ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA KONSEP FISIKA SELAMA PANDEMI

Main Article Content

Rizka Febrianti Abdul Rohim
Kirana Mahardhika
Siti Mariyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan media pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa selama pandemi dengan menggunakan metodologi penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif serta teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Dalam konteks ini media pembelajaran berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa  untuk membantu penyampaian bahan ajar sehingga mengaktifkan kegiatan pembelajaran daring selama pandemi. Berdasarkan hasil analisis jurnal yang relevan mengindikasikan bahwa dalam penggunaan media pembelajaran non-interaktif seperti Google Classroom, Zoom Meeting, Google Meet, dan WhatsApp Group belum optimal dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dikarenakan penggunaannya masih banyak kendala serta keterbatasan dalam proses pembelajaran. Namun, penggunaan media pembelajaran non-interaktif berbantu media pembelajaran interaktif seperti, quipper, moodle, Microsoft Teams, dan edmodo dapat lebih meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi fisika selama pandemi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
R. F. Abdul Rohim, K. Mahardhika, and S. Mariyah, “ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA KONSEP FISIKA SELAMA PANDEMI”, JUKANTI, vol. 4, no. 2, pp. 49–55, Nov. 2021.
Section
Artikel