PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTSTEPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK Materi Alat Musik Tradisional Siswa Kelas IV SD

Isi Artikel Utama

Ringgar Wahyu Tri Mukti
Moh. Fathurrahman Fathurrahman

Abstrak

Pada perkembangan zaman saat ini alat musik tradisional perlu untuk dilestarikan dikarenakan anak muda saat ini kurang peduli dengan adanya kebudayaan asli Indonesia. Pelestarian kebudayaan Indonesia terutama alat musik daerah ini dapat dilakukan pada saat pembelajaran di sekolah dasar. Sejalan dengan hal tersebut perlunya guru dalam mengikuti perkembangan zaman dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi artsteps dan menguji kelayakan serta keefektifitasannya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall menggunakan 8 tahap meliputi: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba awal (skala kecil); (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian (skala besar). Hasil pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi artsteps mendapatkan nilai validasi ahli media sebesar 91% dan validasi ahli materi sebesar 95,8% dan mendapatkan hasil keefektifan dengan presentase N-Gain sebesar 70,2 % menunjukkan produk media pembelajaran berbasis aplikasi artsteps layak dan efektif digunakan.


Kata Kunci :Alat Musik Tradisional, Artsteps, Media Pembelajaran

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
R. W. T. Mukti dan M. F. Fathurrahman, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ARTSTEPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI MUSIK: Materi Alat Musik Tradisional Siswa Kelas IV SD”, JUKANTI, vol. 6, no. 2, hlm. 329–341, Nov 2023.
Bagian
Articles

Referensi

Alfarizi, M., & Yugopuspito, P. (2020). Pengembangan Museum Virtual Reality Berbasis Inkuiri Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, 21(2), 94–103. https://doi.org/10.33830/jp.v21i2.974.2020

Ali, M, & Asrori, M. (2014). Metodologi dan Aplikasi Riset Pendidikan. Bumi Aksara.

Hidayati, K. H., & Nafiiyah, N. N. (2017). Aplikasi Alat Musik Tradisional Gamelan Jawa Berbasis Android. Jurnal Teknika, 9(1), 10. https://doi.org/10.30736/teknika.v9i1.3

Kamelta, E. (2013). Pemanfaatan Internet Oleh Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Jurnal CIVED, 4.

Kurniawati, S. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Pameran Online Berbasis Artsteps Untuk Pembelajaran IPA pada Materi Cahaya Kelas VIII.

Purwanto, N. (2013). Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya.

Saputra, F. E., Sasmito, A. P., & Wahid, A. (2021). Jawa Timur Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. 5(2).

Siti Anisah, A., Sapriya, Hakam, K. A., & Syaodih, E. (2021). Perkembangan Sosial, Emosi, Moral Anak dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Sikap Sosial SIswa Sekolah Dasar. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(1), 69–80. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i1.262

Sugiarto, E. (2013). Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Apresiasi Seni Berbasis Multikultural. Sabda : Jurnal Kajian Kebudayaan, 8(1), 52. https://doi.org/10.14710/sabda.v8i1.13241

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Sundari, R., & Rahmalia, D. R. (2022). Artsteps.com:Inovasi Pameran Virtual Karya Seni Rupa. Al-Irsyad, 4(5), 79. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Sutardi, T. (2007). Antropologi: Mengungkap Kebudayaan Daerah. PT. Setia purna inves.

Tjahyanti, L. P. A. S., & Setiawan, G. D. (2019). Kata kunci: media pembelajaran, anak tunarungu, web. Jurnal Pendidikan, 06(3), 44–57.