GAMBARAN KEMAMPUAN CALON GURU DALAM MENDESAIN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS TEKNOLOGI BERDASARKAN PENDEKATAN TECHNOLOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TCK)
Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Technological Content Knowledge (TCK) merupakan salah satu komponen integrasi dari pendekatan TPACK. TCK merupakan komponen yang mengintegrasikan antara pemahaman mengenai konsep, prinsip dan teori pada bidang ilmu tertentu, dengan pemahaman tentang teknologi sehingga dapat menghasilkan model atau media pembelajaran berbasis teknologi yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan calon guru dalam mendesain media pembelajaran fisika yang tepat dan menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional dengan pendekatan studi kasus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes tertulis dan lembar observasi yang memuat sembilan indikator TCK. Responden diminta untuk mengerjakan soal tes tertulis materi energi, kemudian responden diminta mendesain media pembelajaran untuk topik yang dipelajari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Semua responden (100%) memiliki pemahaman dan kemampuan yang baik dalam pemanfaatan teknologi. Sebaliknya hanya sebagian responden (56%) yang dinilai memiliki pemahaman dan kemampuan yang baik pada konsep energi. Untuk komponen integrasi TCK, sebagian besar (74%) mendapatkan penilaian yang baik dari observer. Hasil penelitian ini menjadi bahan refleksi untuk upaya peningkatan terhadap pemahaman konsep dasar fisika bagi mahasiswa calon guru.
Kata kunci:. Technological Knowledge (TK), Content Knowledge (CK), Technological Conten Knowledge (TCK), Media Pembelajaran
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Lisensi Jurnal JUKANTI
JUKANTI berkomitmen untuk mempromosikan akses terbuka dan distribusi bebas pengetahuan. Kami menerapkan model lisensi berikut untuk memastikan penggunaan yang adil dan etis dari materi yang diterbitkan.
Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)
Semua artikel yang diterbitkan oleh JUKANTI dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan pengguna untuk:
- Menyalin dan Mendistribusikan: Pengguna bebas menyalin, mendistribusikan, dan menampilkan karya asli, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat kepada penulis dan sumber.
- Mengadaptasi: Pengguna dapat mengubah, mengubah, dan membangun karya asli, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat dan menunjukkan jika perubahan telah dilakukan.
- Penggunaan Komersial: Pengguna dapat menggunakan karya untuk tujuan komersial, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat.
Kewajiban Penulis
Penulis yang menerbitkan artikelnya dengan JUKANTI setuju untuk:
- Menjamin bahwa karya adalah asli dan bebas dari pelanggaran hak cipta.
- Memberikan izin kepada JUKANTI untuk menerbitkan karya di bawah lisensi CC BY 4.0.
- Menyimpan hak cipta asli atas karya mereka, dengan lisensi publikasi yang diberikan kepada JUKANTI.
Kepatuhan dengan DOAJ
JUKANTI berkomitmen untuk mematuhi pedoman dan standar yang ditetapkan oleh Directory of Open Access Journals (DOAJ). Kami berusaha untuk memastikan integritas, transparansi, dan kualitas tinggi dalam semua publikasi kami.
Untuk pertanyaan atau klarifikasi lebih lanjut mengenai lisensi ini, silakan hubungi Editor Jukanti di jukanti.ejournalcbn@gmail.com.
Referensi
(1) Herizal, Nuraina, Rohantizani, Marhami. Profil TPACK Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyongsong Pembelajaran Abad 21. J Ilmu Sos dan Pendidik. 2022;6(1):1847–57.
(2) Malichatin H. Analisis Kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Biologi Melalui Kegiatan Presentasi di Kelas. J Biol Educ. 2019;2(2):162–71.
(3) Sholihah M, Yuliati L. Peranan Tpack Terhadap Kemampuan Calon Guru Fisika Dalam Pembelajaran POST-PACK. J Pendidik Teor Penelit dan Pengemb. 2016;1(2):144–53.
(4) Riwu MHD, Widiati U, Ramly M. Penggunaan Alat Peraga Kartu PN Berbasis Video Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar. J Pendidik Inform. 2023;6(1):63–73.
(5) Made N, Suniati S, Sadia W, Suhandana A. Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Multimedia Interaktif Tehadap Penurunan Miskonsepsi (Studi Kuasi Eksperimen dalam Pembelajaran Cahaya dan Alat Optik di SMP Negeri 2 Amlapura ) Universitas Pendidikan Ganesha Singar. e-journal Progr Pascasarj Univ Pendidik Ganesha. 2013;4(1).
(6) Zulaiha F, Meisadewi N. Profil Literasi Sains Siswa Sma Kelas X Pada Masa Pandemi COVID-19. J Ilm Jemb dalam Ef Ilmu dan Akhlak. 2022;3(1):66–75.
(7) Sari S. Literasi Media pada Generasi Milenial di Era Digital. 2019;6(2):30–42.