EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Project Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam pembelajaran desain grafis dengan langkah langkah pendekatan model Project Based Learning.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen desain intact-group comparison. Penelitian ini menggunakan instrumen dalam penelitian ini berupa angket. Kemudian data dianalisis menggunakan uji Independent Sample t-test
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Lisensi Jurnal JUKANTI
JUKANTI berkomitmen untuk mempromosikan akses terbuka dan distribusi bebas pengetahuan. Kami menerapkan model lisensi berikut untuk memastikan penggunaan yang adil dan etis dari materi yang diterbitkan.
Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)
Semua artikel yang diterbitkan oleh JUKANTI dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan pengguna untuk:
- Menyalin dan Mendistribusikan: Pengguna bebas menyalin, mendistribusikan, dan menampilkan karya asli, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat kepada penulis dan sumber.
- Mengadaptasi: Pengguna dapat mengubah, mengubah, dan membangun karya asli, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat dan menunjukkan jika perubahan telah dilakukan.
- Penggunaan Komersial: Pengguna dapat menggunakan karya untuk tujuan komersial, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat.
Kewajiban Penulis
Penulis yang menerbitkan artikelnya dengan JUKANTI setuju untuk:
- Menjamin bahwa karya adalah asli dan bebas dari pelanggaran hak cipta.
- Memberikan izin kepada JUKANTI untuk menerbitkan karya di bawah lisensi CC BY 4.0.
- Menyimpan hak cipta asli atas karya mereka, dengan lisensi publikasi yang diberikan kepada JUKANTI.
Kepatuhan dengan DOAJ
JUKANTI berkomitmen untuk mematuhi pedoman dan standar yang ditetapkan oleh Directory of Open Access Journals (DOAJ). Kami berusaha untuk memastikan integritas, transparansi, dan kualitas tinggi dalam semua publikasi kami.
Untuk pertanyaan atau klarifikasi lebih lanjut mengenai lisensi ini, silakan hubungi Editor Jukanti di jukanti.ejournalcbn@gmail.com.
Referensi
Apriliani, D. N., & Panggayuh, V. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (Project Based Learning) Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X RPL Di SMK Negeri 1 Boyolangu. JoEICT (Journal of Education and Information Communication Technology), 2(20), 19–26.
http://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/joeict/article/view/691
Cahyaningtyas, D., Wardani, N. S., & Yudarasa, N. S. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar dan Sikap Kerjasama Siswa Melalui Penerapan Discovery Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1), 59–67.
https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p59-67
Dinawati, S., & Arianti, A. (2024). PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL Project Based Learning. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09, 3218–3229.
Febrianti, I. R., Subiki, S., & Supriadi, B. (2023). Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan E-LKPD terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa sma pokok bahasan besaran dan satuan. Jurnal Pembelajaran Fisika, 12(2), 41–46.
Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (Project Based Learning) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 307–314. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870
Ingtiyasningsih, P., Nurhidayati, N., & Ngazizah, N. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Di Kelas V Sd Negeri Kepatihan. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(2), 210. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i2.10605
Khairna, V. P., Sukardi, S., & Handayani, N. (2022). Aplikasi Model Project Based Learning Berbantuan Media Vlog terhadap High Order Thinking Skill pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 7(2), 157. https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.6002
Kurniawati, I. D. (2021). Efektifitas Project Based Learning Berbantuan Video terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 769–773. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENATIK/article/view/2049
M. Aditya Ramadhan. (2019). Metode Ceramah Untuk Pembelajaran. Jurnal Pendidikan.
Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082–1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171–187.
Pratiwi, W. C., Kusdianah, K., & Susanah, S. (2023). MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (Project Based Learning) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 31–36. https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/inteligensi/article/view/4711
Ramadianti, A. A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 93–98. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i2.668
Sa’adah, I. L., & Pertiwi, F. N. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Literasi Ilmiah Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(1), 13–22. https://doi.org/10.21154/jtii.v2i1.464
Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2020). Peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan project-based learning. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 8(2), 163–171.
Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan project-based learning. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 8(1), 163–171. https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i2.40574
Sudrajat, A., & Budiarti, I. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Project Based Learning Kelas Iv Sdit Al Kawaakib Jakarta Barat. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 105–109. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i2.5441
Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, I(I), 105–113. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/660/569