PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA SMAN 1 PANTAI BARU KELAS E1 PADA TEKS DESKRIPTIF MATERI TEMPAT WISATA DI ROTE NDAO

Main Article Content

Selfiana Triyanty Ndapa Lawa
Petresia I. Ndapa Lawa
Jhon Enstein

Abstract

Abstract. This research aims to describe the influence of Project Based Learning towards speaking ability of students at SMAN 1 Pantai Baru class E1 in descriptive text about tourism places in Rote Ndao. The type of this research uses quantitative research with quasi-experimental research method. The sampling technique in this research is nonprobability sampling with a sampling technique using purposive sampling. The population in this study were all class E1 students at SMAN 1 Pantai Baru with a population of 199 students and the sample in this study was 30 class E1 students. The research instrument used was a test. Before the instrument was distributed, there was a validity and reliability tests to obtain the validity of the instrument. The validity test result showed that 15 items test were valid and reliable. Data analysis in this study used an independent t-test, before data analysis was carried out, the researcher also tested the data analysis requirement which consisted of a normality test and data homogeneity test by the help of the SPSS version 16.00 application which showed the sig value results in the experimental class 0.353 > 0.05 and the control class 0.364 > 0.05, both values indicate that the data was normally distributed. Meanwhile, the result of the data homogeneity test showed that a significant value of 0.068 > 0.05, so both classes have the same variance (homogeneous). The test results of the difference in the average speaking ability of the control class and the experimental class also found that the average speaking ability of the experimental class was higher than the average speaking ability of the control class. It was 80.63>65.73. Thus, it can be concluded that there is the influence of the project-based learning model towards ​​the speaking ability of students at SMAN 1 Pantai Baru class E1 in descriptive text about tourism places in Rote Ndao.


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) terhadap kemampuan berbicara siswa SMAN 1 Pantai Baru kelas E1 pada teks deskriptif materi tempat wisata di Rote Ndao. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian kuasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Nonprobability Sampling dengan teknik penarikan sampel menggunakan Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas E1 SMAN 1 Pantai Baru dengan populasi berjumlah 199 siswa dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas E1 sebanyak 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes. Sebelum instrument disebarkan, terdapat uji validitas dan reliabilitas untuk mendapatkan keabsahan instrument. Hasil uji validitas menunjukanbahwa 15 item soal dinyatakan valid dan reliabel.  Analisis data pada penelitian ini memakai uji independet t-test namun sebelum dilakukan analisis data, peneliti juga melakukan uji persyaratan analsis data yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas data berbantuan aplikasi SPSS versi 16.00 dimana menunjukkan hasil nilai sig. pada kelas eksperimen 0,353 > 0,05 dan kelas kontrol 0,364 > 0,05 sehingga keduanya yang menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan hasil uji homogenitas data menunjukkan nilai signifikan 0,068 > 0,05, maka kedua kelas mempunyai varians yang sama (homogen). Hasil uji perbedaan rata-rata kemampuan berbicara kelas kontrol dan kelas eksperimen juga ditemukan bahwa rata-rata kemampuan berbicara kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata kemampuan berbicara kelas kontrol yakni  80,63>65,73 Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) terhadap kemampuan berbicara siswa SMAN 1 Pantai Baru kelas E1 pada teks deskriptif materi tempat wisata di Rote Ndao.

Article Details

How to Cite
[1]
S. T. Ndapa Lawa, P. I. Ndapa Lawa, and J. Enstein, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA SISWA SMAN 1 PANTAI BARU KELAS E1 PADA TEKS DESKRIPTIF MATERI TEMPAT WISATA DI ROTE NDAO”, hinef, vol. 3, no. 1, pp. 202–208, Jan. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)