HUBUNGAN PENGETAHUAN MASYARAKAT DENGAN PENGGUNAAN APLIKASI MOBILE JKN DI PUSKESMAS KENDALSARI
Main Article Content
Abstract
Jumlah masyarakat Indonesia yang telah terdaftar anggota JKN yaitu 255,89 juta jiwa dari seluruh penduduk Indonesia dan hanya 4,15% dari jumlah tersebut yang mendownload program mobile JKN diponselnya. Dari studi pendahuluan pada Puskesmas Kendalsari hanya terdapat sebanyak 11,6% pasien yang mendaftar menggunakan aplikasi mobile JKN pada periode April-Juni 2023. Bertujuan guna menganalisis interaksi wawasan masyarakat dengan pemakaian mobile JKN pada Puskesmas Kendalsari. Metode yang dipakai ialah analitik kuantitatif dengan lokasi penelitian yaitu Puskesmas Kendalsari. Objek penelitian ini adalah 96 responden dari peserta Jaminan Kesehatan Nasional yang mendaftar di Puskesmas Kendalsari. Teknik pengumpulan data dengan cara pengisian kuesioner yang didahului dengan uji validitas serta reliabilitas pada kuesioner yang tersedia. Dalam penelitian ini, variabel independent adalah pengetahuan masyarakat, sedangkan variabel dependennya adalah penggunaan aplikasi mobile JKN. Analisis data dilakukan memakai analisis univariat dan bivariat yang menggunakan pengujian chi-square. Sebanyak 52% responden memliki pengetahuan yang baik terkait aplikasi mobile JKN, sebanyak 57% responden belum memanfaatkan mobile JKN dan terdapat interaksi wawasan dengan pemakaian aplikasi mobile JKN di Puskesmas Kendalsari (P-Value < 0,005). Bahwa masyarakat yang memiliki pengetahuan yang baik terkait aplikasi mobile JKN menyebabkan seseorang tersebut akan menggunakan aplikasi mobile JKN untuk mempermudah proses pendaftaran.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
JUKANTI Journal License
JUKANTI is committed to promoting open access and the free distribution of knowledge. We implement the following license model to ensure fair and ethical use of the materials published.
Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0)
All articles published by JUKANTI are licensed under the Creative Commons Attribution 4.0 International License. This license allows users to:
- Copy and Distribute: Users are free to copy, distribute, and display the original work, provided they give appropriate credit to the authors and the source.
- Adapt: Users can modify, change, and build upon the original work, provided they give appropriate credit and indicate if changes were made.
- Commercial Use: Users can use the work for commercial purposes, provided they give appropriate credit.
Author Obligations
Authors publishing their articles with JUKANTI agree to:
- Guarantee that the work is original and free from copyright infringement.
- Grant permission to JUKANTI to publish the work under the CC BY 4.0 license.
- Retain the original copyright of their work, with the publication license granted to JUKANTI.
Compliance with DOAJ
JUKANTI is committed to complying with the guidelines and standards set by the Directory of Open Access Journals (DOAJ). We strive to ensure integrity, transparency, and high quality in all our publications.
For further questions or clarifications regarding this license, please contact Jukanti Editor at jukanti.ejournalcbn@gmail.com.
References
Adisty, Naomi. (2022, November 5). Mengulik Perkembangan Penggunaan Smartphone Di Indonesia. Goodstats.Id. Https://Goodstats.Id/Article/Mengulik-Perkembangan-Penggunaan-Smartphone-Di-Indonesia-St2la
Asmara, Ujang. (2023). Inovasi Mobile Jkn Memberikan Kemudahan Pelayanan Kesehatan (Kontruksi Makna Aplikasi Mobile Jkn Dalam Memberikan Kemudahan Pelayanan Kesehatan Bagi Pengguna Bpjs. Hupo Linea, 4(2), 63–69. Https://Ejournal.Anotero.Org/Index.Php/Hupo
Bahri, S., Amri, & Siregar, A. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Aplikasi Mobile Jkn Bpjs Kesehatan Menggunakan Metode Service Quality (Servqual). Industrial Engineering Journal, 11(1). Https://Doi.Org/10.53912/Iej.V10i2.721
Fatikasari, J. (2021). Strategi Komunikasi Humas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Kota Tangerang Selatan Dalam Mensosialisasikan Aplikasi Mobile Jkn. Https://Www.Republika.Co.Id/
Herlinawati, Banowati, L., & Revilia, D. (2021). Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pendaftaran Online Pada Aplikasi Mobile Jkn. Https://Jurnal.Payungnegeri.Ac.Id/Index.Php/Healthcare/Article/View/114/54
Krisdayanti, Wike. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Mobile Jkn Untuk Meningkatkan Efektivitas Pelayanan Bpjs Kesehatan Di Kota Medan.
Kur’aini, N., Anggraini, A. N., Nurcahyaningsih, I., Setyoningsih, P. H., & Widyastuti, F. (2023). Juni Socialization Of The Utilization Of Jkn Bpjs Health Mobile Services In Health Services As An. 2(1).
Presiden Ri. (2004). Perpres No 40 Tahun 2004.
Presiden Ri. (2013). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2013.
Rahmaputri Ardianingrum, A. Wafi, Devi Apriliani, E., & Kurniawati, D. (2023). Analisis Penggunaan Pendaftaran Online (Sist-Bro) Di Puskesmas Demangan Kota Madiun Berdasarkan Technology Acceptance Model (Tam). Attractive : Innovative Education Journal, 5(3). Https://Www.Attractivejournal.Com/Index.Php/Aj/
Rinjani. (2022). Analisis Penerapan Aplikasi Mobile Jkn Terhadap Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Cabang Subulussalam. Publika : Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 8(2), 209–223. Https://Doi.Org/10.25299/Jiap.2022.Vol8(2).10491
Saryoko, A., Hadi Sukmana, S., & Sitasi, C. (2019). Pengukuran Layanan Pada Aplikasi Mobile Jkn Menggunakan Metode Servqual. Pengukuran Layanan Pada Aplikasi Mobile Jkn Menggunakan Metode Servqual. Paradigma-Jurnal Komputer Dan Informatika, 21(2), 157–166. Https://Doi.Org/10.31294/P.V20i2
Selfiana Bancin, Y., Nabela, D., Faidul Jihad, F., & Teuku Umar. (2023). Hubungan Kualitas Informasi Mobile Jkn Dengan Kepuasan Pengguna Pada Tenaga Kerja Puskesmas Meureubo Aceh Barat. 7(1).
Sundoro, T., Sularsih Endartiwi, S., & Mustofa, A. (2023). Nomer 1 (Vol. 2). Http://Jurnal.Amayogyakarta.Ac.Id/Index.Php/Hikmayo
Suryadana, Bambang. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitaif. Deepublish. Www.Shutterstock.Com
Syahrum. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif Ii (R. Ananda, Ed.). Citapustaka Media.
Utami, P., Asnawi, M., & Firah, A. (2023). Analisis Pemanfaatan Aplikasi Mobile Jkn Untuk Meningkatkan Pelayanan Bpjs Kesehatan Di Klinik Prataa Bertha Kota Medan. Jurnal Bisnis Corporate, 8(2), 2579–6445.
Wibawa, F. B., Indra, A., Kariena, F., & Priyanti, E. (2023). Penyelenggaraan Pelayanan Publik Berbasis E-Government Pada Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (Bpjs) Kabupaten Karawang. Journal Of Governance Innovation, 5(1), 80–93. Https://Doi.Org/10.36636/Jogiv.V5i1.2345
Wulandari, L., Rahyono, Pratiwi, A., & Lukman, I. (2022). Efektifitas Layanan Digital Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn) Terhadap Jumlah Antrian Peserta Bpjs Kesehatan Kantor Cabang Bandar Lampung Di Masa Pendemi Covid-19. Jurnal Jejama Manajemen Malahayati, 2. Https://Ejurnalmalahayati.Ac.Id/Index.Php/Jjmm/Article/View/7550/5185
Zinda, A., Arifianto, D., & Maryam, A. (2023). Analisis Kepuasan Peserta Terhadap Aplikasi Mobile Jkn Menggunakan Impotance Performance Analysis Analysis Of Participant Satisfaction With Jkn Mobile Application Using Importance Performance Analysis. In Jurnal Smart Teknologi (Vol. 4, Issue 2). Http://Jurnal.Unmuhjember.Ac.Id/Index.Php/Jst