyuni, F. (2021). Efektivitas Pelayanan Jaminan Kesehatan Berbasis Teknologi Mobile Jkn Di Bpjs Kesehatan Cabang Bandar. Birokrasi,Kebijakan, Dan Pelayanan Publik, 388.
Wulandari, A. (2019). Inovasi Bpjs Kesehatan Dalam Pemeberian Layanan Kepada Masyarakat: Aplikasi Mobile Jkn. Public Policy, 101.