PEMANFAATAN GOOGLE JAMBOARD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Kemunculan virus COVID-19 di penghujung tahun 2019 yang berlanjut hingga tahun 2022 memaksa sistem pendidikan di seluruh dunia untuk bertransformasi dengan cepat dalam sistem pembelajaran tatap muka, harus beralih ke sistem pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini mengeksplorasi pembelajaran online yang menarik dengan menggunakan Google Jamboard untuk mengajar bahasa Indonesia di kelas satu Sekolah Dasar Kristen Citra Bangsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Jamboard memiliki berbagai keunggulan yang membantu guru yang dalam proses pembelajaran jarak jauh.. Selain itu Jamboard membantu guru untuk menciptakan suasana kelas yang interaktif, semua tools yang disediakan oleh Jamboard dapat diakses oleh siswa dan guru secara bersamaan. Jamboard juga dapat menampilakn beragam materi pembelajaranb, seperti foto, gambar dan stiker. Persepsi siswa dan guru terhadap media Jamboard menunjukkan bahwa terdapat 18 siswa atau 86% siswa yang suka belajar menggunakan Jamboard, sedangkan hanya 3 siswa atau 14% siswa yang tidak menyukai Jamboard. Selain itu, terdapat beberapa kendala dalam proses belajar mengajar dengan Jamboard, kendala pertama adalah aplikasi Jamboard dianggap rumit ketika dioperasikan dengan menggunakan gadget (handphone siswa). Kendala kedua adalah Jamboard tidak menyediakan alat untuk mengatur kesempatan peserta untuk menulis opini secara bergantian.
Downloads
Article Details
JUKANTI Journal License
JUKANTI is committed to promoting open access and the free distribution of knowledge. We implement the following license model to ensure fair and ethical use of the materials published.
Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0)
All articles published by JUKANTI are licensed under the Creative Commons Attribution 4.0 International License. This license allows users to:
- Copy and Distribute: Users are free to copy, distribute, and display the original work, provided they give appropriate credit to the authors and the source.
- Adapt: Users can modify, change, and build upon the original work, provided they give appropriate credit and indicate if changes were made.
- Commercial Use: Users can use the work for commercial purposes, provided they give appropriate credit.
Author Obligations
Authors publishing their articles with JUKANTI agree to:
- Guarantee that the work is original and free from copyright infringement.
- Grant permission to JUKANTI to publish the work under the CC BY 4.0 license.
- Retain the original copyright of their work, with the publication license granted to JUKANTI.
Compliance with DOAJ
JUKANTI is committed to complying with the guidelines and standards set by the Directory of Open Access Journals (DOAJ). We strive to ensure integrity, transparency, and high quality in all our publications.
For further questions or clarifications regarding this license, please contact Jukanti Editor at jukanti.ejournalcbn@gmail.com.