ANALISIS RESPON SISWA TERHADAP PENGEMBANGAN HYBRID LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMAN 4 KENDARI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kombinasi antara pembelajaran online dan pembelajaran proyek merupakan pendekatan yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Hal ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan pendidikan di masa depan, di mana metode pembelajaran yang inovatif dan fleksibel semakin dibutuhkan.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Lisensi Jurnal JUKANTI
JUKANTI berkomitmen untuk mempromosikan akses terbuka dan distribusi bebas pengetahuan. Kami menerapkan model lisensi berikut untuk memastikan penggunaan yang adil dan etis dari materi yang diterbitkan.
Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)
Semua artikel yang diterbitkan oleh JUKANTI dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan pengguna untuk:
- Menyalin dan Mendistribusikan: Pengguna bebas menyalin, mendistribusikan, dan menampilkan karya asli, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat kepada penulis dan sumber.
- Mengadaptasi: Pengguna dapat mengubah, mengubah, dan membangun karya asli, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat dan menunjukkan jika perubahan telah dilakukan.
- Penggunaan Komersial: Pengguna dapat menggunakan karya untuk tujuan komersial, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat.
Kewajiban Penulis
Penulis yang menerbitkan artikelnya dengan JUKANTI setuju untuk:
- Menjamin bahwa karya adalah asli dan bebas dari pelanggaran hak cipta.
- Memberikan izin kepada JUKANTI untuk menerbitkan karya di bawah lisensi CC BY 4.0.
- Menyimpan hak cipta asli atas karya mereka, dengan lisensi publikasi yang diberikan kepada JUKANTI.
Kepatuhan dengan DOAJ
JUKANTI berkomitmen untuk mematuhi pedoman dan standar yang ditetapkan oleh Directory of Open Access Journals (DOAJ). Kami berusaha untuk memastikan integritas, transparansi, dan kualitas tinggi dalam semua publikasi kami.
Untuk pertanyaan atau klarifikasi lebih lanjut mengenai lisensi ini, silakan hubungi Editor Jukanti di jukanti.ejournalcbn@gmail.com.
Referensi
H. Ibnu Setiawan, N. Ubay Pangesda Haji, R. Nanda Sulistyani, A. Meiliani Edhita, D. Ratna Ma, and M. Fuad Saifuddin, “Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan E-Learning Dalam Pembelajaran Biologi Di Sma Negeri 1 Godean, Sleman Students’ Perception of Using E-Learning in Biology Learning At Sma Negeri 1 Godean, Sleman,” J. Penelit. Pendidik. Biol., vol. 6, no. 1, pp. 43–51, 2022.
Y. Sulastiani and I. Rusdiyani, “Analisis Respon Guru Dan Siswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif Aplikasi Teachmint Pada Materi Sistem Organisasi Sel Kelas Vii Di Smpn 5 Rangkasbitung Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar (Analysis of Teacher and Student Responses to,” Univ. Sultan Ageng Tirtayasa, vol. 10, no. 1, pp. 1–8, 2023.
R. A. H. Cahyadi, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model,” Halaqa Islam. Educ. J., vol. 3, no. 1, pp. 35–42, 2020, doi: 10.21070/halaqa.v3i1.2124.
I Nyoman Ranem, “Pembelajaran Hybrid Learning Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Sekolan Dasar Pada Masa Pandemi,” vol. 19, no. 5, pp. 1–23, 2022.
U. Lutvaidah, I. Yuliasari, and B. P. Alam, “Pengaruh Hybrid Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Arsitektur 1 di Prodi Arsitektur Unindra,” Pros. Konf. Berbahasa Indones. Univ. Indraprasta PGRI, pp. 349–353, 2023, doi: 10.30998/kibar.27-10-2022.6330.
F. Inggriyani, N. Fazriyah, and A. Purbasari, “Penggunaan E-learning Berbasis Moodle bagi KKG Sekolah Dasar di Kecamatan Lengkong Kota Bandung,” vol. 8, no. 2, pp. 268–277, 2019.
N. M. R. Kusadi, I. P. Sriartha, and I. W. Kertih, “Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial Dan Berpikir Kreatif,” Think. Ski. Creat. J., vol. 3, no. 1, pp. 18–27, 2020, doi: 10.23887/tscj.v3i1.24661.
P. Putra, “Internalisasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran IPA melalui Model Konstruktivisme di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sebebal,” J. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 2, no. 2, pp. 75–88, 2020.
R. A. Hidayati Lailatul, “Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, ” vol. 10, no. 1, pp. 155–160, 2022.
O. Baiq, F. F. Program, S. S1, I. Keperawatan, S. Hamzar, and M. L. Timur, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Hibrida (Hybrid Learning) Pada Matakuliah Biokimia Mahasiswa S1 Ilmu Keperawatan Stikes Hamzar,” vol. 9, no. 2, p. 319, 2020.
D. H. Mustaqim, “Republik Indonesia Terhadap Lembaga Negara,” Badamai Law Journal, vol. 4, no. 3, pp. 106–125, 2019.
Sugiono (2014). Statistik untuk penelitian, Alfa Beta, Bandung.
D. N. Efendi, B. Supriadi, and L. Nuraini, “Analisis Respon Siswa Terhadap Media Animasi Powerpoint
Sujarweni. V.W (2014), Metodologi penelitian : lengkap, praktis, dan mudah dipahami, Pustaka Baru Press. Yogyakarta
Sarwono. J, 2015 Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif, Graha Ilmu Yogyakarta
F. T. Aldila, D. Darmaji, and D. A. Kurniawan, “Analisis Respon Pengguna terhadap Penerapan Web-based Assessment pada Penilaian Sikap Siswa terhadap Mata Pelajaran IPA dan Nilai-nilai Pendidikan Karakter,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 1253–1262, 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i1.2091.
Ummah, A. T., & Nasih, A. M. (2022). Problematika Penerapan Model Hybrid Learning pada Mata Kuliah Keterampilan Berbahasa di Departemen Bahasa Arab, Universitas Negeri Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(9), 1255-1271.
Atmojo, D. T. (2022). Analisis Model Hybrid Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Masalah Materi Bangun Ruang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).