PEMANFAATAN GOOGLE JAMBOARD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR

  • AGNES MARIA DIANA RAFAEL,S.Pd.,M.Hum. Universitas Citra Bangsa
Keywords: Google Jamboard, Pembelajaran Jarak Jauh, Ruang Kelas

Abstract

 

Kemunculan virus COVID-19 di penghujung tahun 2019 yang berlanjut hingga tahun 2022 memaksa sistem pendidikan di seluruh dunia untuk bertransformasi  dengan cepat dalam sistem pembelajaran  tatap muka, harus beralih ke sistem pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini mengeksplorasi pembelajaran online yang menarik dengan menggunakan Google Jamboard untuk mengajar bahasa Indonesia di kelas satu Sekolah Dasar Kristen Citra Bangsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data  melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jamboard memiliki berbagai keunggulan yang membantu guru yang dalam proses pembelajaran jarak jauh.. Selain itu Jamboard membantu guru untuk menciptakan suasana kelas yang interaktif, semua tools yang disediakan oleh  Jamboard dapat diakses oleh siswa dan guru secara bersamaan. Jamboard juga dapat menampilakn beragam materi pembelajaranb, seperti foto, gambar dan stiker. Persepsi siswa dan guru terhadap media Jamboard menunjukkan bahwa terdapat 18 siswa atau 86% siswa yang suka belajar menggunakan Jamboard, sedangkan hanya 3 siswa atau 14% siswa yang tidak menyukai Jamboard. Selain itu, terdapat beberapa kendala dalam proses belajar mengajar dengan Jamboard, kendala pertama adalah aplikasi Jamboard dianggap rumit ketika dioperasikan dengan menggunakan gadget (handphone siswa). Kendala kedua adalah Jamboard tidak menyediakan alat untuk mengatur kesempatan peserta untuk menulis opini secara bergantian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-29
How to Cite
RAFAEL,S.Pd.,M.Hum., A. (2022). PEMANFAATAN GOOGLE JAMBOARD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 5(1), 181-187. https://doi.org/10.37792/jukanti.v5i1.483