PERSEPSI MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS CITRA BANGSA TERHADAP PEMBELAJARAN ONLINE

Main Article Content

Yulsy Marselina Nitte
Heryon Bernard Mbuik

Abstract

Tatanan hidup dunia mengalami perubahan yag sangat drastis sejak awal dimulainya masa pandemi COVID-19, hal ini juga bahkan telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia saat ini, khususnya dalam dunia pendidikan. Ini memaksa semua elemen pendidikan untuk beradaptasi dan melanjutkan proses pengajaran yang telah berlangsung.


Pembelajaran online menjadi solusi efektif untuk mengaktifkan kelas meski sekolah dan kampus telah ditutup dan para siswa dan mahasiswa belajar dari rumah secara online mengingat waktu dan tempat menjadi sangat beresiko terjadi penularan dan pembentukan cluster baru pada masa pandemic ini. Namun, teknik pembelajaran ini penting untuk dievaluasi sesuai dengan kondisi setempat mengingat sebaran fasilitas dan kemampuan orang tua memberikan fasilitas pembelajaran online berbeda di Kota Kupang NTT


Tujuan penelitian ini sebagai tinjauan umum terkait pembelajaran pada masa pandemic COVID-19 yaitu menganalisis persepsi mahasiswa PGSD FKIP Universitas Citra Bangsa terhadap Pembelajaran Online. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan deskriptif. Data yang dikumpulkan berupa pendapat dan jabaran dari responden yang dilakukan dengan cara memberikan instrument penelitian berupa angket respons dalam bentuk google form. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan skema analisis kualitatif oleh (Sugiyono 2011) dan untuk mengecek keabsahan data hasil penelitian maka dilakukan triangulasi data.


 


 

Article Details

How to Cite
[1]
Y. M. Nitte and H. B. Mbuik, “PERSEPSI MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS CITRA BANGSA TERHADAP PEMBELAJARAN ONLINE”, hinef, vol. 1, no. 1, pp. 25–32, Jan. 2022.
Section
Articles