A PENGEMBANGAN MEDIA AJAR BERBASIS GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR SISWA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kurangnya kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi dan rendahnya hasil belajar pada pembelajaran IPA. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kelayakan serta efektifitas Media Ajar Google Sites materi siklus air. Metode penelitian yang diterapkan adalah model pengembangan Define, Design, Development and Dissemination (4D) dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil validasi pada aspek media 92% dan 91%, materi 94% dan 84% yang menyatakan media sangat layak digunakan pada pembelajaran. IPA materi siklus air. Hasil yang diperoleh SD Negeri Ngemplak Simongan 02 Semarang sebelum dan sesudah menggunakan media terdapat perbedaan rerata nilai pretest dan posttest hasil belajar siswa meningkat menjadi 86.67 dari nilai sebelum nya 66.30 peningkatan tersebut sejumlah 20,3. SD Negeri Bojong Salaman 01 sebelum dan sesudah menggunakan media meningkat menjadi 83.52 dari nilai sebelum nya 57.04 peningkatan tersebut sejumlah 26,4. SD Negeri Ngemplak Simongan 02 memperoleh nilai rata-rata N-Gain score untuk kelas eksperimen adalah sebesar 69,8% termasuk dalam kategori cukup efektif. Sementara untuk kelas kontrol adalah sebesar 45,2 % termasuk dalam kategori kurang efektif. Sedangkan SD Negeri Bojong Salaman 01 Uji N-Gain score menunjukkan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen adalah sebesar 63,8% termasuk dalam kategori cukup efektif. Sementara untuk kelas kontrol adalah sebesar 55,9 % termasuk dalam kategori kurang efektif. Sedangkan kolaborasi siswa meningkat secara signifikan hingga 98%. Implikasi pengembangan media berbasis google sites berdampak langsung dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan memotivasi guru untuk mengembangkan media digital yang inovatif.
ABSTRACT
Lack of teacher ability in developing technology-based learning media and low learning outcomes in science learning. The research aims to determine the feasibility and effectiveness of Google Sites Teaching Media on the water cycle. The research method applied is the Define, Design, Development and Dissemination (4D) development model with data collection techniques through observation, interviews, questionnaires, tests and documentation. The validation results on the media aspect were 92% and 91%, and on the material, 94% and 84% stated that the media was very suitable for learning. Science material on the water cycle. The results obtained by SD Negeri Ngemplak Simongan 02 Semarang before and after using Google Sites-based teaching media showed that there was a difference in the average pretest and posttest scores, and student learning outcomes increased to 86.67 from the previous score of 66.30, the increase was 20.3. SD Negeri Bojong Salaman 01 before and after using Google-based teaching media increased to 83.52 from the previous score of 57.04. The increase was 26.4. Ngemplak Simongan 02 Elementary School obtained an average N-Gain score for the experimental class of 69.8%, which is in the quite effective category. Meanwhile, for the control class, 45.2% was included in the less effective category.
Meanwhile, the SD Negeri Bojong Salaman 01 N-Gain score test shows the average score for the experimental class is 63.8%, which is in the quite effective category. Meanwhile, 55.9% was included in the less effective category for the control class. Meanwhile, student collaboration increased significantly to 98%.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Lisensi Jurnal JUKANTI
JUKANTI berkomitmen untuk mempromosikan akses terbuka dan distribusi bebas pengetahuan. Kami menerapkan model lisensi berikut untuk memastikan penggunaan yang adil dan etis dari materi yang diterbitkan.
Lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0)
Semua artikel yang diterbitkan oleh JUKANTI dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License. Lisensi ini memungkinkan pengguna untuk:
- Menyalin dan Mendistribusikan: Pengguna bebas menyalin, mendistribusikan, dan menampilkan karya asli, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat kepada penulis dan sumber.
- Mengadaptasi: Pengguna dapat mengubah, mengubah, dan membangun karya asli, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat dan menunjukkan jika perubahan telah dilakukan.
- Penggunaan Komersial: Pengguna dapat menggunakan karya untuk tujuan komersial, asalkan mereka memberikan pengakuan yang tepat.
Kewajiban Penulis
Penulis yang menerbitkan artikelnya dengan JUKANTI setuju untuk:
- Menjamin bahwa karya adalah asli dan bebas dari pelanggaran hak cipta.
- Memberikan izin kepada JUKANTI untuk menerbitkan karya di bawah lisensi CC BY 4.0.
- Menyimpan hak cipta asli atas karya mereka, dengan lisensi publikasi yang diberikan kepada JUKANTI.
Kepatuhan dengan DOAJ
JUKANTI berkomitmen untuk mematuhi pedoman dan standar yang ditetapkan oleh Directory of Open Access Journals (DOAJ). Kami berusaha untuk memastikan integritas, transparansi, dan kualitas tinggi dalam semua publikasi kami.
Untuk pertanyaan atau klarifikasi lebih lanjut mengenai lisensi ini, silakan hubungi Editor Jukanti di jukanti.ejournalcbn@gmail.com.
Referensi
Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67–75. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i02.995
Nafisah, S., & Rasyid, H. (2023). Analisis Peralihan Kurikulum K 13 Ke Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran Ips Di Mts. Nur Ilahi. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(1). https://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/jipsos/article/view/2744
Kemdikbud RI. (2022). Peraturan menteri pendidikan kebudayaan riset dan teknologi tentang standar proses pada pendidikan usia dini, jenjang pendidikan dasar dan jenjang pendidikan menengah. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 16Tahun 2022 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah, 1(69), 5–24.
Darmawan, H. (2014). Peningkatan Kreatifitas Mahasiswa Dalam Merancang Media Pembelajaran Multimedia Ipa Berbasis Animasi Melalui Model. Jurnal Edukasi, 12(2). https://doi.org/10.31571/edukasi.v12i2.155
Septiany, L. D., Puspitawati, R. P.,Susantini, E., Budiyanto, M., Purnomo, T., & Hariyono, E. (2024). Analysis of High School Students’ Critical Thinking Skills Profile According to Ennis Indicators. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 5(1), 157–167. https://doi.org/10.46245/ijorer.v5i1.544
Darmawan, H. (2014). Peningkatan Kreatifitas Mahasiswa Dalam Merancang Media Pembelajaran Multimedia Ipa Berbasis Animasi Melalui Model. Jurnal Edukasi, 12(2). https://doi.org/10.31571/edukasi.v12i2.155
Nurwidiyanti, A., & Sari, P. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Berbasis Literasi Sains pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6949–6959. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3421
Kartika, Y., & Zakir, S. (2022). Media Pembelajaran Mobile Menggunakan Linktree Pada Mata Pelajaran Komputer & Jaringan Dasar Di Smkn 1 Lebong Tengah. Jurnal Teknik Informatika, 12(2). https://ejurnal.ulbi.ac.id/index.php/informatika/article/view/2139
Devra Raihan, P., Wardani, S., & Isdaryanti, B. (2023). Development of Teaching Materials Based on Multiple Intelligences with Project Based Learning to Increase Creativity and Science Learning Outcomes for Grade VI Elementary School Students in Semarang City. International Journal of Research and Review, 10(6), 318–328. https://doi.org/10.52403/ijrr.20230639
Manalu, J. B., Sitohang, P., & Turnip, N. H. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. PROSIDING PENDIDIKAN DASAR, 1.
Ratih, E. K., & Yanuartuti, S. (2021). Meningkatkan Daya Kreatif Siswa Menggunakan Teknologi Digital Sebagai Media Pembelajaran Daring. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 942–955. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v6i1.1634
Simanjuntak, M. P. (2021). Lkpd Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 9(4), 83–88.
Mulyani, T. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk menghadapi Revolusi. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 7(1), 455.
Simanjuntak, M. P. (2021). Lkpd Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 9(4), 83–88.
Alika, O., & Radia, E. H. (2021). Development of Learning Media Based on Cross Puzzle Game in Science Learning to Improve Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(2), 173–177. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i2.667
Pujiastuti, H., Haryadi, R., & Arifin, A. M. (2020). The development of Augmented Reality-based learning media to improve students’ ability to understand mathematics concept. Unnes Journal of Mathematics Education, 9(2), 92–101.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Rusli, M., I. N. (2017). Computer-Based Learning And Learning Style Department of Information System Department of Computer System. Turkish Online Journal of Distance Education-TOJDE, 18(4), 177–190.