PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS II SD INPRES SIKUMANA 3 KOTA KUPANG
Keywords:
Metode eksperimen, Hasil Belajar, IPAAbstract
IPA didefinisikan sebagai sekumpulan pengetahuan tentang objek dan fenomena alam yang diperoleh dari hasil pemikiran dan penyelidikan ilmuwan yang dilakukan denganm ketrampilan bereksperimen dengan menggunakan metode ilmiah. Berdasarkan data yang diperoleh penulis sebelum melakukan penelitian hasil belajar IPA siswa kelas II pada mata pelajaran IPA hanya 50% dengan nilai rata-rata 75 dari KKMÂ 65 , 50% dengan nilai rata-rata 50 dari KKM 65. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA siswa kelas II SD Inpres Sikumana 3 Kota Kupang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen karena pada penelitian ini adanya perlakuan (treatment). Bentuk rancangannya adalah Quasi Eksperimental Design dengan bentuk desainnya Nonequivalent Control Group Design. sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi dan Tes. Observasi dan tes digunakan untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa. Hasil belajar IPA kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen lebih meningkat dibandingkan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan Uji-t didapat thitung > ttabel (12,790> 2,000). Data tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA siswa kelas II SD Inpres sikumana 3 Kota Kupang. Hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode pembelajaran eksperimen mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas II pada mata pelajaran IPA.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every works in SPASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).