PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PPKn TERHADAP TANGGUNG JAWAB BELAJAR DAN HASIL BELAJAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran blended learning pada mata pelajaran ppkn terhadap tanggung jawab belajar dan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Jombang. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian adalah menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (Quasi Experimental). Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan asumsi bahwa populasi bersifat homogen. Kelas yang terpilih sebagai sampel yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 32 Peserta didik dan kelas VII E sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 32 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dari tes hasil belajar siswa yang terdiri atas 20 butir soal pilihan ganda dan angket tangung jawab belajar yang terdiri dari 20 butir pernyataan dengan 10 indikator. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukan, kelas eksperimen dengan jumlah responden 32 siswa memiliki rata-rata 83,72. Sedangkan pada kelas kontrol dengan jumlah responden 32 siswa memiliki rata-rata 70,28. dari hasil uji t-test menggunakan independent sample test diperoleh t hitung = 6,182 dan t tabel = 1,671. Nilai signifikansi pada tabel menunjukkan 0.000 < 0.05 maka H1 diterima dan H0 ditolak. sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar dan tanggung jawab peserta didik kelas VII mata pelajaran PPKn SMP Negeri 4 Jombang.
Downloads
Article Details
JUKANTI Journal License
JUKANTI is committed to promoting open access and the free distribution of knowledge. We implement the following license model to ensure fair and ethical use of the materials published.
Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0)
All articles published by JUKANTI are licensed under the Creative Commons Attribution 4.0 International License. This license allows users to:
- Copy and Distribute: Users are free to copy, distribute, and display the original work, provided they give appropriate credit to the authors and the source.
- Adapt: Users can modify, change, and build upon the original work, provided they give appropriate credit and indicate if changes were made.
- Commercial Use: Users can use the work for commercial purposes, provided they give appropriate credit.
Author Obligations
Authors publishing their articles with JUKANTI agree to:
- Guarantee that the work is original and free from copyright infringement.
- Grant permission to JUKANTI to publish the work under the CC BY 4.0 license.
- Retain the original copyright of their work, with the publication license granted to JUKANTI.
Compliance with DOAJ
JUKANTI is committed to complying with the guidelines and standards set by the Directory of Open Access Journals (DOAJ). We strive to ensure integrity, transparency, and high quality in all our publications.
For further questions or clarifications regarding this license, please contact Jukanti Editor at jukanti.ejournalcbn@gmail.com.