PENGGUNAAN PLATFORM CANVA SEBAGAI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI HADIS TENTANG SABAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini ialah dapat mendeskripsikan penggunaan platform Canva sebagai penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada materi hadis tentang sabar kelas XII-6 di SMA Batik 1 Surakarta serta dapat mendeskripsikan kendala yang dihadapi peserta didik dalam penggunaan platform Canva pada penerapan model pembelajaran berbasis proyek materi hadis tentang sabar kelas XII-6 di SMA Batik 1 Surakarta. Penggunaan metode pada penelitian ini melalui pendekatan penelitian kualitatif dengan data ditampilkan secara deskriptif. Penelitian dilakukan pada tanggal 1 Agutus 2023 di SMA Batik 1 Surakarta pada kelas XII-6. Hasil dari penelitian ini adalah dalam penggunaan platform Canva sebagai penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada materi hadis tentang sabar kelas XII-6 di SMA Batik 1 Surakarta menghasilkan pembelajaran yang dapat membuat antusias belajar siswa, menumbuhkan kreatif siswa dalam mendesain infografis dan menciptakan kerja sama dalam sebuah kelompok yang solid dan baik, dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa dari hasil kegiatan mempresentasikan hasil karya kepada para temannya, dan siswa menjadi aktif berdiskusi dan bertanya. Hal tersebut dapat menunjukkan bahwa dalam menyampaikan materi pelajaran Agama Islam seperti pada pokok pembahasan hadis dapat diterapkan dengan model pembelajaran berbasis proyek dengan menggunakan platform Canva.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Lisensi Jurnal JUKANTI
JUKANTI berkomitmen untuk mempromosikan akses terbuka dan distribusi bebas pengetahuan. Kami menerapkan model lisensi berikut untuk memastikan penggunaan yang adil dan etis dari materi yang diterbitkan.
Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)
Semua artikel yang diterbitkan oleh JUKANTI dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan pengguna untuk:
- Menyalin dan Mendistribusikan: Pengguna bebas menyalin, mendistribusikan, dan menampilkan karya asli, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat kepada penulis dan sumber.
- Mengadaptasi: Pengguna dapat mengubah, mengubah, dan membangun karya asli, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat dan menunjukkan jika perubahan telah dilakukan.
- Penggunaan Komersial: Pengguna dapat menggunakan karya untuk tujuan komersial, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat.
Kewajiban Penulis
Penulis yang menerbitkan artikelnya dengan JUKANTI setuju untuk:
- Menjamin bahwa karya adalah asli dan bebas dari pelanggaran hak cipta.
- Memberikan izin kepada JUKANTI untuk menerbitkan karya di bawah lisensi CC BY 4.0.
- Menyimpan hak cipta asli atas karya mereka, dengan lisensi publikasi yang diberikan kepada JUKANTI.
Kepatuhan dengan DOAJ
JUKANTI berkomitmen untuk mematuhi pedoman dan standar yang ditetapkan oleh Directory of Open Access Journals (DOAJ). Kami berusaha untuk memastikan integritas, transparansi, dan kualitas tinggi dalam semua publikasi kami.
Untuk pertanyaan atau klarifikasi lebih lanjut mengenai lisensi ini, silakan hubungi Editor Jukanti di jukanti.ejournalcbn@gmail.com.
Referensi
S. Lestari, “PERAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN DI ERA GLOBALISASI,” EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 2, no. 2, pp. 94–100, 2018, doi: https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459.
D. Fitriah, D. Meggie, and U. Mirianda, “KESIAPAN GURU DALAM MENGHADAPI TANTANGAN PENDIDIKAN BERBASIS TEKNOLOGI,” in PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG, PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG, 2019, pp. 148–153.
A. Prajana and Y. Astuti, “EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN PERSEPSI DOSEN TERHADAP LAYANAN APLIKASI E-LKD UIN AR-RANIRY DENGAN MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTENCE MODEL (TAM),” Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 1, no. 3, 2019, [Online]. Available: https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
J. D. Putriani and H. Hudaidah, “Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0,” EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, vol. 3, no. 3, pp. 830–838, May 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i3.407.
G. Alfinandika Rizanta and M. Arsanti, “Prosiding Senada (Seminar Nasional Daring) Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Masa Kini,” 2022.
R. E. Tanjung and D. Faiza, “CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA,” Jurnal Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), vol. 7, no. 2, pp. 79–85, 2019, doi: https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261.
N. Wayan Rati, N. Kusmaryatni, N. Rediani, and J. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, “MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK, KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sains Indonesia, vol. 6, no. 1, pp. 60–71, 2017.
Hosnan M, Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.
P. P. Dewi, Junaidi, W. Aprison, and Charles, “Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI di SMA Negeri 1 Tigo Nagari,” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), vol. 4, no. 4, pp. 5834–5841, 2022, doi: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6403.
S. F. Hanun, Y. Rahman, and H. Husnita, “Penerapan Metode Project Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa,” Educativo: Jurnal Pendidikan, vol. 2, no. 1, pp. 97–106, Jan. 2023, doi: 10.56248/educativo.v2i1.112.
Suwendra Wayan, Metodologi Peneliti Kualitatif. Denpasar: Nilacakra Publishing House, 2018.
A. Alfansyur, “SENI MENGELOLA DATA: PENERAPAN TRIANGULASI TEKNIK INFO ARTIKEL ABSTRAK,” Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, vol. 5, no. 2, pp. 146–150, 2020, doi: 10.31764/historis.vXiY.3432.
E. Murniarti, “PENERAPAN METODE PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN,” 2016.
N. U. Dinda and E. Sukma, “Analisis Langkah-Langkah Model Project Based Learning (PjBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli (Studi Literatur),” Journal of Basic Education Studies, vol. 4, no. 2, pp. 44–62, 2021.