EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS

Isi Artikel Utama

Ahmad Indra Harahap
Andrean Andrean
Harry Pratama Figna

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Project Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa khususnya dalam pembelajaran desain grafis dengan langkah langkah pendekatan model Project Based Learning.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen desain intact-group comparison. Penelitian ini menggunakan instrumen dalam penelitian ini berupa angket. Kemudian data dianalisis menggunakan uji Independent Sample t-test

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
A. I. Harahap, A. Andrean, dan H. P. Figna, “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS”, JUKANTI, vol. 7, no. 2, hlm. 336–344, Nov 2024.
Bagian
Articles

Referensi

Apriliani, D. N., & Panggayuh, V. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (Project Based Learning) Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X RPL Di SMK Negeri 1 Boyolangu. JoEICT (Journal of Education and Information Communication Technology), 2(20), 19–26.

http://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/joeict/article/view/691

Cahyaningtyas, D., Wardani, N. S., & Yudarasa, N. S. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar dan Sikap Kerjasama Siswa Melalui Penerapan Discovery Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1), 59–67.

https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p59-67

Dinawati, S., & Arianti, A. (2024). PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL Project Based Learning. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09, 3218–3229.

Febrianti, I. R., Subiki, S., & Supriadi, B. (2023). Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan E-LKPD terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa sma pokok bahasan besaran dan satuan. Jurnal Pembelajaran Fisika, 12(2), 41–46.

Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (Project Based Learning) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 307–314. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870

Ingtiyasningsih, P., Nurhidayati, N., & Ngazizah, N. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Di Kelas V Sd Negeri Kepatihan. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(2), 210. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i2.10605

Khairna, V. P., Sukardi, S., & Handayani, N. (2022). Aplikasi Model Project Based Learning Berbantuan Media Vlog terhadap High Order Thinking Skill pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 7(2), 157. https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.6002

Kurniawati, I. D. (2021). Efektifitas Project Based Learning Berbantuan Video terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 769–773. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENATIK/article/view/2049

M. Aditya Ramadhan. (2019). Metode Ceramah Untuk Pembelajaran. Jurnal Pendidikan.

Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082–1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171–187.

Pratiwi, W. C., Kusdianah, K., & Susanah, S. (2023). MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (Project Based Learning) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 31–36. https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/inteligensi/article/view/4711

Ramadianti, A. A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 93–98. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i2.668

Sa’adah, I. L., & Pertiwi, F. N. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Literasi Ilmiah Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(1), 13–22. https://doi.org/10.21154/jtii.v2i1.464

Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2020). Peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan project-based learning. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 8(2), 163–171.

Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan project-based learning. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 8(1), 163–171. https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i2.40574

Sudrajat, A., & Budiarti, I. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Project Based Learning Kelas Iv Sdit Al Kawaakib Jakarta Barat. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 105–109. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i2.5441

Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, I(I), 105–113. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/660/569