Sistem Informasi Pengenalan Hewan Berbasis Multimedia Interaktif
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pesatnya perkembangan teknologi informasi, membuat pemanfaatan teknologi informasi juga semakin berkembang. Namun masih banyak permasalahan yang ditemukan guru dalam kegiatan belajar mengajar dengan metode konvensional. Misalnya dalam proses belajar, anak sering bercanda dengan temannya atau bersenang-senang dengan mainannya. Tujuan penelitian ini adalah mencari solusi dari permasalahan tersebut, salah satu solusinya yaitu dengan pembelajaran berbasis sistem multimedia. Membuat sebuah animasi menggunakan software macromedia flash 8 dapat menarik minat anak-anak untuk mempelajari tentang macam-macam hewan, suara dan bentuknya sehingga pembelajaran terasa menyenangkan maka dapat dimengerti dengan baik dan tidak membosankan. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berbasis animasi ini sangat berguna untuk para pengajar sebagai alat alternatif yang menarik saat memberikan materi pembelajaran, sehingga materi ini dapat dimengerti dengan baik oleh anak-anak.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Lisensi Jurnal JUKANTI
JUKANTI berkomitmen untuk mempromosikan akses terbuka dan distribusi bebas pengetahuan. Kami menerapkan model lisensi berikut untuk memastikan penggunaan yang adil dan etis dari materi yang diterbitkan.
Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)
Semua artikel yang diterbitkan oleh JUKANTI dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan pengguna untuk:
- Menyalin dan Mendistribusikan: Pengguna bebas menyalin, mendistribusikan, dan menampilkan karya asli, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat kepada penulis dan sumber.
- Mengadaptasi: Pengguna dapat mengubah, mengubah, dan membangun karya asli, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat dan menunjukkan jika perubahan telah dilakukan.
- Penggunaan Komersial: Pengguna dapat menggunakan karya untuk tujuan komersial, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat.
Kewajiban Penulis
Penulis yang menerbitkan artikelnya dengan JUKANTI setuju untuk:
- Menjamin bahwa karya adalah asli dan bebas dari pelanggaran hak cipta.
- Memberikan izin kepada JUKANTI untuk menerbitkan karya di bawah lisensi CC BY 4.0.
- Menyimpan hak cipta asli atas karya mereka, dengan lisensi publikasi yang diberikan kepada JUKANTI.
Kepatuhan dengan DOAJ
JUKANTI berkomitmen untuk mematuhi pedoman dan standar yang ditetapkan oleh Directory of Open Access Journals (DOAJ). Kami berusaha untuk memastikan integritas, transparansi, dan kualitas tinggi dalam semua publikasi kami.
Untuk pertanyaan atau klarifikasi lebih lanjut mengenai lisensi ini, silakan hubungi Editor Jukanti di jukanti.ejournalcbn@gmail.com.
Referensi
R. Wahyugi dan F. Fatmariza, “Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 3, hal. 785–793, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/439.
S. Rohimat, “Pemanfaatan Macromedia Flash Sebagai Media Pembelajaran Kimia Secara Daring,” vol. 2, no. 005, hal. 160–171, 2022.
H. Septanto, H. Bima Dirgantara, P. Informatika, F. Industri Kreatif, dan I. Kalbis Jln Pulomas Selatan Kav, “Perancangan Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Berbasis Animasi Multimedia Untuk Anak-Anak Tk,” J. Komput. dan Inform., vol. 15, no. 1, hal. 99–109, 2020.
A. F. Andikos, “Perancangan Aplikasi Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Pada Tk Islam Bakti 113 Koto Salak,” (Indonesia J. Sakinah) J. Pendidik. dan Sos. Islam, vol. 1, no. 1, hal. 34–49, 2019, [Daring]. Tersedia pada: http://jurnal.konselingindonesia.com/.
S. Rahayu dan A. P. P. Setya, “Aplikasi Pengenalan Hewan untuk Anak Berbasis Android Menggunakan Teknologi Augmented Reality,” J. Algoritm., vol. 18, no. 1, hal. 106–112, 2021, doi: 10.33364/algoritma/v.18-1.848.
I. A. Wisky, R. Iskandar, dan D. Akhiyar, “Multimedia Learning Introduction to Animal Development in Primary School Students Using Adobe Flash Cs 3(Multimedia Pembelajaran Pengenalan Perkembangan Hewan Pada Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Adobe Flash Cs 3),” J. KomtekInfo, vol. 7, no. 1, hal. 77–83, 2020, doi: 10.35134/komtekinfo.v7i1.68.
Sutiyono; Santi, “Membangun Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru Berbasis Web Dengan Metode Mdd (Model Driven Development) Di Raudhatul Athfal Nahjussalam,” J. Sist. Inf., vol. 3, no. 1, hal. 30–52, 2020.
Junaidi, “Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar,” vol. 3, no. 14, hal. 12, 2019.
M. (2018) Siregar, H. F., Siregar, Y. H., & Melani, “Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), 2(2), 113-121.,” JurTI (Jurnal Teknol. Informasi), vol. 2, no. 2, hal. 113–121, 2018, [Daring]. Tersedia pada: http://www.jurnal.una.ac.id/index.php/jurti/article/view/425.
P. Manurung, “Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19,” Al-Fikru J. Ilm., vol. 14, no. 1, hal. 1–12, 2021, doi: 10.51672/alfikru.v14i1.33.
I. M. D. Maleh, J. Pransisko, N. E. Shinta, R. Ardento, dan A. Ramadani, “Aplikasi Mobile Pengenalan Hewan Menggunakan,” no. July, 2021.