PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR AFEKTIF SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PKN DI SD INPRES BAKUNASE II KOTA KUPANG

Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Pembelajaran.Kurikulum 2013. Nilai Afektif Siswa,Planning, Implementation and Evaluation of Learning

Authors

  • Winda suliyani Benu Prodi S-1 PGSD Universitas Citra Bangsa

Keywords:

Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Pembelajaran.Kurikulum 2013. Nilai Afektif Siswa,Planning, Impl Evaluation of Learning

Abstract

Winda Suliyani Benu, 2020. Judul: Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Hasil Belajar Afektif Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Pkn Di SD Inpres Bakunase 2 Kota Kupang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar  Universitas Citra Bangsa. Pembimbing I: Yulsy M. Nitte, SH., M.Pd., Pembimbing II: Vera Rosalina Bulu, S.Pd., M.Pd.

Pendidikan Pencasila dan kewarganegaraan adalah mata pelajaran yang berusaha membina perkembangan moral peserta didik sesuai dengan nilai-nilai pancasila, agar dapat mencapai perkembangan secara optimal dan dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil pengamatan yang dilakukan pada siswa kelas IV SD Inpres Bakunase 2 Kota Kupang selama proses pembelajaran berkaitan dengan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pkn masih mengalami masalah dalam proses pembelajarannya sehingga menyebabkan menurunnya hasil belajar siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh perencanaan, (2) pengaruh pelaksanaan dan (3) pengaruh evaluasi pembelajaran kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Pkn di SD Inpres Bakunase 2 Kota Kupang.

Jenis penelitian berupa penelitian kuantitatif. Responden penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Inpres Bakunase 2 Kota Kupang yang berjumlah 18 siswa.  Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari 3 variabel bebas, yaitu (1) Variabel Perencanaan,  Pembelajaran (X1), (2) Variabel Pelaksanaan Pembelajaran (X2), (3) Variabel Evaluasi Pembelajaran (X3) dan 1 Variabel Terikat, yaitu Variabel Hasil Belajar Afektif Siswa (Y)

Hasil Penelitian menyimpulkan (1) Secara simultan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran PKn di SD Inpres Bakunase II dengan nilai Fhitung = 40,158 dan probabilitas 0,000 pada tingkat kepercayaan 95% (2) Secara parsial Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Pembelajaran berpengaruh positif dan nyata terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran PKn di SD Inpres Bakunase II dengan nilai thitung

Winda Suliyani Benu, 2020. Judul: Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Hasil Belajar Afektif Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Pkn Di SD Inpres Bakunase 2 Kota Kupang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar  Universitas Citra Bangsa. Pembimbing I: Yulsy M. Nitte, SH., M.Pd., Pembimbing II: Vera Rosalina Bulu, S.Pd., M.Pd.

Pendidikan Pencasila dan kewarganegaraan adalah mata pelajaran yang berusaha membina perkembangan moral peserta didik sesuai dengan nilai-nilai pancasila, agar dapat mencapai perkembangan secara optimal dan dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil pengamatan yang dilakukan pada siswa kelas IV SD Inpres Bakunase 2 Kota Kupang selama proses pembelajaran berkaitan dengan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pkn masih mengalami masalah dalam proses pembelajarannya sehingga menyebabkan menurunnya hasil belajar siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh perencanaan, (2) pengaruh pelaksanaan dan (3) pengaruh evaluasi pembelajaran kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Pkn di SD Inpres Bakunase 2 Kota Kupang.

Jenis penelitian berupa penelitian kuantitatif. Responden penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Inpres Bakunase 2 Kota Kupang yang berjumlah 18 siswa.  Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari 3 variabel bebas, yaitu (1) Variabel Perencanaan,  Pembelajaran (X1), (2) Variabel Pelaksanaan Pembelajaran (X2), (3) Variabel Evaluasi Pembelajaran (X3) dan 1 Variabel Terikat, yaitu Variabel Hasil Belajar Afektif Siswa (Y)

Hasil Penelitian menyimpulkan (1) Secara simultan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran PKn di SD Inpres Bakunase II dengan nilai Fhitung = 40,158 dan probabilitas 0,000 pada tingkat kepercayaan 95% (2) Secara parsial Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Pembelajaran berpengaruh positif dan nyata terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran PKn di SD Inpres Bakunase II dengan nilai thitung 2,441, 2,381 dan 3,024  serta probabilitas 0,027, 0,030 dan 0,08 pada tingkat kepercayaan 95%. (3) Variabel Perencanaan Pembelajaran (X1), Pelaksanaan Pembelajaran (X2), dan Evaluasi Pembelajaran (X3) menjelaskan variasi dari variabel hasil belajar siswa (Y) sebesar 88,3% dan 11,7% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.

 

2,441, 2,381 dan 3,024  serta probabilitas 0,027, 0,030 dan 0,08 pada tingkat kepercayaan 95%. (3) Variabel Perencanaan Pembelajaran (X1), Pelaksanaan Pembelajaran (X2), dan Evaluasi Pembelajaran (X3) menjelaskan variasi dari variabel hasil belajar siswa (Y) sebesar 88,3% dan 11,7% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.

 

Downloads

Published

2021-07-24