GAMBARAN KEMAMPUAN CALON GURU DALAM MENDESAIN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS TEKNOLOGI BERDASARKAN PENDEKATAN TECHNOLOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TCK)

Isi Artikel Utama

Jannes Bastian Selly

Abstrak

ABSTRAK


 Technological Content Knowledge (TCK) merupakan salah satu komponen integrasi dari pendekatan TPACK. TCK merupakan komponen yang mengintegrasikan antara pemahaman mengenai konsep, prinsip dan teori pada bidang ilmu tertentu, dengan pemahaman tentang teknologi sehingga dapat menghasilkan model atau media pembelajaran berbasis teknologi yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan calon guru dalam mendesain media pembelajaran fisika yang tepat dan menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional dengan pendekatan studi kasus.  Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes tertulis dan lembar observasi yang memuat sembilan  indikator TCK.  Responden diminta untuk mengerjakan soal tes tertulis materi energi, kemudian responden diminta mendesain media pembelajaran untuk topik yang dipelajari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Semua responden (100%) memiliki pemahaman dan kemampuan yang baik dalam pemanfaatan teknologi. Sebaliknya hanya sebagian responden (56%) yang dinilai memiliki pemahaman dan kemampuan yang baik pada konsep energi. Untuk komponen integrasi TCK, sebagian besar (74%) mendapatkan penilaian yang baik dari observer. Hasil penelitian ini menjadi bahan refleksi untuk upaya peningkatan terhadap pemahaman konsep dasar fisika bagi mahasiswa calon guru.


Kata kunci:. Technological Knowledge (TK), Content Knowledge (CK), Technological Conten Knowledge (TCK), Media Pembelajaran

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
J. B. Selly, “GAMBARAN KEMAMPUAN CALON GURU DALAM MENDESAIN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS TEKNOLOGI BERDASARKAN PENDEKATAN TECHNOLOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TCK)”, JUKANTI, vol. 6, no. 2, hlm. 438–444, Nov 2023.
Bagian
Articles

Referensi

(1) Herizal, Nuraina, Rohantizani, Marhami. Profil TPACK Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyongsong Pembelajaran Abad 21. J Ilmu Sos dan Pendidik. 2022;6(1):1847–57.

(2) Malichatin H. Analisis Kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Biologi Melalui Kegiatan Presentasi di Kelas. J Biol Educ. 2019;2(2):162–71.

(3) Sholihah M, Yuliati L. Peranan Tpack Terhadap Kemampuan Calon Guru Fisika Dalam Pembelajaran POST-PACK. J Pendidik Teor Penelit dan Pengemb. 2016;1(2):144–53.

(4) Riwu MHD, Widiati U, Ramly M. Penggunaan Alat Peraga Kartu PN Berbasis Video Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar. J Pendidik Inform. 2023;6(1):63–73.

(5) Made N, Suniati S, Sadia W, Suhandana A. Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Multimedia Interaktif Tehadap Penurunan Miskonsepsi (Studi Kuasi Eksperimen dalam Pembelajaran Cahaya dan Alat Optik di SMP Negeri 2 Amlapura ) Universitas Pendidikan Ganesha Singar. e-journal Progr Pascasarj Univ Pendidik Ganesha. 2013;4(1).

(6) Zulaiha F, Meisadewi N. Profil Literasi Sains Siswa Sma Kelas X Pada Masa Pandemi COVID-19. J Ilm Jemb dalam Ef Ilmu dan Akhlak. 2022;3(1):66–75.

(7) Sari S. Literasi Media pada Generasi Milenial di Era Digital. 2019;6(2):30–42.