PENERAPAN ALGORITMA A STAR (A*) PADA GAME LABIRIN

Isi Artikel Utama

Diana Yani Fallo
Vera Rosalina Bulu

Abstrak

Masa pandemi sekarang telah banyak mengubah pilihan media pembelajaran di dunia pendidikan. Salah satu media pembelajaran yang dapat menarik minat banyak orang adalah game. Game adalah sebuah permainan dengan tujuan bersenang-senang dan mengisi waktu luang. Salah satu permainan klasik yang hingga saat ini masih sangat digemari adalah labirin yang dimana memerlukan AI (Artificial Intelligence).  AI yang digunakan dalam pembangunan game petualangan labirin ini adalah algoritma A* (A Star). Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan cara menyebar angket maka ditemukan bahwa sebesar 73,4 % adanya minat dan ketertarikan siswa pada game labirin. Siswa lebih antusias dalam belajar sambil bermain sehingga tujuan dari pembelajaran lebih mudah tercapai dari pada pembelajaran secara konvesional.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
[1]
D. Y. Fallo dan V. R. Bulu, “PENERAPAN ALGORITMA A STAR (A*) PADA GAME LABIRIN”, JUKANTI, vol. 5, no. 1, hlm. 118–124, Apr 2022.
Bagian
Articles