ANALISIS RESPON SISWA TERHADAP PENGEMBANGAN HYBRID LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMAN 4 KENDARI

Main Article Content

Anggita Pebrianti
Darman Darman
Alfiah Fajriani

Abstract

The results of this study show that the combination of online learning and project learning is an effective approach in improving the quality of learning. This has important implications for the development of education in the future, where innovative and flexible learning methods are increasingly needed.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Pebrianti, D. . Darman, and A. Fajriani, “ANALISIS RESPON SISWA TERHADAP PENGEMBANGAN HYBRID LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMAN 4 KENDARI”, JUKANTI, vol. 7, no. 2, pp. 327–335, Nov. 2024.
Section
Artikel
Author Biographies

Darman Darman , Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Muhammadiyah Kendari, Sulawesi Tenggara

Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Muhammadiyah Kendari, Sulawesi Tenggara

Alfiah Fajriani, Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Muhammadiyah Kendari, Sulawesi Tenggara

Pendidikan Teknologi Informasi, Universitas Muhammadiyah Kendari, Sulawesi Tenggara

References

H. Ibnu Setiawan, N. Ubay Pangesda Haji, R. Nanda Sulistyani, A. Meiliani Edhita, D. Ratna Ma, and M. Fuad Saifuddin, “Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan E-Learning Dalam Pembelajaran Biologi Di Sma Negeri 1 Godean, Sleman Students’ Perception of Using E-Learning in Biology Learning At Sma Negeri 1 Godean, Sleman,” J. Penelit. Pendidik. Biol., vol. 6, no. 1, pp. 43–51, 2022.

Y. Sulastiani and I. Rusdiyani, “Analisis Respon Guru Dan Siswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif Aplikasi Teachmint Pada Materi Sistem Organisasi Sel Kelas Vii Di Smpn 5 Rangkasbitung Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar (Analysis of Teacher and Student Responses to,” Univ. Sultan Ageng Tirtayasa, vol. 10, no. 1, pp. 1–8, 2023.

R. A. H. Cahyadi, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model,” Halaqa Islam. Educ. J., vol. 3, no. 1, pp. 35–42, 2020, doi: 10.21070/halaqa.v3i1.2124.

I Nyoman Ranem, “Pembelajaran Hybrid Learning Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Sekolan Dasar Pada Masa Pandemi,” vol. 19, no. 5, pp. 1–23, 2022.

U. Lutvaidah, I. Yuliasari, and B. P. Alam, “Pengaruh Hybrid Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Arsitektur 1 di Prodi Arsitektur Unindra,” Pros. Konf. Berbahasa Indones. Univ. Indraprasta PGRI, pp. 349–353, 2023, doi: 10.30998/kibar.27-10-2022.6330.

F. Inggriyani, N. Fazriyah, and A. Purbasari, “Penggunaan E-learning Berbasis Moodle bagi KKG Sekolah Dasar di Kecamatan Lengkong Kota Bandung,” vol. 8, no. 2, pp. 268–277, 2019.

N. M. R. Kusadi, I. P. Sriartha, and I. W. Kertih, “Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial Dan Berpikir Kreatif,” Think. Ski. Creat. J., vol. 3, no. 1, pp. 18–27, 2020, doi: 10.23887/tscj.v3i1.24661.

P. Putra, “Internalisasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran IPA melalui Model Konstruktivisme di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sebebal,” J. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 2, no. 2, pp. 75–88, 2020.

R. A. Hidayati Lailatul, “Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, ” vol. 10, no. 1, pp. 155–160, 2022.

O. Baiq, F. F. Program, S. S1, I. Keperawatan, S. Hamzar, and M. L. Timur, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Hibrida (Hybrid Learning) Pada Matakuliah Biokimia Mahasiswa S1 Ilmu Keperawatan Stikes Hamzar,” vol. 9, no. 2, p. 319, 2020.

D. H. Mustaqim, “Republik Indonesia Terhadap Lembaga Negara,” Badamai Law Journal, vol. 4, no. 3, pp. 106–125, 2019.

Sugiono (2014). Statistik untuk penelitian, Alfa Beta, Bandung.

D. N. Efendi, B. Supriadi, and L. Nuraini, “Analisis Respon Siswa Terhadap Media Animasi Powerpoint

Sujarweni. V.W (2014), Metodologi penelitian : lengkap, praktis, dan mudah dipahami, Pustaka Baru Press. Yogyakarta

Sarwono. J, 2015 Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif, Graha Ilmu Yogyakarta

F. T. Aldila, D. Darmaji, and D. A. Kurniawan, “Analisis Respon Pengguna terhadap Penerapan Web-based Assessment pada Penilaian Sikap Siswa terhadap Mata Pelajaran IPA dan Nilai-nilai Pendidikan Karakter,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 1253–1262, 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i1.2091.

Ummah, A. T., & Nasih, A. M. (2022). Problematika Penerapan Model Hybrid Learning pada Mata Kuliah Keterampilan Berbahasa di Departemen Bahasa Arab, Universitas Negeri Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(9), 1255-1271.

Atmojo, D. T. (2022). Analisis Model Hybrid Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Masalah Materi Bangun Ruang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).