PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV A SD NEGERI OETONA KOTA KUPANG

Authors

  • Yulita Endrawati Ndun UNIVERSITAS CITRA BANGSA

Keywords:

Examples Non Examples, Hasil Belajar

Abstract


PKn merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting untuk diajarkan pada jenjang sekolah dasar. kurangnya variasi penggunaan model pembelajaran salah satunya guru menggunakan pembelajaran konvensional akibatnya siswa tidak berperan aktif dan siswa mengalami kesulitan dalam memahami contoh hak dan kewajiban anak di rumah, di sekolah dan di masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuihasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples pada mata pelajaran PKn Kelas IV A SD Negeri Oetona Kota Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experimen Design.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes untuk data hasil belajar PKn siswa dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, daya pembeda dan fungsi pengecoh. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji linearitas Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji t-test dengan menggunakan polled varians.
Hasil analisis data dengan dengan menggunakan t-test dengan taraf signifikan 5% (0,05) menunjukan bahwa Hasil tersebut diperoleh dari perhitungan uji-t 0.096. jika dirumuskan hipotesis yaitu : sig <0,05 artinya sampel tidak memiliki varian yang sama dan : sig >0,05 artinya sampel mempunyai varian yang sama, maka dari hasil output dapat dikatakan bahwa diterima karena sig >0,05 yaitu 0.096 >0,05 artinya kedua sampel memiliki varian. Dengan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran examples non examples dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV A SD Negeri Oetona Kota Kupang

Downloads

Published

2021-07-24