ANALISIS DAN PERANCANGAN PROSES BISNIS BERBASIS CRM PADA CAFE XY
Isi Artikel Utama
Abstrak
Cafe XY merupakan pelaku bisnis yang sudah berjalan cukup lama, dan setiap tahun pelanggan selalu bertambah. namun kekurangan dari cafe ini ialah belum adanya gambaran visual proses dan model bisnis yang di jalankan serta di terapkan, kemudian masih menggunakan cara manual dan ketika mau mengarah ke digitalisasi di perlukan alur proses bisnis berdasarkan CRM dalam pelayanan kepada pelanggan dan mengingat banyak pelaku usaha di bidang yang sama sekitaran tempat menjalankan bisnis. Perancangan proses bisnis berbasis CRM mampu menciptakan dan mempertahankan hubungan dan komunikasi yang baik antara pelanggan dan pelaku bisnis serta menciptakan loyalitas pelanggan. Tingginya pelonjakan pelanggan dan tingkat persaingan usaha membuat cafe xy untuk menerapkan proses bisnis berbasis CRM walaupun belum adanya implementasi ke arah CRM berbasis mobile. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif kerangka berpikir sehingga mampu untuk menggambarkan perancangan proses bisnis pada Cafe xy menggunakan framework UML dan rancangan tampilan berbasis mobile menggunakan figma. Sehingga penelitian ini menghasilkan Model Proses bisnis berbasis dan tampilan mobile CRM yang di butuhkan dalam menjawab identifikasi masalah. Hasil dari penelitian ialah rancangan model proses bisnis : CRM bisnis, data flow diagram, class diagram, use case diagram dan design tampilan berbasis mobile. Diharapkan penelitan selanjutnya mampu mengembangkan dan mengarah pada implementasi berbasis mobile sistem informasi didukung E-CRM.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Lisensi Jurnal JUKANTI
JUKANTI berkomitmen untuk mempromosikan akses terbuka dan distribusi bebas pengetahuan. Kami menerapkan model lisensi berikut untuk memastikan penggunaan yang adil dan etis dari materi yang diterbitkan.
Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)
Semua artikel yang diterbitkan oleh JUKANTI dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan pengguna untuk:
- Menyalin dan Mendistribusikan: Pengguna bebas menyalin, mendistribusikan, dan menampilkan karya asli, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat kepada penulis dan sumber.
- Mengadaptasi: Pengguna dapat mengubah, mengubah, dan membangun karya asli, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat dan menunjukkan jika perubahan telah dilakukan.
- Penggunaan Komersial: Pengguna dapat menggunakan karya untuk tujuan komersial, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat.
Kewajiban Penulis
Penulis yang menerbitkan artikelnya dengan JUKANTI setuju untuk:
- Menjamin bahwa karya adalah asli dan bebas dari pelanggaran hak cipta.
- Memberikan izin kepada JUKANTI untuk menerbitkan karya di bawah lisensi CC BY 4.0.
- Menyimpan hak cipta asli atas karya mereka, dengan lisensi publikasi yang diberikan kepada JUKANTI.
Kepatuhan dengan DOAJ
JUKANTI berkomitmen untuk mematuhi pedoman dan standar yang ditetapkan oleh Directory of Open Access Journals (DOAJ). Kami berusaha untuk memastikan integritas, transparansi, dan kualitas tinggi dalam semua publikasi kami.
Untuk pertanyaan atau klarifikasi lebih lanjut mengenai lisensi ini, silakan hubungi Editor Jukanti di jukanti.ejournalcbn@gmail.com.
Referensi
M. Subekti, “Pengembangan Model E-Business di Indonesia,” ComTech, vol. Vol. 5, no. 9, pp. 925–938, 2014.
S. H. Umar, “Sistem Informasi Ekspedisi Barang Dengan Metode E-CRM Untuk Meningkatkan Pelayanan Pelanggan,” jurnal Sisfotek Global, vol. 3, no. 2, pp. 1–12, 2016.
N. N. A. Triani, “Penerapan Strategi It E-Commerce Sebagai Peningkatan Persaingan Bisnis Perusahaan,” AKRUAL: Jurnal Akuntansi, vol. 3, no. 2, p. 209, 2012, doi: 10.26740/jaj.v3n2.p209-224.
V. R. M. Perwitasari, “Model Electronic Customer Relationship Management ( E-CRM ) Menggunakan Adaptasi Bahasa Lokal Pada Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) Banten,” Seminar Nasional Riset Terapan, no. November, pp. 9–15, 2017.
V. Rosalina, Hamdan, and Harsiti, “Electronic Customer Relationship ( E-Crm ) Pada Pelaku Usaha Dan Menengah ( Umkm ) Desa,” Jurnal Kuat : Keuangan Dan Akuntansi Terapan, vol. 1, no. 2, pp. 71–75, 2019.
M. Landrigan, “Customer Relationship Management: Concepts and Tools,” Journal of Consumer Marketing, vol. 22, no. 4, pp. 237–238, 2005, doi: 10.1108/07363760510605380.
P. Penjualan, B. Web, and P. Pt, “Perancangan Aplikasi E-Business Sebagai,” vol. 16, pp. 29–34, 2020.
M. Akif, Y. A. Prasetyo, N. Ambarsari, J. Telekomunikasi, and T. Buah, “PENGEMBANGAN APLIKASI E-CRM BOJANA,” vol. 2, no. 1, pp. 1057–1070, 2015.
I. Paramita and S. El Adawiyah, “Model Customer Relationship Management Dalam Komunikasi Bisnis Pt Kalibrasi Instrumen Bersama,” Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis, vol. 5, no. 2, p. 140, 2021, doi: 10.24853/pk.5.2.140-152.
S. Monalisa and J. S. Bancin, “Rancang Bangun Electronic Customer Relationship Management Pada Sistem Informasi Hotel Dengan Framework Of Dynamic CRM,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 7, no. 1, pp. 1–8, 2020, doi: 10.25126/jtiik.202071047.
Y. A. Pratama and M. D. Aditiya, “Penggunaan Pendekatan Customer Relationship Management Di Kedai# Kulinongopi Bandar Lampung,” Prosiding Seminar Nasional …, pp. 110–114, 2020.
A. T. Kartaman and A. K. Winangun, “Perancangan E-Business Berbasis CRM ( Costumer Relationship Management ) Studi Kasus : Perusahaan Jasa Cuci Sepatu S-Neat-Kers,” pp. 2–3, 2019.
P. Sistem, I. Pelayanan, P. Jual, B. Customer, and R. Management, “Swadharma (jris),” vol. 01, no. 01, pp. 1–8, 2021.
M. Ardiansyah, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Point of Sales Berbasis CRM,” Telcomatics, vol. 04, no. 02, pp. 2541–5867, 2019.
L. Valiant et al., “Rancang Bangun Sistem Informasi Gizi Online Rumah Sakit Berbasis Web Implementasi Metode Crm Pada Sistem Informasi Penjualan Led Analisis Quality Assurance Dalam Penilaian Kualitas Kinerja Situs Web Pemerintah Kota Manado,” vol. 7, no. 3, 2022, [Online]. Available: http://e-journal.janabadra.ac.id/
A. Solechan and H. Kusumo, “Strategi e-CRM Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen : Sebuah Literatur Review,” Dinamika: Jurnal Manajemen Sosial Ekonomi, vol. 2, no. 1, pp. 64–74, 2022, doi: 10.51903/dinamika.v2i1.142.
H. Hendro, I. A. Imdan, and S. Novieta, “Perancangan Proses Bisnis Menggunakan Teknologi Informasi dengan Metode Business Process Engineering untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Jasa Pengiriman,” Journal STMI, vol. 4, no. 2, pp. 37–44, 2017, [Online]. Available: http://prosiding-saintiks.ftik.unikom.ac.id/jurnal/perancangan-proses-bisnis.3w