EFEKTIVITAS PENGGUNAAN NEARPOD TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH TERMODINAMIKA

Main Article Content

Zahrotun Muhtarisatul
Hanni Alicia Islamiya
Tami Fardisah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa sukses penggunaan media pembelajaran nearpod dalam meningkatkan engagement mahasiswa pada mata kuliah Termodinamika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan penelitian deskriptif. Instrumen tes angket yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 20 item pernyataan pembelajaran tanpa menggunakan nearpod dan 28 item pernyataan untuk menguji keefektifan penggunaan nearpod dalam pembelajaran mata kuliah Termodinamika. Jika r hitung > r tabel pada taraf signifikan 5%, item pernyataan valid, dan jika r hitung r tabel, item instrumen tidak valid, sesuai dengan kriteria pengambilan keputusan. Sedangkan nilai alpha menentukan reliabilitas instrumen penelitian. Instrumen penelitian dikatakan reliabel jika nilai alpha lebih besar dari 0,80 dan uji validitas sig. 2 tailed > 0,361 pada kuesioner pertama dan kedua menunjukkan bahwa kuesioner tersebut valid. Kuesioner yang digunakan memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi, dibuktikan dengan alpha > 0,80 pada uji reliabilitas kuesioner I dan II. Persentase minat belajar mahasiswa pada kriteria sangat tinggi meningkat dari 33,3 % menjadi 50 % pada pembelajaran dengan nearpod dibandingkan dengan pembelajaran tanpa nearpod. Media pembelajaran nearpod efektif dalam meningkatkan keterikatan mahasiswa dalam pembelajaran pada mata kuliah Termodinamika, berdasarkan temuan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
Z. Muhtarisatul, H. A. Islamiya, and T. Fardisah, “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN NEARPOD TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH TERMODINAMIKA”, JUKANTI, vol. 4, no. 2, pp. 63–71, Nov. 2021.
Section
Artikel