PENGARUH KEDISIPLINAN GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS II SDI BAKUNASE I KOTA KUPANG
Kedisiplinan guru, Pembentukan Karakter Siswa
Keywords:
Teachers’ discipline, Students’ character buildingAbstract
Kedisiplinan merupakan suatu sikap atau perilaku yang menunjukan nilai ketaatan dan kepatuhan terhadap aturan-aturan, tata tertib, norma-norma yang mampu memyesuaikan prosedur di suatu lembaga yang berlaku disebabkan atas dasar kesadaran ataupun kerelaan diri. Karakter adalah segala sesuatu yang dilakukan oleh guru, yang mampu mempengaruhi karakter peserta didik. Guru membantu membentuk watak peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; ( 1 ) Kediplinan guru di SDI Bakunase I Kota Kupang, (2) Pembentukan Karakter Siswa kelas II di SDI Bakunase I Kota Kupang, (3) Pengaruh kedi siplinan guru terhadap pembentukan karakter siswa kelas II SDI Bakunase I Kota Kupang. Jenis penelitian ini berupa penelitian kuantitatif. Responden penelitian ini adalah siswa/siswi kelas II yang belajar di SDI Bakunase I Kota Kupang dengan jumlah 56 orang . teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berbentuk angket. Dalam penelitan ini terdpat dua variabel yaitu Kedisiplinan Guru (X), Pembentukan Karakter siswa (Y). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan yang positif antara kedisiplinan guru terhadap pembentukan karakter siswa di SDI Bakunase I Kota Kupang. Hal ini dapat di lihat dari perolehan nilai r hitung> r tabel = 0,7288 > 0,2632 pada taraf signifikansi 95% atau =0,05 dan n-2=54 (56-54). Nilai koefisien korelasi ini jika diinterprestasikan pada nilai interprestasi koefisien korelasi dapat di kategorikan” sangat kuat” tingkat hubungnnya. Berdasarkan uji t di peroleh nilai t hitung > t tabel yaitu 6,4723 > 2,0048 sehingga HO ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan guru terhadap pembentukan karakter siswa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every works in SPASI is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).