PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP HASIL BELAJAR AFEKTIF SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PKN DI SD INPRES BAKUNASE II KOTA KUPANG
Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Pembelajaran.Kurikulum 2013. Nilai Afektif Siswa,Planning, Implementation and Evaluation of Learning
Keywords:
Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Pembelajaran.Kurikulum 2013. Nilai Afektif Siswa,Planning, Impl Evaluation of LearningAbstract
Winda Suliyani Benu, 2020. Judul: Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Hasil Belajar Afektif Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Pkn Di SD Inpres Bakunase 2 Kota Kupang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Citra Bangsa. Pembimbing I: Yulsy M. Nitte, SH., M.Pd., Pembimbing II: Vera Rosalina Bulu, S.Pd., M.Pd.
Pendidikan Pencasila dan kewarganegaraan adalah mata pelajaran yang berusaha membina perkembangan moral peserta didik sesuai dengan nilai-nilai pancasila, agar dapat mencapai perkembangan secara optimal dan dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil pengamatan yang dilakukan pada siswa kelas IV SD Inpres Bakunase 2 Kota Kupang selama proses pembelajaran berkaitan dengan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pkn masih mengalami masalah dalam proses pembelajarannya sehingga menyebabkan menurunnya hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh perencanaan, (2) pengaruh pelaksanaan dan (3) pengaruh evaluasi pembelajaran kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Pkn di SD Inpres Bakunase 2 Kota Kupang.
Jenis penelitian berupa penelitian kuantitatif. Responden penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Inpres Bakunase 2 Kota Kupang yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari 3 variabel bebas, yaitu (1) Variabel Perencanaan, Pembelajaran (X1), (2) Variabel Pelaksanaan Pembelajaran (X2), (3) Variabel Evaluasi Pembelajaran (X3) dan 1 Variabel Terikat, yaitu Variabel Hasil Belajar Afektif Siswa (Y)
Hasil Penelitian menyimpulkan (1) Secara simultan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran PKn di SD Inpres Bakunase II dengan nilai Fhitung = 40,158 dan probabilitas 0,000 pada tingkat kepercayaan 95% (2) Secara parsial Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Pembelajaran berpengaruh positif dan nyata terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran PKn di SD Inpres Bakunase II dengan nilai thitung
Winda Suliyani Benu, 2020. Judul: Pengaruh Penerapan Kurikulum 2013 Terhadap Hasil Belajar Afektif Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran Pkn Di SD Inpres Bakunase 2 Kota Kupang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Citra Bangsa. Pembimbing I: Yulsy M. Nitte, SH., M.Pd., Pembimbing II: Vera Rosalina Bulu, S.Pd., M.Pd.
Pendidikan Pencasila dan kewarganegaraan adalah mata pelajaran yang berusaha membina perkembangan moral peserta didik sesuai dengan nilai-nilai pancasila, agar dapat mencapai perkembangan secara optimal dan dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil pengamatan yang dilakukan pada siswa kelas IV SD Inpres Bakunase 2 Kota Kupang selama proses pembelajaran berkaitan dengan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pkn masih mengalami masalah dalam proses pembelajarannya sehingga menyebabkan menurunnya hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh perencanaan, (2) pengaruh pelaksanaan dan (3) pengaruh evaluasi pembelajaran kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Pkn di SD Inpres Bakunase 2 Kota Kupang.
Jenis penelitian berupa penelitian kuantitatif. Responden penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Inpres Bakunase 2 Kota Kupang yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari 3 variabel bebas, yaitu (1) Variabel Perencanaan, Pembelajaran (X1), (2) Variabel Pelaksanaan Pembelajaran (X2), (3) Variabel Evaluasi Pembelajaran (X3) dan 1 Variabel Terikat, yaitu Variabel Hasil Belajar Afektif Siswa (Y)
Hasil Penelitian menyimpulkan (1) Secara simultan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran PKn di SD Inpres Bakunase II dengan nilai Fhitung = 40,158 dan probabilitas 0,000 pada tingkat kepercayaan 95% (2) Secara parsial Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Pembelajaran berpengaruh positif dan nyata terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran PKn di SD Inpres Bakunase II dengan nilai thitung 2,441, 2,381 dan 3,024 serta probabilitas 0,027, 0,030 dan 0,08 pada tingkat kepercayaan 95%. (3) Variabel Perencanaan Pembelajaran (X1), Pelaksanaan Pembelajaran (X2), dan Evaluasi Pembelajaran (X3) menjelaskan variasi dari variabel hasil belajar siswa (Y) sebesar 88,3% dan 11,7% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
2,441, 2,381 dan 3,024 serta probabilitas 0,027, 0,030 dan 0,08 pada tingkat kepercayaan 95%. (3) Variabel Perencanaan Pembelajaran (X1), Pelaksanaan Pembelajaran (X2), dan Evaluasi Pembelajaran (X3) menjelaskan variasi dari variabel hasil belajar siswa (Y) sebesar 88,3% dan 11,7% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every works in SPASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).