PELATIHAN PEMBUATAN E-LKPD BERBASIS GOOGLE FROM MODEL PROJECT BASED LEARNING BAGI MAHASISWA PGSD
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Abstrak
Pelatihan Pembuatan E-Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) dengan Model Project Based Learning (PBL) berbasis Google Form bagi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) merupakan upaya untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam menciptakan materi pembelajaran interaktif. Penelitian ini fokus pada penggunaan Google Form dan pendekatan PBL untuk menciptakan E-LKPD yang relevan dengan kurikulum. Metode pelatihan mencakup pemaparan konsep, demonstrasi penggunaan Google Form, dan proyek kolaboratif dalam menerapkan PBL. Evaluasi dilakukan terhadap kualitas E-LKPD yang dihasilkan dan kemampuan mahasiswa dalam menerapkan PBL. Hasilnya menunjukkan peningkatan kualitas E-LKPD dan pemahaman yang lebih baik mengenai PBL.
Kata Kunci : (E-LKPD), Google Form, Project Based Learning (PBL)
Abtsract
Training on Creating Student E-Worksheets (E-LKPD) using the Google Form-based Project Based Learning (PBL) Model for Elementary School Teacher Education (PGSD) Students is an effort to improve students' skills in creating interactive learning materials. This research focuses on the use of Google Forms and the PBL approach to create E-LKPD that is relevant to the curriculum. Training methods include concept exposure, demonstration of the use of Google Forms, and collaborative projects in implementing PBL. Evaluation is carried out on the quality of the E-LKPD produced and students' ability to apply PBL. The results show an increase in the quality of E-LKPD and a better understanding of PBL.
Keywords: (E-LKPD), Google Form, Project Based Learning (PBL).
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Kusuma, A. I., Sari, W. P., & Hikmawati, A. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Melalui Pelatihan Teacherpreneur Berbasis Digital Profile Builder. Jmm (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2476-2487.
- MUHAMMAD IKHLAS, J. A. Y. A. (2023). PENGARUH E-LKPD DALAM LIVEWORKSHEETS BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS VIII PADA MATERI SISTEM EKSKRESI.
- Dwiyanti, N. K. E. M., Rati, N. W., & Lestari, L. P. S. (2023). Dampak Model Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheet Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2).
- Dwiyanti, N. K. E. M., Rati, N. W., & Lestari, L. P. S. (2023). Dampak Model Problem Based Learning Berbantuan Liveworksheet Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2).
- Syazali, M., Erfan, M., Amrullah, L. W. Z., & Hasanuddin, H. (2023). STRATEGIC ANALYSIS OF TOOLS/MEDIA COMBINATION FOR DISTANCE LEARNING IN SCIENCE COURSES. COMPUTATIONAL INTELLIGENCE.
- Yustina, Y., Mahadi, I., Daryanes, F., Alimin, E., & Nengsih, B. (2022). The Effect of Problem-based Learning through Blended Learning on Digital Literacy of Eleventh-Grade Students in SMA Negeri Plus Riau on Excretory System Material. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(4).
- UMMU, K. (2023). PENGEMBANGAN e-LKPD PEMBELAJARAN IPA TIPE CONNECTED BERBASIS MULTI REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS LAMPUNG).
- Aryanitha, N. P. A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Interaktif Berbasis Mind Mapping Pada Muatan IPA Materi Otot Manusia Siswa Kelas V SD Negeri 4 Penatih (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
- DEVITHA OCTAVIANA, W. I. R. A. W. A. N. (2023). PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS HOTS MATERI PECAHAN BERBANTU LIVEWORKSHEETS BERORIENTASI PADA PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS V (Doctoral dissertation, Universitas Mataram).
- Indah, M. (2023). Pengembangan LKPD Interaktif dengan Liveworksheet Berbasis Model Discovery Learning pada Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains (Doctoral dissertation, Universitas Lampung).