ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BIZNET DAN INDIHOME DI SALATIGA MENGGUNAKAN GAME THEORY

Isi Artikel Utama

Rivo Bridinan Richkakauhe Masinambow
Adi Nugroho

Abstrak

Penelitian ini menganalisis strategi pemasaran Biznet dan Indihome di Kota Salatiga menggunakan teori permainan. Data primer dan sekunder dikumpulkan melalui survei dan wawancara dengan calon pelanggan dan pelanggan yang sudah ada, kemudian dianalisis dengan menggunakan teori permainan untuk menentukan strategi optimal bagi Biznet dan Indihome. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Biznet unggul dalam hal kecepatan internet, sedangkan Indihome memiliki keunggulan harga. Strategi optimal untuk Biznet adalah menaikkan harga sedikit namun mempertahankan kecepatan internet yang tinggi, sedangkan Indihome sebaiknya menurunkan harga sedikit dan menawarkan paket internet dengan kecepatan yang baik. Dengan mengikuti strategi ini, kedua perusahaan dapat mencapai keuntungan yang sama. Namun, jika melanggar strategi ini, akan mengakibatkan penurunan keuntungan bagi Biznet atau Indihome. Penelitian ini memberikan wawasan berharga untuk pengambilan keputusan yang optimal di pasar yang sangat kompetitif di Kota Salatiga.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
R. B. R. Masinambow dan A. . Nugroho, “ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BIZNET DAN INDIHOME DI SALATIGA MENGGUNAKAN GAME THEORY”, JUKANTI, vol. 6, no. 2, hlm. 299–307, Nov 2023.
Bagian
Articles

Referensi

A. N. N. Laila and K. Trifiyanto, “Analisis Game Theory pada Strategi Bersaing Alfamart dan Indomaret di Kebumen,” J. Ilm. Mhs. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 3, no. 2, pp. 251–259, 2021, doi: 10.32639/jimmba.v3i2.783.

Aswir and H. Misbah, “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title,” Photosynthetica, vol. 2, no. 1, pp. 1–13, 2018.

A. R. Praditya, S. Yulianto, and J. Prasetyo, “Game Theory Dalam Penentuan Strategi Pemasaran Optimal Dalam ( Studi Kasus Persaingan E-Commerce Shopee dan TokoPedia ),” TIN Terap. Inform. Nusant., vol. 2, no. 2, pp. 53–57, 2021.

T. P. Lumbantobing, “Strategi Kompetisi Antar Gojek dan Grab dengan Menggunakan Game Theory.” p. 80, 2018.

D. Pasar, V. I. Kualanamu, D. Serdang, and S. Utara, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Penggunaan Internet Masyarakat Jurnal Penelitian Pos dan Informatika PENGGUNAAN INTERNET MASYARAKAT DESA PASAR VI KUALANAMU , DELI SERDANG SUMATERA UTARA FACTORS AFFECTING THE BEHAVIOUR OF INTERNET USE OF VILLAGER ,” vol. 5, no. May, pp. 65–86, 2018, doi: 10.17933/jppi.2015.050100.

Z. Nana, W. Xiujian, and Z. Zhongqiu, “Game theory analysis on credit risk assessment in E-commerce,” Inf. Process. Manag., vol. 59, no. 1, p. 102763, 2022, doi: 10.1016/j.ipm.2021.102763.

M. K. RI, “No TitleΕΛΕΝΗ,” Αγαη, vol. 8, p. 55, 2019.

S. Muhammad, Hari, and Bulan, “Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi semakin berkembangnya industri,” Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Prod. Terhadap Minat Beli Konsum. Kerudung Rabbani Saikoo, 2014.

V. D. A. Lelono and R. Vikaliana, “Pengaruh Antrian Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Biznet Home Di Branch Kelapa Gading,” J. Sains Sosio Hum., vol. 4, no. 2, pp. 661–672, 2020, doi: 10.22437/jssh.v4i2.11526.