PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXYUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDK STA. MARIA ASSUMPTA KOTA KUPANG
Keywords:
Hasil Belajar, Contextual Teaching and Learning, IPSAbstract
Pendidikan sangatlah penting dalam kehidupan manusia, strategi pendidikanpun dilaksanakan untuk menghasilkan peserta didik yang unggul. Kualitas sarana dan prasarana penunjang kegiatan pembelajaran masih sangat rendah baik sekolah negeri maupun swasta. Sekolah negeri peran pemerintah sangat dibutuhkan hal ini dikarenakan sumber pendapatan sekolah negeri bersumber dari APBN.Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajar IPS kelas IV SDK Sta. Maria Assumpta Kota Kupang.Penelitian ini menggunakan Quasi Experimentaldengan rancangan eksperimen non equivalent control group design yang dibuat dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah masing-masing kelas 30 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran CTL adalah 87,67 sehingga seluruh siswa mencapai KKM. kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional memperoleh nilai 59, terdapat 7 siswa yang tidak memenuhi KKM. Hasil uji t-test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) 0.000 < 0.05 maka tolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SDK Sta. Maria Assumpta Kota Kupang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every works in SPASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).