PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTSTEPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK Materi Alat Musik Tradisional Siswa Kelas IV SD
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pada perkembangan zaman saat ini alat musik tradisional perlu untuk dilestarikan dikarenakan anak muda saat ini kurang peduli dengan adanya kebudayaan asli Indonesia. Pelestarian kebudayaan Indonesia terutama alat musik daerah ini dapat dilakukan pada saat pembelajaran di sekolah dasar. Sejalan dengan hal tersebut perlunya guru dalam mengikuti perkembangan zaman dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi artsteps dan menguji kelayakan serta keefektifitasannya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall menggunakan 8 tahap meliputi: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba awal (skala kecil); (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian (skala besar). Hasil pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi artsteps mendapatkan nilai validasi ahli media sebesar 91% dan validasi ahli materi sebesar 95,8% dan mendapatkan hasil keefektifan dengan presentase N-Gain sebesar 70,2 % menunjukkan produk media pembelajaran berbasis aplikasi artsteps layak dan efektif digunakan.
Kata Kunci :Alat Musik Tradisional, Artsteps, Media Pembelajaran
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Lisensi Jurnal JUKANTI
JUKANTI berkomitmen untuk mempromosikan akses terbuka dan distribusi bebas pengetahuan. Kami menerapkan model lisensi berikut untuk memastikan penggunaan yang adil dan etis dari materi yang diterbitkan.
Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)
Semua artikel yang diterbitkan oleh JUKANTI dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan pengguna untuk:
- Menyalin dan Mendistribusikan: Pengguna bebas menyalin, mendistribusikan, dan menampilkan karya asli, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat kepada penulis dan sumber.
- Mengadaptasi: Pengguna dapat mengubah, mengubah, dan membangun karya asli, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat dan menunjukkan jika perubahan telah dilakukan.
- Penggunaan Komersial: Pengguna dapat menggunakan karya untuk tujuan komersial, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat.
Kewajiban Penulis
Penulis yang menerbitkan artikelnya dengan JUKANTI setuju untuk:
- Menjamin bahwa karya adalah asli dan bebas dari pelanggaran hak cipta.
- Memberikan izin kepada JUKANTI untuk menerbitkan karya di bawah lisensi CC BY 4.0.
- Menyimpan hak cipta asli atas karya mereka, dengan lisensi publikasi yang diberikan kepada JUKANTI.
Kepatuhan dengan DOAJ
JUKANTI berkomitmen untuk mematuhi pedoman dan standar yang ditetapkan oleh Directory of Open Access Journals (DOAJ). Kami berusaha untuk memastikan integritas, transparansi, dan kualitas tinggi dalam semua publikasi kami.
Untuk pertanyaan atau klarifikasi lebih lanjut mengenai lisensi ini, silakan hubungi Editor Jukanti di jukanti.ejournalcbn@gmail.com.
Referensi
Alfarizi, M., & Yugopuspito, P. (2020). Pengembangan Museum Virtual Reality Berbasis Inkuiri Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, 21(2), 94–103. https://doi.org/10.33830/jp.v21i2.974.2020
Ali, M, & Asrori, M. (2014). Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Bumi Aksara.
Hidayati, K. H., & Nafiiyah, N. N. (2017). Aplikasi Alat Musik Tradisional Gamelan Jawa Berbasis Android. Jurnal Teknika, 9(1), 10. https://doi.org/10.30736/teknika.v9i1.3
Kamelta, E. (2013). Pemanfaatan Internet Oleh Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Jurnal CIVED, 4.
Kurniawati, S. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pameran Online Berbasis Artsteps Untuk Pembelajaran IPA pada Materi Cahaya Kelas VIII.
Purwanto, N. (2013). Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya.
Saputra, F. E., Sasmito, A. P., & Wahid, A. (2021). Jawa Timur Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. 5(2).
Siti Anisah, A., Sapriya, Hakam, K. A., & Syaodih, E. (2021). Perkembangan Sosial, Emosi, Moral Anak dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Sikap Sosial SIswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 69–80. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i1.262
Sugiarto, E. (2013). Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Apresiasi Seni Berbasis Multikultural. Sabda : Jurnal Kajian Kebudayaan, 8(1), 52. https://doi.org/10.14710/sabda.v8i1.13241
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Sundari, R., & Rahmalia, D. R. (2022). Artsteps.com:Inovasi Pameran Virtual Karya Seni Rupa. Al-Irsyad, 4(5), 79. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Sutardi, T. (2007). Antropologi: Mengungkap Kebudayaan Daerah. PT. Setia purna inves.
Tjahyanti, L. P. A. S., & Setiawan, G. D. (2019). Kata kunci: media pembelajaran, anak tunarungu, web. Jurnal Pendidikan, 06(3), 44–57.