PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV A SD NEGERI OETONA KOTA KUPANG
Keywords:
Examples Non Examples, Hasil BelajarAbstract
PKn merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting untuk diajarkan pada jenjang sekolah dasar. kurangnya variasi penggunaan model pembelajaran salah satunya guru menggunakan pembelajaran konvensional akibatnya siswa tidak berperan aktif dan siswa mengalami kesulitan dalam memahami contoh hak dan kewajiban anak di rumah, di sekolah dan di masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuihasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples pada mata pelajaran PKn Kelas IV A SD Negeri Oetona Kota Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experimen Design.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes untuk data hasil belajar PKn siswa dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, daya pembeda dan fungsi pengecoh. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji linearitas Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji t-test dengan menggunakan polled varians.
Hasil analisis data dengan dengan menggunakan t-test dengan taraf signifikan 5% (0,05) menunjukan bahwa Hasil tersebut diperoleh dari perhitungan uji-t 0.096. jika dirumuskan hipotesis yaitu : sig <0,05 artinya sampel tidak memiliki varian yang sama dan : sig >0,05 artinya sampel mempunyai varian yang sama, maka dari hasil output dapat dikatakan bahwa diterima karena sig >0,05 yaitu 0.096 >0,05 artinya kedua sampel memiliki varian. Dengan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran examples non examples dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV A SD Negeri Oetona Kota Kupang
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every works in SPASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).