Sistem Informasi Pengenalan Hewan Berbasis Multimedia Interaktif

Isi Artikel Utama

Andi Soehartanto Putra
Firma Mukarromah
Usama Waliyyudin
Hersa Dwi Ikhsanti
Fatwa Meilidya
TB. Ahmad Fadhlan Shaquille

Abstrak

Pesatnya perkembangan teknologi informasi, membuat pemanfaatan teknologi informasi juga semakin berkembang. Namun masih banyak permasalahan yang ditemukan guru dalam kegiatan belajar mengajar dengan metode konvensional. Misalnya dalam proses belajar, anak sering bercanda dengan temannya atau bersenang-senang dengan mainannya. Tujuan penelitian ini adalah mencari solusi dari permasalahan tersebut, salah satu solusinya yaitu dengan pembelajaran berbasis sistem multimedia. Membuat sebuah animasi menggunakan software macromedia flash 8 dapat menarik minat anak-anak untuk mempelajari tentang macam-macam hewan, suara dan bentuknya sehingga pembelajaran terasa menyenangkan maka dapat dimengerti dengan baik dan tidak membosankan. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berbasis animasi ini sangat berguna untuk para pengajar sebagai alat alternatif yang menarik saat memberikan materi pembelajaran, sehingga materi ini dapat dimengerti dengan baik oleh anak-anak.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
A. S. . Putra, F. Mukarromah, U. . Waliyyudin, H. D. . Ikhsanti, F. . Meilidya, dan T. A. F. . Shaquille, “Sistem Informasi Pengenalan Hewan Berbasis Multimedia Interaktif”, JUKANTI, vol. 6, no. 2, hlm. 33–43, Nov 2023.
Bagian
Articles

Referensi

R. Wahyugi dan F. Fatmariza, “Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 3, hal. 785–793, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/439.

S. Rohimat, “Pemanfaatan Macromedia Flash Sebagai Media Pembelajaran Kimia Secara Daring,” vol. 2, no. 005, hal. 160–171, 2022.

H. Septanto, H. Bima Dirgantara, P. Informatika, F. Industri Kreatif, dan I. Kalbis Jln Pulomas Selatan Kav, “Perancangan Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Berbasis Animasi Multimedia Untuk Anak-Anak Tk,” J. Komput. dan Inform., vol. 15, no. 1, hal. 99–109, 2020.

A. F. Andikos, “Perancangan Aplikasi Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Hewan Pada Tk Islam Bakti 113 Koto Salak,” (Indonesia J. Sakinah) J. Pendidik. dan Sos. Islam, vol. 1, no. 1, hal. 34–49, 2019, [Daring]. Tersedia pada: http://jurnal.konselingindonesia.com/.

S. Rahayu dan A. P. P. Setya, “Aplikasi Pengenalan Hewan untuk Anak Berbasis Android Menggunakan Teknologi Augmented Reality,” J. Algoritm., vol. 18, no. 1, hal. 106–112, 2021, doi: 10.33364/algoritma/v.18-1.848.

I. A. Wisky, R. Iskandar, dan D. Akhiyar, “Multimedia Learning Introduction to Animal Development in Primary School Students Using Adobe Flash Cs 3(Multimedia Pembelajaran Pengenalan Perkembangan Hewan Pada Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Adobe Flash Cs 3),” J. KomtekInfo, vol. 7, no. 1, hal. 77–83, 2020, doi: 10.35134/komtekinfo.v7i1.68.

Sutiyono; Santi, “Membangun Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru Berbasis Web Dengan Metode Mdd (Model Driven Development) Di Raudhatul Athfal Nahjussalam,” J. Sist. Inf., vol. 3, no. 1, hal. 30–52, 2020.

Junaidi, “Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar,” vol. 3, no. 14, hal. 12, 2019.

M. (2018) Siregar, H. F., Siregar, Y. H., & Melani, “Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), 2(2), 113-121.,” JurTI (Jurnal Teknol. Informasi), vol. 2, no. 2, hal. 113–121, 2018, [Daring]. Tersedia pada: http://www.jurnal.una.ac.id/index.php/jurti/article/view/425.

P. Manurung, “Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19,” Al-Fikru J. Ilm., vol. 14, no. 1, hal. 1–12, 2021, doi: 10.51672/alfikru.v14i1.33.

I. M. D. Maleh, J. Pransisko, N. E. Shinta, R. Ardento, dan A. Ramadani, “Aplikasi Mobile Pengenalan Hewan Menggunakan,” no. July, 2021.