EFEKTIVITAS PENGGUNAAN GOOGLE MEET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19
Main Article Content
Abstract
Penyebaran virus Covid-19 yang sangat cepat mengharuskan seluruh pembelajaran beralih dari pembelajaran secara tatap muka (luring) ke pembelajaran secara online (daring) untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut. Pembelajaran daring tidak sepenuhnya berjalan efektif dikarenakan keterbatasan sinyal dan ketersediaan media yang mendukung. Tidak semua pendidik dan peserta didik memiliki pemahaman dalam menggunakan mobile digital. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran jarak jauh adalah Google Meet. Aplikasi Google Meet menyediakan fitur yang mendukung pelaksanaan pembelajaran secara daring, bersifat gratis, dan penggunaan kuota internet yang lebih efisien atau lebih stabil. Hal tersebut tentunya memudahkan peserta didik (siswa maupun mahasiswa) untuk mengakses Google Meet dibandingkan dengan media platform lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan Google Meet sebagai media pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu Literature Review. Metode dalam pencarian sumber data artikel dilakukan melalui database resources Google Scholar (2020-2021) untuk mengambil artikel yang relevan yang diterbitkan dalam Bahasa Indonesia. Istilah dan frasa kunci yang terkait dengan Google Meet, pembelajaran daring, dan pandemi Covid-19 digunakan dalam pencarian subjek terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Google Meet efektif digunakan sebagai media pembelajaran daring, khususnya selama pandemi Covid-19 sehingga memudahkan dalam penyampaian dan pemahaman materi pembelajaran. Penggunaan Google Meet juga lebih efisien karena dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun selama ada jaringan internet dan HP/komputer/laptop.
Downloads
Article Details
JUKANTI Journal License
JUKANTI is committed to promoting open access and the free distribution of knowledge. We implement the following license model to ensure fair and ethical use of the materials published.
Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0)
All articles published by JUKANTI are licensed under the Creative Commons Attribution 4.0 International License. This license allows users to:
- Copy and Distribute: Users are free to copy, distribute, and display the original work, provided they give appropriate credit to the authors and the source.
- Adapt: Users can modify, change, and build upon the original work, provided they give appropriate credit and indicate if changes were made.
- Commercial Use: Users can use the work for commercial purposes, provided they give appropriate credit.
Author Obligations
Authors publishing their articles with JUKANTI agree to:
- Guarantee that the work is original and free from copyright infringement.
- Grant permission to JUKANTI to publish the work under the CC BY 4.0 license.
- Retain the original copyright of their work, with the publication license granted to JUKANTI.
Compliance with DOAJ
JUKANTI is committed to complying with the guidelines and standards set by the Directory of Open Access Journals (DOAJ). We strive to ensure integrity, transparency, and high quality in all our publications.
For further questions or clarifications regarding this license, please contact Jukanti Editor at jukanti.ejournalcbn@gmail.com.