EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS

Main Article Content

Ahmad Indra Harahap
Andrean Andrean
Harry Pratama Figna

Abstract

This research aims to determine the effectiveness of the Project Based Learning learning model in improving student learning outcomes, especially in graphic design learning with a step-by-step approach to the Project Based Learning model. This research uses a quantitative approach with a whole group comparison design experimental method. This research uses an instrument in this research in the form of a questionnaire. Then the data was analyzed using the Independent Sample t-test.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
A. I. Harahap, A. Andrean, and H. P. Figna, “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN DESAIN GRAFIS”, JUKANTI, vol. 7, no. 2, pp. 336–344, Nov. 2024.
Section
Artikel

References

Apriliani, D. N., & Panggayuh, V. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (Project Based Learning) Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X RPL Di SMK Negeri 1 Boyolangu. JoEICT (Journal of Education and Information Communication Technology), 2(20), 19–26.

http://www.jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/joeict/article/view/691

Cahyaningtyas, D., Wardani, N. S., & Yudarasa, N. S. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar dan Sikap Kerjasama Siswa Melalui Penerapan Discovery Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1), 59–67.

https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p59-67

Dinawati, S., & Arianti, A. (2024). PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL Project Based Learning. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09, 3218–3229.

Febrianti, I. R., Subiki, S., & Supriadi, B. (2023). Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan E-LKPD terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa sma pokok bahasan besaran dan satuan. Jurnal Pembelajaran Fisika, 12(2), 41–46.

Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (Project Based Learning) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 307–314. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870

Ingtiyasningsih, P., Nurhidayati, N., & Ngazizah, N. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Di Kelas V Sd Negeri Kepatihan. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(2), 210. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i2.10605

Khairna, V. P., Sukardi, S., & Handayani, N. (2022). Aplikasi Model Project Based Learning Berbantuan Media Vlog terhadap High Order Thinking Skill pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 7(2), 157. https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.6002

Kurniawati, I. D. (2021). Efektifitas Project Based Learning Berbantuan Video terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 769–773. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENATIK/article/view/2049

M. Aditya Ramadhan. (2019). Metode Ceramah Untuk Pembelajaran. Jurnal Pendidikan.

Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082–1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171–187.

Pratiwi, W. C., Kusdianah, K., & Susanah, S. (2023). MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (Project Based Learning) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 31–36. https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/inteligensi/article/view/4711

Ramadianti, A. A. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 93–98. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i2.668

Sa’adah, I. L., & Pertiwi, F. N. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Literasi Ilmiah Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(1), 13–22. https://doi.org/10.21154/jtii.v2i1.464

Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2020). Peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan project-based learning. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 8(2), 163–171.

Setiawan, L., Wardani, N. S., & Permana, T. I. (2021). Peningkatan kreativitas siswa pada pembelajaran tematik menggunakan pendekatan project-based learning. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 8(1), 163–171. https://doi.org/10.21831/jppfa.v8i2.40574

Sudrajat, A., & Budiarti, I. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Project Based Learning Kelas Iv Sdit Al Kawaakib Jakarta Barat. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 105–109. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i2.5441

Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, I(I), 105–113. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/660/569