IMPLEMENTASI GOOGLE MY BUSINESS (GMB) DALAM PROMOSI PARIWISATA DI KOTA KUPANG DAN SEKITARNYA
Main Article Content
Abstract
Sektor pariwisata di Indonesia menjadi salah satu keunggulan ekonomi Indonesia. Berdasarkan Laporan Kinerja Kementerian Pariwisata Tahun 2016, salah satu masalah utama dalam pertumbuhan kepariwisataan di Indonesia adalah belum optimalnya pemanfaatan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam mempromosikan destinasi pariwisata secara nasional maupun internasional. Kota Kupang adalah Ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur, yang memiliki beragam potensi wisata baik itu wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya dan wisata rohani. Dengan pemanfaatan TIK maka kegiatan promosi pariwisata di Kota Kupang dapat dilakukan dengan efektif dan efisien. Informasi pariwisata di Kota Kupang menggunakan website resmi pemerintah daerah, dinilai tidak terstuktur, tidak terperinci dan tidak terbaharui. Pemanfaatan TIK dalam pengembangan promosi pariwisata di Kota Kupang dan sekitarnya dapat menggunakan Google My Business (GMB). GMB merupakan sebuah platform bisnis yang disediakan oleh Perusahaan Google secara online, bersifat gratis, cepat, dan mudah digunakan oleh suatu organisasi atau perusahaan dalam mempromosikan tempat bisnis, brand atau produk. GMB terintegrasi secara langsung dengan Google Map, sehingga mempermudah wisatawan untuk menemukan suatu objek wisata. Selain itu GMB menyediakan interaksi antara pengelola bisnis (pengelola objek wisata) dan pelanggan (pengunjung wisata). Sehingga dari penelitian ini selain untuk mengetahui implementasi GMB dalam hal mempromosikan tempat wisata di Kota Kupang dan sekitarnya, juga dalam jangka panjang dapat meningkatkan promosi dan pelayanan wisata di Kota Kupang dan sekitarnya.
Downloads
Article Details
JUKANTI Journal License
JUKANTI is committed to promoting open access and the free distribution of knowledge. We implement the following license model to ensure fair and ethical use of the materials published.
Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0)
All articles published by JUKANTI are licensed under the Creative Commons Attribution 4.0 International License. This license allows users to:
- Copy and Distribute: Users are free to copy, distribute, and display the original work, provided they give appropriate credit to the authors and the source.
- Adapt: Users can modify, change, and build upon the original work, provided they give appropriate credit and indicate if changes were made.
- Commercial Use: Users can use the work for commercial purposes, provided they give appropriate credit.
Author Obligations
Authors publishing their articles with JUKANTI agree to:
- Guarantee that the work is original and free from copyright infringement.
- Grant permission to JUKANTI to publish the work under the CC BY 4.0 license.
- Retain the original copyright of their work, with the publication license granted to JUKANTI.
Compliance with DOAJ
JUKANTI is committed to complying with the guidelines and standards set by the Directory of Open Access Journals (DOAJ). We strive to ensure integrity, transparency, and high quality in all our publications.
For further questions or clarifications regarding this license, please contact Jukanti Editor at jukanti.ejournalcbn@gmail.com.