PEMBANDINGAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM DENGAN METODE SAW (SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING) DALAM IMPLEMENTASI PEMBUATAN WEBSITE SEKOLAH

Main Article Content

Gerlan Apriandy Manu
Melli Candra Kande

Abstract

Salah satu tuntutan era globalisasi dalam dunia pendidikan adalah adanya sebuah pengelolaan sekolah yang terintegrasi dengan sebuah sistem informasi dan teknologi berbasis Komputer. Oleh karena itu, Website merupakan salah satu media penyimpanan informasi dan publikasi yang mudah diakses dari mana saja, kapan saja tanpa terbatas oleh wilayah geografis yang dapat diamanfaatkan oleh sekolah. Content Management System (CMS) adalah perangkat lunak yang memungkinkan seseorang untuk menambahkan atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs, Wordpress dan Drupal adalah salah satu CMS yang sering digunakan untuk membuat situs sekolah. Subyek dalam penelitian ini adalah para pengembang situs sekolah menggunakan CMS. Penelitian ini menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk membandingkan penggunaan CMS Wordpress dan Drupal dalam membuat situs sekolah. Hasil dari penelitian ini diperoleh pembandingan CMS Drupal dan WordPress dengan nilai terbesar 0,65 untuk Drupal dan 0,52 untuk Wordpress. Sehingga dapat disimpulkan bahwa CMS Drupal lebih efisien dan efektif untuk digunakan sebagai alternatif dalam perancangan Situs Sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
G. A. Manu and M. C. Kande, “PEMBANDINGAN CONTENT MANAGEMENT SYSTEM DENGAN METODE SAW (SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING) DALAM IMPLEMENTASI PEMBUATAN WEBSITE SEKOLAH”, JUKANTI, vol. 2, no. 2, pp. 23–31, Nov. 2019.
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>